Majalah Sunday

Pikiran Kosong Terlalu Sering?
Berikut Tips Mengatasinya!

Penulis: Chelvin Finakat Molama – Universitas Kristen Indonesia

Pikiran kosong adalah adalah kondisi yang kadang dialami oleh banyak orang. Dalam istilah medis, kondisi ini dikenal dengan blank mind syndrome. Hal ini bisa terjadi karena kurang istirahat, gangguan kecemasan, serta menderita masalah kesehatan tertentu. Yuk kita pahami lebih lanjut.

Sering mengalami kondisi di atas? Ada beberapa tips yang bisa kamu coba kalau kamu sering merasakan pikiran kosong.

Kamu sering merasa pikiranmu kosong? pict by canva.com

Mengenal Kondisi Medis dari Pikiran Kosong

Blank mind syndrome adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi di mana kita merasa tidak bisa berpikir atau fokus pada apa pun. Kita mungkin merasa seperti otak kita kosong dan tidak ada yang terlintas di pikiran kita. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti kurang tidur, stres, trauma, atau gangguan kecemasan.

Blank mind syndrome bukanlah penyakit atau gangguan medis yang resmi. Jadi, sebenarnya tidak tepat untuk menyebutnya sindrom atau diagnosis. Namun, masalah ini bisa berhubungan dengan berbagai masalah kesehatan dan menyebabkan gangguan yang lebih serius (misalnya, kondisi neurodegeneratif, gangguan psikiatrik, burnout).

Tips Mengatasi Pikiran Kosong

Blank mind syndrome bisa membuat kita merasa takut atau cemas. Kita mungkin khawatir bahwa kita kehilangan kemampuan berpikir atau ingatan kita. Tetapi ada beberapa tips yang bisa kamu coba kalau kamu sering merasakan kondisi ini.

Terima Keadaan ini

Pertama-tama, sadari bahwa pikiran yang kosong adalah sesuatu yang alami dan normal. Jangan terlalu keras pada diri sendiri karena merasa pikiran kamu kosong. Ini adalah bagian dari fluktuasi normal dalam aktivitas mental.

Belajar Fokus Lewat Pernapasan

Salah satu cara untuk mengatasi pikiran yang sering kosong adalah dengan fokus pada pernapasanmu.. Dengan perlahan dan dengan penuh perhatian, alihkan perhatian kamu pada sensasi pernapasanmu. Hal ini akani membantu kamu tetap terhubung dengan pengalaman saat ini dan mengalihkan perhatian dari kekhawatiran akan kondisimu.

Cobalah Meditasi

Meditasi dapat membantu kamu mengatasi pikiran yang sering kosong dengan mengajarkan kamu untuk tetap tenang dan berada di dalam momen. Cobalah duduk dengan nyaman, fokus pada pernapasan atau mantra yang sederhana, dan biarkan pikiran-pikiran yang muncul berlalu begitu saja tanpa menghakimi atau melekat padanya.

Gunakan Visualisasi

Cobalah untuk memvisualisasikan hal-hal yang kamu nikmati atau tempat yang menenangkan. Ini bisa membantu mengisi keadaan pikiran yang kosong dengan gambaran yang positif dan merangsang imajinasimu.

Latihan Pengamatan

 Kalau kamu merasa pikiran kamu kosong saat mencoba untuk berkonsentrasi pada tugas tertentu, seperti belajar, cobalah berlatih pengamatan. Perhatikan detail-detail kecil di sekitar kamu atau dalam tugas yang kamu kerjakan, dan buatlah usaha sadar untuk berfokus pada hal-hal tersebut.

Aktivitas Fisik

Lakukan olahraga atau aktivitas fisik yang kamu nikmati. Latihan fisik bisa membantu merangsang pikiranmu dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Cegah pikiran yang sering kosong menjadi penghambat aktivitasmu

Semoga tips di atas membuatmu menjadi lebih fokus, pict by canva.com

Mengatasi pikiran yang sering kosong adalah tentang mencari keseimbangan dan menemukan cara yang paling efektif bagi kamu untuk merasa nyaman dalam keadaan ini. Jika kondisi ini masih berlanjut dan kamu merasa cemas atau tidak nyaman, pertimbangkan berbicara dengan seorang profesional kesehatan mental yang dapat membantumu mengatasi perasaan tersebut.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 347
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?