Majalah Sunday

Passion Melukis Tapi Salah Jurusan Kuliah? Lakukan ini!

Penulis: Diana Abdillah – UNJ
Editor: Afifah Putri Utami – UNJ

Hi, Sunners! Setiap manusia pasti punya passion atau kemampuan yang dijadikan hobi, sehingga sebagian besar orang ingin menekuninya. Salah satu cara yang kebanyakan orang ketahui untuk menekuni passionnya adalah dengan mengambil jurusan kuliah yang sesuai kemampuannya. Melukis merupakan passion yang tidak banyak dimiliki oleh seseorang. Selain bakat dari dalam diri, melukis juga kemampuan yang bisa dilatih dengan pembelajaran. Jadi orang yang merasa memiliki passion melukis cenderung ingin mengambil jurusan yang selaras dengan menggambar atau melukis, seperti jurusan arsitek, desain interior, seni rupa, dan jurusan yang berkaitan dengan seni lukis.

Bagaimana Jika Memiliki Passion Melukis Tetapi Salah Jurusan?

Pada kenyataannya, tidak semua orang bisa masuk ke jurusan yang sesuai dengan kemampuannya. Hal ini menjadi kekhawatiran yang besar bagi calon mahasiswa karena merasa tidak mampu di jurusannya yang salah. Kekhawatiran mereka itu bisa mempengaruhi semangat dalam menjalani perkuliahan dan menimbulkan dampak yang bermacam-macam. Lalu, apakah benar jika salah jurusan tidak bisa menekuni passion kita? Lakukan beberapa hal ini agar kenyataan tidak semenakutkan bayanganmu.

Berdamai dengan Diri dan Keadaan

Reaksi pertama calon mahasiswa yang salah jurusan pastinya sangat sedih. Tak jarang dari mereka sudah merasa putus asa karena terlalu takut tidak bisa beradaptasi dengan jurusannya. Cara mengatasi kesedihan yang berlebih atau reaksi buruk lainnya adalah dengan cara menyadari adanya takdir yang tidak bisa dikendalikan oleh manusia.

Berdamai dengan diri sendiri maksudnya adalah meyakinkan pada diri sendiri bahwa jurusan itu bisa dipelajari dan diikuti seiring berjalannya waktu. Dengan begitu, kamu bisa lebih percaya diri dan selalu berpikir positif untuk menerima takdir. Dan berdamai dengan keadaan akan membantumu bangkit dari keterpurukan. Keadaan pasti berubah, jika jurusan itu terbaik bagimu suatu saat keadaan akan membaik dari apa yang kamu rasakan saat menerima kabar lolos perguruan tinggi.

Tetap Berada di Passion Melukismu

Berada di jurusan yang tidak sesuai dengan kemampuanmu bukanlah penghalang untuk menekuni passion. Setiap perguruan tinggi memiliki organisasi-organisasi yang menjadi wadah bagi setiap passion mahasiswa. Jika kamu memiliki kemampuan melukis tetapi salah jurusan, tenang saja. Sunners bisa mengikuti organisasi di perguruan tinggi yang berkaitan dengan seni lukis, seperti organisasi Unit Kesenian Mahasiswa. Walaupun dalam perkuliahan kamu tidak mempelajari seni lukis, dari organisasi itu kamu tetap berada dalam passion melukis.

Terus Melatih Passion Melukismu

Bagi sebagian orang yang menjadikan kemampuannya sebagai hobi, ia akan melakukan hobinya dengan senang hati, termasuk yang hobinya melukis. Jika tidak bergabung dalam organisasi yang berkaitan dengan passion, terkadang saat ada waktu luang mereka mengisinya dengan menggambar atau melukis. Melalui cara itulah passion melukis bisa terus dilatih. Apalagi saat ini banyak tutorial yang bisa diakses untuk melatih kemampuan melukis, seperti melalui Instagram, dan YouTube.

Jangan Pikirkan Perkataan Orang Lain

Ketika menjalani passion yang kamu miliki, pasti ada saja perkataan orang lain yang akan menjatuhkan mental. Entah menganggap lukisanmu tidak sesuai objek atau hal-hal lain yang akan menyakiti hati. Namun, kamu tidak bisa menyerah begitu saja karena perkataan mereka. Jadikanlah perkataan mereka sebagai api semangat agar kamu bisa membuktikan bahwa kamu akan sukses dengan passion melukismu. Satu hal yang harus kamu tekankan, mereka yang menjatuhkan karyamu belum tentu bisa melakukan sebagaimana yang kamu bisa.

Seseorang yang sudah mahir di bidangnya tidak akan mengkritik untuk menjatuhkan tapi agar kamu menjadi lebih baik. Maka abaikan saja perkataan orang-orang yang tidak memberi pengaruh buruk.

Manfaatkan Passion Melukismu sebagai Penghasilan

Biasanya di perguruan tinggi banyak peluang untuk memperdagangkan hasil kemampuan mahasiswa. Misalnya kamu yang memiliki kemampuan melukis, ketika sudah banyak orang tahu tentang kemampuanmu maka kamu akan diminta untuk melukiskan tokoh atau lukisan lainnya. Karya lukisan tersebut digunakan sebagai bingkisan untuk pembicara sebuah acara, hadiah kelulusan wisuda, dan lain sebagainya. Passion melukismu pasti berguna ketika di perguruan tinggi.

Meski kamu merasa salah jurusan, kamu tetap bisa mengembangkan passion dengan berbagai cara. Jangan menyerah dan berhenti begitu saja, ya! Setiap kemampuan itu akan lebih bermanfaat ketika kamu mau melatih dan mengambil peluang sebagai sumber penghasilan. Fokus saja dengan apa yang bisa kamu lakukan.

Ada hal penting yang perlu kamu ingat bahwa kuliahmu juga tidak kalah penting dari passion. Maka usahakan keduanya bisa berjalan secara seimbang dan tentunya lakukan tanpa beban dengan hati yang senang.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 936
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?