Majalah Sunday

Pilih CD yang Tepat untuk Merawat Miss V

Penulis: Najmi Luthfiyah – Universitas Negeri Jakarta
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan

Sunners, merasa gak? Maraknya berbagai jenis celana dalam (CD) di Indonesia saat ini, mengharuskan kaum wanita mengetahui cara pilih CD yang tepat sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Termasuk kamu kan pasti? 

CD Seamless, yang sedang trend dan diklaim dapat mengatasi CD “nyeplak” ketika memakai celana atau rok, menjadi incaran kaum wanita yang aktif, tetapi tetap ingin rapi. Tapi, tau gak, sih? Tidak semua jenis CD yang beredar itu cocok untuk kamu atau bisa jadi berbahaya untuk kesehatan dan kebersihan area Miss V, loh! Selain memilih karena fungsi kenyamanan dan keindahan, jangan lupa perhatikan pemilihan CD untuk kesehatan miss V, ya! Nih, Mimin kasih tau cara tepat memilih CD untuk rawat miss V kamu. 

Cara Pilih CD yang Tepat

Pilih CD berbahan katun

Loh, bukannya semua CD berbahan katun ya? Oh tentu saja tidak! Ternyata CD itu banyak loh jenis bahan pembuatannya. Memang mayoritas CD yang beredar di pasaran berbahan dasar katun, tetapi CD Seamless yang lagi trend ini biasanya berbahan dasar kain sintetis seperti poliester. 

Selain lembut dan nyaman, dengan menggunakan CD berbahan dasar katun juga baik untuk kesehatan miss V, loh. CD berbahan katun dapat menyerap keringat dan membiarkan miss V “bernapas” sehingga mencegah pertumbuhan jamur.

Hindari pemakaian CD yang ketat dan tidak menyerap air

Selain memilih berdasarkan jenis bahan, ukuran CD juga perlu diperhatikan. Jangan memakai celana dalam yang terlalu ketat karena dapat mengakibatkan iritasi pada miss V. Hal tersebut juga berlaku pada celana dalam yang terlalu longgar. Jadi, gunakanlah CD dengan ukuran yang pas, ya!

Bahan CD yang baik adalah bahan yang dapat menyerap air. Mengapa? Hal tersebut karena kaum wanita dalam siklus haid biasanya mengalami yang namanya, keputihan. Keputihan merupakan hal yang normal bagi wanita asalkan cairan yang keluar tidak berwarna dan berbau. Oleh karena itu, bahan CD yang dapat menyerap air penting untuk menjaga area miss V tetap kering dan risiko terinfeksi jamur.

Jangan gunakan CD Seamless terlalu sering

Tau gak, sih? CD Seamless yang sedang trend saat ini diklaim dapat menyembunyikan garis celana dalam, loh. Bagaimana tidak? Desainnya yang tidak memiliki jahitan di tepi, membuatnya menjadi tipis sehingga seperti menyatu dengan kulit. Akan tetapi, CD jenis ini ternyata tidak aman jika sering digunakan. 

Dikutip dari Liputan6.com, Dr. Yamini Patel, Consultant Gynecologist and Advanced Laparoscopy Surgeon, mengatakan bahwa pakaian dalam yang terbuat dari kain sintetis seperti poliester atau renda tidak memungkinkan kulit untuk bernapas. Permukaan pakaian dalam sintetis yang mulus atau tidak berpori dapat menyerap seluruh keringat, tetapi tidak membiarkan kelembaban menguap. Selain itu, kain sintetis juga membuat kulit panas dan berkeringat. Area yang panas dan lembab itu dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri berbahaya dan menimbulkan infeksi vagina berulang, ruam, dan infeksi saluran kemih. Eits, tapi tenang saja! Buat kamu penggemar CD Seamless tidak perlu khawatir. Bahaya yang ditimbulkan sebelumnya dapat kamu cegah dengan mengurangi intensitas pemakaian atau segera mengganti CD apabila dirasa sudah lembab.

Pilih CD yang tepat untuk merawat miss v

Gunakan CD yang sesuai agar miss v dapat terjaga dengan baik, pict by canva.com

Nah, itulah beberapa tip memilih CD yang tepat untuk kamu! Bagaimana? Apa CD kamu sudah seperti tip tersebut atau belum, nih? Menjaga kesehatan miss V sangat penting sehingga diperlukan perhatian yang lebih dalam merawatnya. Jadi, jangan sampai salah memilih, ya.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 227
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?