Majalah Sunday

Pra Event Youth Innovation Festival: Pembangunan Kaum Muda Kunci Pengembangan Kota Depok

Penulis: Nama Penulis – Asal Institusi
Editor: Nama Editor – Asal Institusi

Rangkaian kegiatan pra-event Youth Innovation Festival oleh Y20 Indonesia kali ini diselenggarakan di Balai Kota Depok pada hari Minggu (28/05). Kegiatan yang dihadiri oleh 64 orang dari sekitar 30 komunitas yang terdaftar di kota Depok ini dibuka dengan registrasi peserta pada pukul 08:00 hingga pada pukul 09:00 WIB.

Pra Event Youth Innovation Festival di Depok ini sendiri dihadiri oleh:

1. Bapak Drs. Asep Sukmana, M.Si sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Jawa Barat

2. Bapak H. Sada, S.Pd., MM sebagai Kepala Bidang Pembinaan Kepemudaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Setelah pewara membuka kegiatan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan sambutan dari Ketua Panitia Pelaksana Youth Innovation Festival, Zensa Rahman, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Drs. Asep Sukmana, M.Si.

“Ke depan saya ingin ribuan, bisa jutaan pemuda Jawa Barat menampilkan inovasi-inovasi, menampilkan informasi-informasi positif kepada publik,” ujar Bapak Drs. Asep Sukmana, M.Si. Pidato Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Jawa Barat tersebut sekaligus secara resmi menjadi pembuka acara.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan doa serta penandatanganan secara simbolis pada banner kegiatan yang menjadi penanda komitmen bersama dalam memeriahkan Y20 di Jawa Barat. Kegiatan inti dilaksanakan pada pukul 10:30, yaitu sesi Points of you oleh Points of You Indonesia.

Peserta dibagi menjadi 8 kelompok dengan masing-masing kelompok ada yang berjumlah 4 atau 8 orang. Tempat untuk sesi kelompok ini bertempat di 4 ruangan yang berbeda dengan satu ruangan diisi dengan 2 kelompok. Dalam sesi tersebut peserta mampu memahami potensi diri dan kontribusi yang dilakukan untuk lingkungan dengan berbagai metode yang menarik.

esi tersebut diakhiri dengan menulis surat refleksi peran yang dilakukan dengan harapan tulisan-tulisan tersebut dalam membuka lembaran diri mengenai kontribusi apa yang sudah, sedang, dan akan dilakukan. keluaran dari sesi ini adalah surat-surat yang terkumpul nantinya akan menjadi antologi buku “Semua Ambil Peran” yang akan diluncurkan pada kegiatan Main Event Youth Innovation Festival pada 2 Juli 2022 mendatang.

Peserta kembali masuk ke dalam auditorium untuk bersiap sesi selanjutnya. kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan surat peserta, dan pembagian hadiah. Acara ditutup dengan foto bersama, pembuatan testimoni, dan konten kemeriahan lainnya. Diharapkan dengan turut berproses pada acara Pra Event Youth Innovation Festival ini, para peserta bisa membawa serta menyebarkan semangat #SemuaAmbilPeran kepada komunitas-komunitas sekitar mereka.

Youth Innovation Festival sendiri merupakan rangkaian kegiatan anak muda nasional untuk menunjukan karya, inovasi serta pemikiran dengan mengusung empat area prioritas dari Y20 tahun 2022, yaitu:

  1. Ketenagakerjaan Pemuda
  2. Transformasi Digital
  3. Planet yang Layak Huni dan Berkelanjutan
  4. Keberagaman dan Inklusi

Tujuan dari Youth Innovation Festival ini guna mendukung pergerakan anak muda dengan sudut pandang dan inspirasi baru yang sesuai dengan area prioritas Y20. Adapun Pra Event Youth Innovation Festival merupakan rangkaian kegiatan dari Youth Innovation festival. kegiatan Pra Event ini dilaksanakan di tiga kota, yaitu: Kota Bogor, Kota Depok, dan Kota Bekasi.

Dalam kegiatan tersebut akan dilaksanakan berbagai sesi bersama Points of You dan membangun komitmen bersama untuk berkolaborasi dalam memeriahkan Y20 di Jawa Barat.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 536
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?