WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Panduan Lengkap Transportasi Umum untuk Pelajar di Jakarta

Saat kita memasuki era new normal moda transportasi berbasis rel dan jalan seperti bus besar, kecil sudah mulai dapat ditumpangi. Beberapa transportasi umum sudah menggunakan kartu elektronik agar lebih praktis dan cepat. Apa saja transportasi tersebut? Langsung saja scroll up.

KRL (Kereta Rel Listrik)

Bepergian menggunakan kereta merupakan hal yang diminati dari semua kalangan karena dari tarifnya yang murah dan cukup menjangkau daerah-daerah jabodetabek. Pelayanan yang semakin baik dari tahun ke tahun membuat KRL dianggap lebih efisien. Untuk menaiki kereta jabodetabek kamu memerlukan kartu elektronik. PT Kereta Commuter Indonesia menyediakan dua tiket yaitu THB (Tiket Harian Berjaminan) dan Multi Trip. Apa sih bedanya?

THB (Tiket Harian Berjaminan) merupakan pengganti tiket Harian Single Trip untuk satu kali perjalanan KRL dan digunakan untuk menghindari kartu single trip yang hilang . THB dapat dipergunakan kembali untuk pembelian rute perjalanan berikutnya. Kartu THB memiliki jaminan sebesar Rp 5.000 dan dapat dikembalikan, masa pengembalian kartu hanya 7 hari setelah tanggal pembelian terakhir.

sumber : krl.co.id

Sedangkan KMT (Kartu Multi Trip) adalah uang elektronik yang diterbitkan PT KCI agar memudahkan penumpang. KMT yang dapat diisi ulang (top up) di setiap loket stasiun KRL, vanding machine, dan channel top up lainnya yang bekerja sama dengan
PT Kereta Commuter Indonesia. KMT tidak memiliki masa kedaluwarsa lho Sunners yang memudahkan penumpang karena penggunaannya yang cepat dan praktis. Kamu dapat membeli KMT di seluruh loket stasiun KRL seharga Rp 30.000 – Rp 50.000.

Selain itu, kedua kartu tersebut mempunyai ketentuan dalam penggunannya. Untuk memudahkan kamu melihat rute perjalanan, jadwal, dan tarif sesuai tujuanmu, kamu bisa unduh aplikasi Krl Access ataupun melalui website krl.co.id.

Baru- baru ini PT KCI memberi informasi terkait 10 stasiun yang hanya menggunakan kartu elektronik. Hal tersebut disebabkan transaksi non tunai dapat mencengah penularan covid-19. Kartu elektronik yang bisa dipakai tidak hanya kartu yang disediakan PT KCI. Beberapa kartu seperti flazz, e-money dapat digunakan.

MRT (Moda Raya Terpadu)

Untuk menaiki MRT kamu harus menggunakan kartu elektronik. Kartu elektronik yang disediakan oleh pihak MRT yaitu Tiket Single Trip dan Multi Trip. Namun untuk saat ini pihak MRT tidak menyediakan Tiket Single Trip agar dapat mengurangi penularan covid-19. Selain kedua kartu tersebut, kamu dapat menggunakan kartu Jak Lingko dan kartu elektronik bank seperti JakCard, e-money, Brizzi, Flazz, dan Tapcash.

Saat ini MRT memiliki 13 stasiun dan hanya menyediakan rute di daerah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Kamu bisa melihat rute perjalanan di website jakartamrt.co.id/id, tampilannya seperti gambar di bawah ini.

Tarifnya adalah  Rp 10.000 per 10 km. Tarif Rp 10.000 per 10 km terdiri dari dua bagian yaitu boarding fee sebesar Rp 1.500, sisanya Rp 8.500 merupakan hasil perkalian harga per km Rp 850 dengan jarak 10 km. maka, tarif MRT antar stasiun berbeda-beda. Tarif minimumnya sebesar Rp 3.000 sedangkan tarif maksimalnya adalah Rp 14.000.

LRT (Lintas Rel Terpadu)

LRT merupakan moda transportasi berbasis rel yang baru dan berada di Jakarta dan Jabodebek. Faktanya LRT Jakarta dan LRT Jabodebek dibawah kepemilikan yang berbeda. LRT Jakarta dibangun oleh Wika, sedangkan LRT Jabodebek dibangun oleh Adhi. Keduanya merupakan PT di bidang konstruksi.

