Majalah Sunday

Promise Ring:
Simbol Cinta yang Lebih dari Sekadar Cincin

Penulis: Ari Setiawan – Majalah Sunday

Hey Sunners! Pernah dengar tentang promise ring? Kalau belum, yuk kenalan sama simbol cinta yang satu ini yang punya sejarah panjang dan penuh makna. Siapa tahu, info ini bisa jadi inspirasi buat kamu yang lagi mikirin cara spesial buat tunjukkin komitmen sama orang yang kamu sayang!

Bukan tunangan, apalagi menikah, tapi pasangan ini sudah mengenakan cincin, yaitu promise ring. Yuk cari tau sejarah dan fakta lainnya!
Yuk kita bahas sejarah dari cincin komitmen ini

Sejarah Singkat Promise Ring

Zaman Kuno:

Dari jaman Romawi kuno, cincin sudah jadi simbol janji. Bedanya, kalau dulu, promise ring ini lebih sering digunakan sebagai tanda pertunangan.

Era Medieval:

Masuk ke zaman pertengahan, cincin janji mulai berubah fungsi menjadi simbol cinta atau persahabatan. Bahkan, para ksatria sering memberikan cincin ini kepada kekasih hati mereka sebagai tanda setia selama perang.

Abad ke-16 di Inggris:

Nah, pemahaman tentang promise ring yang kita kenal sekarang ini mulai muncul di sini, lho. Cincin-cincin ini sering dianggap sebagai janji untuk menikah di masa depan.

Zaman Modern:

Di era kita sekarang, promise ring bisa berarti macam-macam, dari monogami, pra-pertunangan, persahabatan, hingga komitmen pribadi. Jadi, bukan cuma soal cinta romantis aja, tapi juga bisa jadi simbol dari berbagai janji serius lainnya.

Bukan tunangan, apalagi menikah, tapi pasangan ini sudah mengenakan cincin, yaitu promise ring. Yuk cari tau sejarah dan fakta lainnya!
Lantas apakah konsep cincin komitmen ini cocok dengan kalian

Pro dan Kontra Promise Ring

Pandangan Pro:
  • Simbol Komitmen: Promise ring adalah representasi fisik dari janji dan menunjukkan cinta serta devosi.
  • Fleksibel: Bisa melambangkan berbagai jenis janji, tidak hanya romantis, tapi juga persahabatan atau komitmen religius.
  • Untuk Semua Usia: Bukan cuma buat remaja, tapi siapapun yang ingin menunjukkan dedikasi pada suatu hubungan.
  • Signifikansi Sejarah: Punya sejarah yang kaya dan telah digunakan sejak jaman Romawi.
Pandangan Kontra:
  • Bisa Menambah Tekanan: Bisa jadi sumber tekanan pada hubungan, terutama jika janji yang dibuat tidak dipenuhi.
  • Potensi Kesalahpahaman: Tanpa pemahaman yang jelas, promise ring bisa menyebabkan kebingungan atau konflik.
  • Dianggap Kurang Berarti: Beberapa orang melihat promise ring sebagai sesuatu yang kurang berarti dibandingkan cincin tunangan.
  • Biaya: Meski tidak harus mahal, biaya promise ring tetap perlu dipertimbangkan.

Tips Memilih Promise Ring

Ketika memilih promise ring, pastikan cincin tersebut mencerminkan komitmen yang kalian siap untuk jaga bersama. Ini bukan cuma tentang membeli cincin yang paling mahal atau yang paling menarik, tapi lebih ke simbol dari janji yang ingin kalian bangun bersama.

  1. Pilih Desain yang Sesuai: Pilihlah desain yang menggambarkan kepribadian kalian atau memiliki makna khusus bagi hubungan kalian.
  2. Bicarakan Maknanya: Pastikan kalian berdua mengerti dan setuju dengan makna di balik cincin tersebut.
  3. Bujet: Sesuaikan dengan bujet kalian. Ingat, nilai cincin bukan dari harganya, tapi dari makna yang dibawanya.
Bukan tunangan, apalagi menikah, tapi pasangan ini sudah mengenakan cincin, yaitu promise ring. Yuk cari tau sejarah dan fakta lainnya!
Makin paham dong sejarah dan pro kontra dari cincin komitmen ini

Jadi, Sunners, sebelum memberikan atau menerima promise ring, penting untuk benar-benar mengerti dan serius dengan janji yang akan diikat. Cincin ini bisa jadi lebih dari sekedar aksesori, tapi juga pengingat dari janji yang suci antara dua hati.

Semoga artikel ini membantu kalian untuk lebih mengenal dan memahaminya. Sampai jumpa di artikel berikutnya, dan tetap semangat menjalin hubungan yang penuh cinta dan komitmen, ya, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 23
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?