WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Perbedaan Universitas, Institut, dan Politeknik

Sumber Gambar : Pinterset

Hallo Sunners! Siapa diantara kalian yang masih ga tau nih perbedaan antara universitas, institut, dan politenik? Nah bagi yang ga tau yuk baca artikel ini sampai akhir.

Di Indonesia sendiri ada banyak model perguruan tinggi dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, nah kali ini kita akan membahas tiga model perguruan tinggi, yaitu universitas, institute, dan politeknik.

  • Unversitas 

Universitas menyediakan pendidikan berbasis akademik dan vokasi. Universitas juga terdiri dari beberapa fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan pendidikan vokasi dengan sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni.

Contoh kampus universitas yaitu: Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta dan masih banyak yang lainnya dan tentu pasti kalian tau.

  • Institut

Insititut juga hampir sama dengan universitas. Insititut juga menyelenggarakan pendidikan berbasis akademik dan vokasi. Perbedaannya ada pada fakultasnya. Kalau di institut, fakultas-fakultasnya berasal dari satu jenis keilmuan saja.

Contohnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) hanya mengarah pada rumpun ilmu alam. Sehingga, fakultas-fakultas di ITB hanya berkaitan dengan ilmu alam, contoh: 

  • Fakultas Ilmu Angkasa/Antariksa 
  • Fakultas Ilmu Biologi 
  • Fakultas Ilmu Kimia 
  • Fakultas Ilmu Fisika
  • Fakultas Ilmu Kebumian

Kampus dengan model Institut di Indonesia yaitu: Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (ITB), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITSN), Institut Kesenian Jakarta (IKJ), dan masih banyak lagi.

  • Politeknik

Nah berbeda jauh dengan universitas dan institut, Politeknik merupakan perguruan tinggi yang hanya menyediakan pendidikan berbasis vokasi sehingga politeknik tidak menyelenggarakan pendidikan akademik. Politeknik memiliki visi dan misinya sendiri menyiapkan mahasiswanya menjadi lulusan dengan kemampuan profesional yang mampu menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar bisa bersaing dengan lulusan di perguruan tinggi lain di dalam dunia pekerjaan, karena memang di politeknik kalian akan lebah banyak mendalami praktek dibanding teori.  

Kampus dengan model politeknik di Indonesia, antara lain: Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Bandung (Polban), Politeknik Negeri Media Kreatif (Polmed), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Bali, dan masih banyak lagi.

Penulis : Agis Manjal |Politeknik Negeri Media Kreatif|

Leave A Comment