WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesia

Hai, Sunners! apa kamu berminat dengan dunia literasi? Kalau iya, jurusan sastra Indonesia sangat cocok untukmu!

Saat ini jurusan sastra Indonesia masih kurang familiar di telinga masyarakat Indonesia sehingga sering diremehkan. Tetapi siapa sangka jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat luas, loh! Apa saja itu? Yuk, simak artikel ini sampai habis.

 

  1. Editor bahasa

Di kampus kamu akan mempelajari tentang tatanan bahasa. Nah, ilmu itu bisa kamu terapkan untuk dunia kerja nantinya. Kamu bisa menjadi seorang editor bahasa di perusahaan penerbitan.

  1. Copywriter

Kalau kamu suka bekerja di belakang layar, copywriter wajib kamu coba. Kamu bertugas untuk menulis konten yang ditujukan sebagai promosi digital. Meski bekerja di balik layar, hasil kerja kamu akan menjadi cover perusahaan yang kamu promosikan.

  1. Content writer

Berbeda dengan copywriter. Meski tulisan akhir akan sama-sama terpampang langsung kepada pembaca, tetapi tugas content writer lebih rumit. Kamu harus melakukan riset, mengenal SEO, serta membuat dan mengelola konten yang akan terbit atau tayang.

  1. Penerjemah

Untuk profesi satu ini kamu memerlukan pemahaman bahasa lainnya yang akan diterjemahkan. Penerjemah tulisan memiliki prospek yang bagus karena banyak tulisan bahasa asing yang sangat layak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan tatanan bahasa yang tepat.

  1. Penulis naskah

Kamu memiliki imajinasi yang tinggi? Tidak ada salahnya mencoba profesi ini. penulis naskah baik film, drama, maupun naskah acara televisi memiliki peran penting dalam industri hiburan. Jadi peluangnya sangatlah besar.

 

  1. Wartawan

Wartawan dan jurnalistik tak pernah bisa dipisahkan. Di kampus kamu akan belajar tentang jurnalistik secara mendalam hingga praktek ke lapangan. Maka wartawan sudah tidak akan asing lagi bagi mahasiswa sastra Indonesia. Tidak ada salahnya untuk kamu mencoba profesi menantang satu ini.

  1. Narabahasa

Siapa bilang lulusan sastra Indonesia Cuma jadi penulis? Kamu juga bisa jadi ‘konsultan bahasa’ atau narabahasa yaitu sebagai penyedia konsultasi, edukasi, juga publikasi tentang penggunaan bahasa Indonesia yang baku dan benar

  1. Annotator

Di bangku kuliah kamu akan mempelajari ilmu linguistik. Ilmu itu sangat berguna bagi pekerjaan satu ini. annotator di sebuah perusahaan akan bertugas untuk menyiapkan data kata, kalimat serta suara dengan menggunakan disiplin ilmu linguistik.

Nah, untuk menjadi sarjana sastra indonesia yang kompeten, kamu bisa pilih salah satu dari 2 kampus di Jakarta berikut yang menyediakan jurusan Sastra Indoesia.

  1. Universitas Nasional (UNAS)

Kampus swasta yang terletak di Jakarta Selatan ini adalah salah satu pelopor program studi Sastra Indonesia di kampus swasta. Dengan memberikan fasilitas lintas jurusan dan fakultas, Universitas Nasional memberikan kebebasan bagi mahasiswa Sastra Indonesia untuk mengambil mata kuliah di luar jurusannya. Sehingga mahasiswa akan mendapat ilmu yang nantinya sangat bermanfaat di dunia kerja. Tak heran apabila Program Studi Sastra Indonesia di Universitas Nasional bisa mendapatkan akreditasi B.

  1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas yang dulunya merupakan IKIP Jakarta ini membuka jurusan Sastra Indonesia sejak tahun 2000, yaitu salah satu jurusan non-pendidikan di Fakultas Bahasa dan Seni. Kamu juga bisa memilih konsentrasi jurusan di sini, yaitu linguistik atau sastra. Di Program Studi dengan akreditasi A ini kamu juga akan diajar oleh salah satu sastrawan terkenal, yaitu Helvy Tiana Rossa.

 

Nimas Anggraini Kencanasari

Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment