Majalah Sunday

Pertimbangan Jurusan Buat Kamu Sang Introvert

Penulis: Priyo Utomo – UNJ
Editor: Afindi Ranika Dewi – UNJ

Masuk akhir tahun, dan menjelang pergantian semester. Maka makin dekat juga dengan perjalanan kamu menuju ke pendidikan jenjang selanjutnya, dan tentunya kamu yang sekarang berada di bangku SMA atau SMK. Tapi kamu malah tambah bingung buat memilih jurusan nanti. Hampir semua orang akan setuju untuk perihal seperti ini. Mereka memikirkan apakah nilai mereka cukup atau tidak, akan cocok dengan jurusannya atau tidak, juga bagus tidaknya prospek di depan jurusan tersebut. Terlebih lagi karena kamu merasa introvert dan tidak tahu harus memilih jurusan apa nantinya, yang tentunya tidak akan mengganggu kamu yang introvert.

Kalau melihat hal-hal yang berseliweran di internet, kita akan menemukan beberapa sifat atau karakter yang biasanya melekat pada orang introvert. Mereka orangnya pemalu dan pendiam, tidak nyaman ketika dihadapkan dengan banyak orang, mudah terdistraksi konsentrasi serta fokusnya, dan cenderung irit dalam bersosialisasi atau pertemanan.

Jika fokus terhadap hal tersebut, mungkin kita bisa mengerucutkan beberapa jurusan yang cocok untuk kamu!

1. Sastra

Sastra, jurusan untuk si introvert

Introvert, boleh banget intip sastra! pict by canva.com

Jurusan pertama untuk kamu si introvert adalah Sastra. Kental rasanya kalau kita mendengar kata ‘sastra’, seringnya yang tertanam di benak orang-orang seperti membaca dan menulis. Dan mungkin kamu akan menemukan ketenangan dalam hal tersebut. Jurusan yang terkait dengan sastra ada banyak, seperti Sastra Indonesia dan juga Sastra Asing, seperti Inggris, Perancis, dan juga lainnya. Kalau kamu tertarik dengan yang berasal dari lokal juga ada, seperti Sastra Jawa dan Sunda.

2. Ilmu Perpustakaan

Ilmu perpustakaan, jurusan untuk si introvert

Atau mau coba lirik Ilmu Perpustakaan? pict by canva.com

Jurusan ini juga bisa menjadi pilihan kamu. Mendengar ‘perpustakaan’ saja seperti sudah terbayang hening dan sepinya. Jadi mungkin bisa kamu jadikan pertimbangan. Tapi, jangan kamu pikir dengan masuk ilmu perpustakaan kamu hanya belajar menjadi pustakawan, mungkin itu memang salah satunya tapi seiring dengan globalisasi, buku dan kearsipan tidak hanya bersifat fisik, juga ada yang berbentuk digital, jadi mungkin kamu akan belajar hal itu juga di sana.

3. Desain Grafis

Desain grafis, jurusan untuk si introvert

Suka menggambar? Desain grafis mungkin lebih cocok untukmu, pict by canva.com

Selanjutnya ada Desain Grafis, kalau kamu tertarik dengan dunia seni seperti gambar, mungkin ini adalah panggilanmu. Tetapi, jurusan ini lebih identik dengan teknologi, jadi kamu mungkin harus lebih bersahabat dengan laptop dan komputermu. Jurusan yang cocok kan untuk si introvert?

4. Farmasi

Farmasi, jurusan untuk si introvert

Bisa juga pilih Farmasi untuk si introvert yang saintek abis! pict by canva.com

Terakhir ada Farmasi. Kalau kamu suka hal-hal yang ilmiah, dan mungkin menjerumus ke obat-obatan. Kamu bisa ke jurusan ini. Jika dibayangkan, meramu obat saja akan dilakukan di dalam laboratorium, dan di sana tidak akan ada banyak hal yang bisa dilakukan. Nah, itu bisa jadi pilihan kamu.

Sebenarnya, tidak ada jurusan yang benar-benar bisa kamu lakukan sendiri, pasti ada kalanya kamu tetap berkelompok dengan calon teman-temanmu nantinya, ketika kamu sedang bercengkerama, atau untuk keperluan pelajaran seperti belajar dan kerja kelompok. Tapi, jika semua hal itu bisa kamu abaikan, kamu tetap bisa menikmati waktu dengan diri kamu lebih banyak sekaligus menghabiskan masa yang akan terasa singkat berupa kehidupan di kampus, juga masa depan kamu nantinya.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 922
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?