Majalah Sunday

Perbedaan AHA dan BHA Pada
Produk Skincare, Awas Tertukar!

Penulis: Alda Alviani – Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Editor: Fidya Damayanti – Universitas Negeri Jakarta

Hai Sunners! Ketika ingin membeli produk skincare kalian mungkin cukup sering melihat kandungan AHA dan BHA pada deskripsi produk terutama pada face wash, toner, pelembab atau serum. Padahal sama-sama zat untuk mengeksfoliasi kulit, lalu apa perbedaan AHA BHA ya? Yuk kita coba bahas di bawah ini!

aha bha

Perbedaan Kandungan AHA dan BHA, pict by canva.com

Pahami Perbedaan AHA BHA Yuk!

Kenalan dulu nih dengan kepanjangan dari AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) atau yang sering disebut juga Asam Salisilat adalah kandungan asam yang memiliki fungsi untuk mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Sekilas fungsinya memang sama kok untuk mengeksfoliasi kulit, tetapi jika kamu lihat lebih teliti keduanya punya kandungan dan cara kerja yang cukup berbeda dalam menangani masalah kulit loh! Ini dia beberapa perbedaannya!

1. Segi kandungan

Meskipun termasuk zat yang mirip ternyata keduanya memiliki kandungan yang berbeda loh! Secara sederhana, AHA merupakan kandungan asam yang larut dalam air. Berbeda dengan BHA yang merupakan kandungan asam yang larut dalam minyak.

2. Cara kerja

Untuk memaksimalkan fungsinya, AHA memiliki cara kerja mengelupas kulit paling luar agar dapat digantikan oleh sel-sel kulit baru, sehingga lebih sering ditemukan pada produk anti-aging, sedangkan BHA menghilangkan sel kulit mati dan minyak berlebih dengan cara masuk ke pori-pori kulit, sehingga lebih sering ditemukan pada produk untuk kulit berminyak atau kulit berjerawat.

3. Masalah kulit yang Ditangani

Seperti yang sudah dijelaskan di poin kedua, AHA biasanya ditujukan untuk kulit yang mulai mengalami penuaan seperti adanya keriput, garis halus serta hiperpigmentasi. Produk anti-aging ini tidak disarankan untuk Sunners yang masih di usia remaja ya! Karena umumnya produk anti-aging disarankan untuk wanita usia 20 hingga 30-an.

Sebaliknya, kalian bisa mencoba produk yang memiliki kandungan BHA jika mempunyai masalah kulit berminyak dan berjerawat karena BHA memang sering ditemukan pada produk oily dan anti-acne serta bekerja maksimal dalam mengatasi permasalahan kulit tersebut.

AHA BHA

Pahami Kandungan Skincare Sesuai Jenis Kulit, pict by canva.com

Terus boleh gak bila kedua kandungan tersebut dipakai bersamaan? Melansir dari sehatq.com, menurut sebuah studi dalam jurnal Clinics in Dermatology, produk yang mengandung AHA dan BHA mungkin saja optimal untuk digunakan bersamaan karena terdapat beberapa produk skincare yang menggabungkan kedua kandungan tersebut sekaligus di dalam satu produknya. Namun, untuk menghindari iritasi kulit sebaiknya gunakanlah secara bergantian. Misalnya, AHA pada hari ini atau waktu pagi dan BHA pada besok hari atau waktu malam hari.

Nah, itu dia perbedaan AHA dan BHA. Bisa dibilang, kedua kandungan ini memang hampir mirip tetapi ternyata sangat berbeda ya, kan? Jadi, jangan sampai tertukar ya Sunners! Baik AHA maupun BHA keduanya sama-sama bagus dan worth it kok. Karena pada dasarnya kunci dari worth it atau tidak sebuah produk skincare tergantung pada sesuai atau tidaknya fungsi produk tersebut untuk mengatasi masalah kulit.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 736
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?