Majalah Sunday

Perilaku Bullying yang Jarang Disadari

Penulis: Rafi Al-Hakim – Universitas Negeri Jakarta

Halo Sunners! Bullying adalah tindakan agresif yang biasanya dilakukan seseorang untuk mengintimidasi atau mendominasi orang lain yang dinilai lebih lemah. Perilaku penyimpangan sosial ini dapat terjadi di mana saja, mulai dari lingkungan sekolah hingga lingkungan kerja. Nah apakah kamu pernah melihat perilaku bullying di sekolah kamu? Nah ternyata beberapa perilaku ini termasuk perilaku bullying loh! Yuk simak.

Perilaku Bulllying

Perilaku Bullying yang Jarang Kita Sadari, pict by canva.com

Sunners, tindakan bullying pastinya sudah tidak asing bagi telinga kita. Bullying adalah situasi penindasan terhadap seseorang yang dilakukan oleh kelompok atau individu lain, baik yang dilakukan sesekali maupun terus menerus. Perilaku yang agresif dalam penindasan dapat berupa serangan secara fisik, verbal, serta cyber dan memiliki tujuan untuk memberikan rasa takut pada korban.

Menurut data yang ditulis oleh UNICEF, 40% dari mereka pernah mengalami perundungan. Tingkat pelaporan dari anak laki-laki sedikit lebih tingg dibandingkan anak perempuan (49% dibandingkan dengan 41%) dan hampir 40% kasus bunuh diri di Indonesia disebabkan oleh perundungan, berdasarkan pernyataan Menteri Sosial sebelumnya.

Siapa sih yang mau jadi korban bullying? Gak ada dong. Tapi ada dengan kita tahu penyebab bullying, kita bisa mencegahnya!

Perilaku Bullying yang Jarang Kita Sadari, pict by canva.com

Sebagai contoh perilaku bullying yang baru saja terjadi di Indonesia. Seorang murid SD yang menjadi korban bullying oleh teman-temannya ternyata mengidap penyakit kanker tulang ganas stadium 4. Kejadian ini membuat korban menjadi trauma untuk bersosialisasi kepada orang lain dan juga mengalami hal yang sangat berat dikarenakan kakinya harus di amputasi. Nah, maka dari itu kita sebagai individu jangan sampai melakukan tindakan bullying karena kita tidak tahu apa masalah yang sedang dihadapi oleh korban ya Sunners!

Nah kali ini mimin mau memberikan beberapa perilaku bullying yang tanpa kita sadari bahwa tindakan tersebut merupakan tindakan bullying ya!

Cara atasi lelah berkomunikasi

Perilaku Bullying yang Jarang Kita Sadari, pict by canva.com

1. Memusuhi Teman

Setiap manusia pasti memiliki emosi, ketika kita sengaja memusuhi teman akan berdampak kepada diri kita sendiri. Nah, ternyata tindakan ini juga termasuk tindakan bullying yang berdampak bagi kita maupun orang lain karena akan merasa dikucilkan dan dibenci.

2. Tindakan Senioritas

Senioritas merupakan keadaan yang lebih tinggi dalam usia dan pangkat. Nah, walaupun sistem senioritas ini sudah mulai dibenahi namun masih saja ada sekolah-sekolah yang masih menerapkan sistem senioritas ini yang memperlakukan adik kelas atau junior dengan perilaku yang semena-mena.

3. Menyebarkan Gosip atau Hoax

Menyebarkan berita yang didapat dari sumber yang belum terpercaya lalu menyebarkannya. Nah, masalahnya setiap orang bisa saja mempercayai hal itu karena setiap orang menangkap informasi dan memiliki filter yang berbeda-beda. Ketika berita hoax itu menyebar maka akan membuat seseorang dibenci walaupun hal tersebut tidak dilakukan olehnya.

4. Menggoda atau Cat Calling

Bullying secara seksual bisa bermula ketika berbagai komentar yang tertuju kepada bagian tubuh tertentu. Perilaku ini dapat dilaporkan karena ini melanggar hukum loh! Jadi harap jaga lisan maupun pandangan dan jauhi perilaku yang dapat dibenci orang lain ya Sunners!

5. Melakukan Teror

Mendapatkan ancaman dari seseorang tentu membuat korban menjadi takut apalagi melakukan ancaman yang bisa melukai korban. Perilku bullying ini bisa dilakukan secara daring seperti mengirimkan pesan ancaman kepada korban yang bisa membuat korban menjadi trauma, ketakutan, bahkan takut untuk membuka ponselnya. 

Nah, perilaku-perilaku di atas, baik secara sadar maupun tidak, nyatanya masih sering terjadi di institusi pendidikan, terutama di tingkat sekolah menengah pertama dan atas. Maka dari itu, kesadaran terhadap bullying harus ditingkatkan. Pastikan kamu tidak melakukan hal-hal tersebut di sekolah ya, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 121
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?