WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Psikolog VS Psikiater

Sumber Gambar: Freepik

 

Hallo Sunners! Meskipun Psikolog dan Psikiater sama-sama membahas soal kejiwaan, tetapi keduanya memiliki perbedaan loh Sunners. Sudah tahu belum?

 

Psikiater adalah salah satu cabang ilmu kedokteran yang berfokus kepada masalah kejiwaan seseorang, Nah sedangkan Psikolog itu adalah ilmu non-kedokteran yang memperdalam perilaku dan perasaan seseorang. Walaupun begitu, keduanya tetap saling melengkapi ya Sunners!

 

Apa Sih Psikolog?

Untuk menjadi seorang Psikolog, kalian harus bergelut dengan Pendidikan sarjana di Fakultas Psikologi, dan setelah itu kalian harus Kembali melanjutkan ke jenjang selanjutnya yaitu program profesi yang bertujuan untuk mempelajari lebih dalam cara kerja seorang Psikolog.

Psikolog bertugas menangani kasus kejiwaan, caranya mendiagnosis psikologis pasien. Nah cara penanganannya dengan cara melakukan Psikoterapi, itu sebabnya Psikolog sering melakukan tes Psikologi. Dari hasil tes itulah Psikolog akan mendapatkan jawaban masalah dari pasiennya. 

 

Loh, Bedanya Apa Sama Psikiater?

Begini Sunners. Lain halnya dengan Psikolog, seseorang yang ingin menjadi Psikiater harus mengikuti Pendidikan kedokteran, yang berfokus pada cabang spesialisasi kejiwaan.

Psikiater adalah pekerjaan resmi kedokteran, sebabnya Psikiater bertanggung jawab penuh atas semua perawatan pasiennya. Lain hal dengan Psikolog yang sering memberikan tes, Psikiater diperbolehkan menentukan pengobatan apa yang cocok untuk pasiennya. Hal ini disebabkan oleh keahlian mereka yang difokuskan pada ketidak seimbangan kimia di dalam otak manusia. Oleh karena itu Psikiater bisa memberikan resep dan terapi obat-obatan, terapi stimulasi otak, pemeriksaan fisik dan laboratorium sesuai kebutuhan pasiennya.

Biasanya Psikiater menangani kasus Bipolar dan Skizofrenia.

 

Nah buat kalian yang memiliki masalah dalam hidup, baiknya kalian ke Psikolog ya. Sudah banyak klinik Psikolog yang bisa berbicara langsung dengan bertatap muka. Biaya untuk melakukan konsultasi sangat bervariasi. Hal ini disesuaikan dengan kelas dari tempat Psikolog tersebut. Bagi kalian yang ingin berkonsultasi, setidaknya siapkan biaya kisaran Rp. 150. 000,- sampai Rp. 300. 000,- ya Sunners. Tapi jika kalian tidak mau repot mendatangi Psikolog, sekarang juga sudah banyak Psikolog online loh, seperti aplikasi Halodoc yang kisaran harganya sekitar Rp. 50. 000,- saja, atau mungkin kalian bisa menghubungi Layanan Sejiwa yang dinaungi oleh Himpunan Psikologi Indonesia, di sana kalian bisa berkonsultasi dengan para Psikolog tanpa dipungut biaya.

 

Penulis : Agis Manjal (Politeknik Negeri Media Kreatif)

Leave A Comment