WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Perjalanan Menemukan Jati Dirimu

Sumber Gambar : Pinterest

Hallo Sunner! Siapa diantara kalian yang masih bingung bagaimana cara membangun jati diri kalian yang sesungguhnya? Pengen tau? Yuk baca sampai selesai!

Wajar-wajar saja ketika seseorang menganggap dirinya tengah dalam perjalanan mencari jati diri. Proses penemuan jati diri ini tidak mudah karena banyak faktor dan pasti penuh dengan kesalahanNamun ketika sudah berhasil menemukan jati diri, seseorang akan menjadi lebih percaya diri, tahu apa tujuan hidup, dan bisa lebih berdampak bagi sekitar.

Bukan usia yang menjadi patokan kapan seseorang mendapatkan jati diri yang sesungguhnya. Ada yang sudah tua dan masih melakukan pencarian, dan sebaliknya ada remaja atau anak yang beranjak dewasa sudah tahu betul jati diri mereka. Semuanya tak mungkin terjadi secara instan, harus melalui berbagai jalan yang berliku dulu sebelumnya.

Nah berikut ini beberapa contoh cara untuk menemukan jati diri, mungkin bisa kalian coba.

  • Sadari siapa diri Anda

Hal yang kerap membayangi proses pencarian jati diri adalah impian. Untuk bisa mencari jati diri, kesampingkan dulu semua impian di masa depan. Penting untuk tahu siapa diri Anda sesungguhnya, bukan ingin menjadi apa dalam beberapa tahun ke depan. 

  • Temukan Kelebihan dan Kekurangan 

Mungkin ini adalah tahap yang paling sulit. Coba temukan kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Biasanya, perlu waktu berulang hingga benar-benar menemukan kelebihan dan kekurangan diri. Ciri-cirinya adalah hal yang membuat Anda merasa bersemangat dan ingin melakukan lebih, itulah tanda kekuatan yang bisa menjadi modal menemukan jati diri.

  • Tanya Pendapat Orang Lain

Kemampuan menerima pendapat dari orang lain tidak dikuasai semua orang. Cari orang yang bisa dipercaya untuk menyampaikan pendapat dengan jujur. Tanyakan apa yang perlu diperbaiki dan apa kekuatan yang bisa dikembangkan lebih baik lagi.Tahapan ini sangat penting dalam proses mencari jati diri terutama ketika merasa jenuh karena tidak kunjung menemukan siapa diri kita sebenarnya. Terkadang, orang-orang terdekat bisa membantu melihat hal yang diri sendiri tak bisa temukan.

 

Penulis : Agis Manjal | Politeknik Negeri Media Kreatif

Leave A Comment