WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Perbedaan Animasi dan Multimedia

Animasi adalah proses yang mencerminkan gambar dengan cara yang dirasakan pemirsa bergerak dalam gambar. Gambar yang dimaksud adalah bentuk benda, tulisan, spesial efek, gambar makhluk hidup, dan warna. Orang yang membuat animasi disebut animator. Seorang animator harus menggunakan logika berpikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut sehingga menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.

Ada dua hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan animasi, yaitu gambar dan alur gerak. Penonton saat sedang menonton animasi bisa merasakan ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah “gerakan”. Untuk memahami prinsip dasar animasi dapat dilihat dari sebuah gerak sebagai berikut :

  1. Pose dan gerakan antaran (pose – to – pose and inbetween)
  2. Pengaturan waktu (timing)
  3. Gerakan sekunder (secondary action)
  4. Akselerasi (ease in and out)
  5. Antisipasi (anticipation)

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggambungkan teks, suara, gambar, animasi, dan video dengan tool dan link sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya, dan komunikasi. Multimedia biasa digunakan untuk didunia hiburan, game, dunia pendidikan, dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pembelajaran. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning. Elemen- elemen dasar multimedia sebagai berikut :

  1. Teks
  2. Animasi
  3. Grafik
  4. Gradik bitmap
  5. Grafik vektor
  6. Gambar
  7. Suara
  8. video

Penulis : Anggita Nur F.S | Politeknik Negeri Media Kreatif

 

Leave A Comment