Majalah Sunday

Pentingnya Punya Rutinitas, Tips Mengatur Harimu!

Penulis: Alfira Damayanti Rahman – Universitas Negeri Jakarta

Sunners! Kepribadian seseorang bisa diketahui dari kebiasaannya loh. Ada orang yang terbiasa belajar di malam atau pagi hari, ada juga yang terbiasa mengatur jadwal hariannya atau si easy going yang tidak terlalu terpaku pada rencana. Menurutmu punya kebiasaan atau rutinitas itu penting gak sih?

Pentingnya Punya Rutinitas

Orang yang memiliki rutinitas biasanya akan lebih produktif karena ia sudah mengatur langkah-langkah kecil untuk bisa mencapai targetnya.

Menurut Northwestern Medicine (nm.com), manfaat dari memiliki rutinitas adalah kamu akan mampu mengelola stres dengan lebih efektif, tidurmu akan lebih nyenyak, makan lebih sehat dan juga aktif. Jika memiliki rutinitas, kamu memiliki kontrol atas aktivitas yang akan kamu lakukan, sehingga kamu akan merasa lebih tenang dalam menjalani hari. Seperti mengatur kapan waktu belajar, mengerjakan tugas, makan bersama keluarga, olahraga, sampai waktu tidurmu.

Tips Mengatur Harimu!

Pentingnya Punya Rutinitas
pict by pexels.com
  • Buatlah to do list atau daftar kegiatan yang akan kamu lakukan. Kamu bisa membuat to do list harian, mingguan, bahkan bulanan.
  • Tentukan prioritas, kerjakan dari yang penting dulu. Karena sudah mengetahui apa saja yang akan kamu kerjakan dalam daftar, akan lebih mudah untuk memisahkan kegiatan berdasarkan tingkat kepentingannya. Seperti sangat penting atau urgent, penting atau harus diselesaikan, dan sesuatu yang masih bisa menunggu.
  • Lakukan satu hal dalam satu waktu. Mungkin ada dari kamu yang lebih suka multitasking, tapi ternyata gak cukup efektif loh. Pikiranmu akan terbagi dan jadi gak fokus, imbasnya apa yang kamu kerjakan kadang gak maksimal. Jadi, lakukan satu-satu ya.
  • Penting untuk meluangkan waktu untuk istirahat dan merawat diri. Walaupun di tengah kesibukan jadwal, utamakan untuk memperhatikan kesehatanmu. Pastikan waktu istirahat yang cukup, waktu makan yang tepat, juga sempatkan untuk melakukan olahraga dan hobimu.

Poin terpenting dari memiliki rutinitas adalah konsisten, agar rutinitas bukan sekadar dilakukan tetapi ada target yang bisa dicapai. Untuk bisa mendapatkan target nilai bagus di ujian, tentu kamu perlu belajar dari jauh-jauh hari bukan. Maka aturlah jadwalmu setiap harinya dengan target-target tertentu.

Tapi, jangan terlalu keras juga sama dirimu yaa. Tidak apa jika sesekali kamu tidak menikuti rutinitas yang sudah kamu buat, itu bukan berarti kamu gagal kok!

Rutinitas baiknya itu fleksibel, artinya juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keadaanmu. Pada akhirnya membiasakan diri untuk mengikuti rutinitas yang kamu buat menjadikanmu lebih mindful terhadap apa yang akan kamu kerjakan.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 88
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?