Majalah Sunday

Pentingnya Public Speaking
Berkaca dari Maudy Ayunda

Penulis: Siti Nurfathonah – UNY

Public speaking adalah sebuah seni berkomunikasi.

Sunners pasti udah pada tahu nih, dalam dunia hiburan tanah air, sosok Maudy Ayunda merupakan contoh inspiratif bagi banyak kalangan. Salah satu kunci kesuksesannya yang sering terabaikan adalah keterampilan public speaking.  Public speaking adalah sebuah seni berkomunikasi lisan di depan banyak orang. Belajar keterampilan ini tidaklah gampang namun benefit yang didapat sebanding dengan effort kalian loh Sunners.

Penasaran kan apa aja keunggulan belajar public speaking? Selamat Sunners! karena kalian akan diajak untuk mengupas tuntas bagaimana keterampilan ini menjadi bekal menuju kesuksesan kalian di masa depan.

 

1. Public Speaking adalah Sarana Meningkatkan Kepercayaan Diri

Melalui kemampuan berbicara di depan umum, Sunners bisa belajar untuk mengatasi ketakutan dan merasa lebih yakin mengungkapkan ide dan pandangan mereka. Maudy Ayunda, sebagai contoh, telah menunjukkan bagaimana kepercayaan diri yang kuat dapat memainkan peran kunci dalam mencapai kesuksesan, terutama dalam dunia hiburan yang kompetitif

2. Memperluas Wawasan dan Pengetahuan

Sebelum melakukan public speaking, diperlukan pemahaman yang mendalam tentang topik yang akan dibicarakan. Sehingga siapapun yang  menjadi public speaker akan memperluas wawasan dan pengetahuannya. Maudy Ayunda telah memberikan penekanan pada bagaimana public speaking membantunya memahami lebih dalam mengenai audiensnya dan memperkaya perspektifnya dalam berbagai topik, yang pada gilirannya mengarah pada kesuksesan karier.

3. Public Speaking dapat Membuka Peluang Baru

Ketika Sunners bisa bicara dengan percaya diri di depan banyak orang, mereka menjadi tahu lebih banyak tentang siapa kamu dan apa yang kamu tawarkan. Ini bisa membuka pintu untuk jaringan pertemanan, kesempatan kerja, atau bahkan proyek-proyek baru yang bisa bikin hidupmu jadi lebih menantang! Disini, public speaking seperti kunci untuk membuka pintu ke banyak kesempatan yang menanti.

4. Persiapan untuk Masa Depan

Public speaking merupakan bekal berharga baik dalam lingkungan akademis, persiapan karier, atau kehidupan sehari-hari. Kemampuan berbicara di depan umum bakal ngebantu banget saat Sunners masuk ke dunia kerja atau perguruan tinggi. Keterampilan ini bikin kamu percaya diri dan lancar menyampaikan ide atau pandangan kamu. Di masa depan, punya keterampilan public speaking bisa bikin kamu lebih standout dan siap menghadapi berbagai tantangan apapun sewaktu-waktu. 

5. Tips Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum

Jangan cemas Sunners! Maudy Ayunda, meski telah begitu dikenal dan sukses dalam bidang ini, juga pernah mengalami hal serupa. Pertama sunners bisa persiapkan matang dari jauh hari, seringlah latihan jika ada waktu senggang, kenali siapa audiens kita, dan pilih bahasa tubuh yang tepat. Pemilihan bahasa tubuh ini juga penting nih Sunners, audiens akan tertarik untuk memperhatikan dan memperjelas isi pesan yang kamu sampaikan.

Maudy Ayunda adalah bukti hidup bahwa public speaking bukan hanya keterampilan yang relevan dalam dunia hiburan, melainkan juga suatu aset berharga. Mempelajari public speaking bukan hanya tentang berbicara di depan umum, tetapi juga tentang memperoleh kepercayaan diri, mengatasi ketakutan, dan membuka pintu menuju potensi tersembunyi. Dengan menggali kisah sukses Maudy Ayunda, artikel ini berharap dapat memberikan inspirasi dan dorongan bagi anak SMA untuk meraih keberanian dan keterampilan public speaking yang dapat membuka pintu masa depan yang cerah.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 139
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?