Selain itu, kedua LRT tersebut memiliki perbedaan dari segi rute perjalanan. LRT Jakarta baru beroperasi sebanyak 6 stasiun dengan rute Pegangsaan Dua – Boulevard Utara – Boulevard Selatan – Pulomas – Equestrian – Velodrome.  Sedangkan LRT Jabodebek memiliki rute Cawang – Dukuh Atas, Cawang-Bekasi Timur, dan Cawang-Bekasi Cibubur. Saat ini LRT Jabodebek belum beroperasi karena pembangunan yang masih belum selesai.

Berapa biaya untuk menaiki LRT Jakarta? Untuk satu kali perjalanan tarif LRT disamaratakan sebesar Rp 5.000 untuk jarak jauh maupun dekat. Tetapi jika kamu menggunakan kartu single journey trip kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 untuk jaminan. Nantinya uang itu akan dikembalikan setelah tap out. Selain kartu single journey trip kamu bisa menggunakan kartu elektronik seperti Jak Lingko, JakCard, e-money, Brizzi, Flazz, dan Tapcash.

TransJakarta

Salah satu transportasi terjangkau berikutnya yaitu Transjakarta. Kini Transjakarta sudah menggunakan kartu elektronik. Kartu elektronik tersebut tidak disediakan oleh pihak transjakarta, melainkan menggunakan kartu yang dikeluarkan oleh bank.

Berikut beberapa bank dan jenis kartu yang dapat digunakan sebagai tiket transjakarta.

BankJenis Kartu
BRIBRIZZI
BCAFlazz
BNITapcash, Kartu Aku, dan Rail Card
Mandirie-money, e-Toll Card, Indomaret Card, dan Gaz Card
DKIJakCard
MegaMegaCash

Kartu dalam tabel di atas dapat dibeli di bank terkait dan loket setiap halte Transjakarta. Bagaimana mengisi saldonya? Kamu cukup melakukan pengisisan melalui ATM, bank terkait, dan loket halte. Perlu kamu ketahui Sunners, kartu tersebut dapat digunakan sebagai tiket KRL kecuali JakCard dan MegaCash.

Tarif perjalanan yang kamu keluarkan sesuai dengan jam yang sudah ditentukan sebagai berikut.

Pukul 05.00 – 07.00 WIB = Rp 2.000

Pukul 07.00 – 24.00 WIB = Rp 3.500

Pukul 24.00 – 05.00 WIB = Rp 3.500

Jak Lingko

Jak Lingko merupakan sistem transportasi yang terintegrasi (integrasi rute, integrasi manajemen, dan integrasi pembayaran). Integrasi ini tidak hanya melibatkan integrasi antara bus besar (Transjakarta), bus medium (Minitrans), bus kecil (Mikrotrans), dan juga akan melibatkan transportasi berbasis rel seperti MRT Jakarta dan LRT Jakarta.

Sumber : Metrotempo.co

Dengan tarif Rp 0 atau gratis Jak Lingko tentu menjadi pilihan masyarakat Jakarta. Terus kita naik saja dan enggak usah bayar? Tidak begitu ya Sunners. Jak Lingko memiliki halte/bus stop dan sebelum menaiki Jak Lingko kamu harus tap in kartu terlebih dahulu yang berada di depan kaca bersebelahan dengan supir. Jika sudah sampai tempat tujuan, kamu tentu harus tap out, sama seperti transportasi lainnya yang menggunakan kartu elektronik.

Kartu yang bisa digunakan untuk menaiki Jak Lingko yaitu kartu Jak Lingko, JakCard, e-money, Brizzi, Flazz dan Tapcash. Jak Lingko memiliki 117 rute perjalanan.

Selama pandemi covid-19 Jak Lingko mengurangi jumlah penumpang dengan memberi tanda silang pada tempat duduk penumpang, mewajibkan menggunakan masker, dan terdapat handsanitizer.

Bagaimana Sunners? Apakah tranportasi umum di atas sudah memberikanmu jawaban agar kamu dapat mengurangi bepergian dengan kendaraan pribadi? Karena hal tersebut dapat mengurangi kemacetan dan polusi asap kendaraan. Yuk! Naik transportasi umum. Sampai jumpa 🙂

Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta

Sumber :
transjakarta.co.id
lrtjakarta.co.id
jakartamrt.co.id
krl.co.id

Leave A Comment