Majalah Sunday

Pakai Bedak Bayi di Wajah?
Kira-Kira Aman Gak Ya?

Penulis: Alda Alviani – Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Editor: Fidya Damayanti – Universitas Negeri Jakarta

Halo Sunners! Bagi kalian yang suka dandanan natural mungkin akrab dengan produk yang satu ini. Yap, bedak bayi! Selain harganya yang terjangkau dan mudah didapat, ternyata bedak tersebut juga sering dianggap lebih ‘aman’ dari pada jenis bedak yang lain. Ets! Tapi… Apa iya beneran aman? Yuk kita bahas tuntas!

bedak bayi

Teks terkait gambar, pict by canva.com

Apakah Bedak Bayi Aman?

Hayo, siapa disini yang suka make up anti ribet jadinya cuman pakai bedak bayi karena ringan dan mudah diaplikasikan? Sini kumpul dulu biar Sunners makin yakin kalau bedak tersebut aman dipakai ke wajah kalian! Dilansir dari halosehat.com, meskipun dinilai lebih alami bedak bayi juga tetap memiliki kandungan bahan dasar kimia yang punya efek buruk untuk wajah lho!

Kira-kira kandungan bahan dasar kimia apa aja sih yang ada di bedak tersebut dan sebaiknya tidak boleh diaplikasikan ke wajah? Berikut kami rangkum agar Sunners bisa memeriksa kembali bahan apa saja yang terkandung di bedak tersebut agar bisa lebih waspada. Yuk kita coba bahas lebih lanjut!

1. Talc

Bahan yang memiliki nama ilmiah magnesium silikat ini biasanya ada pada salah satu komposisi bedak untuk bayi. Jika bedak yang Sunners gunakan mengandung bahan ini dan butiran halus bedak terhirup oleh hidung kalian, maka bahan ini dapat mengganggu saluran pernapasan. Bahaya yang datang pada paru-paru kalian ternyata bisa terjadi lewat bahan ini loh!

2. Kalsium Karbonat

Bahan kimia yang satu ini juga memiliki efek menyumbat pori-pori dan menggagalkan penyerapan keringat berlebih yang akhirnya menyebabkan munculnya biang keringat atau yang lebih sering kita kenal dengan sebutan beruntusan. Bisa saja bila kalian memakai bedak tersebut secara intensif selama berbulan-bulan, bukan hanya beruntusan saja yang muncul, melainkan jerawat dan permasalahan kulit lainnya!

3. Parfum atau Fragrance

Meskipun wangi bedak bayi sering dinilai tidak memiliki wangi yang menyengat, tetapi untuk orang yang berkulit sensitif bahan ini dapat menimbulkan iritasi juga loh Sunners! Sama seperti bahan sebelumnya, bila digunakan secara terus menerus, maka bisa berdampak buruk pada kulit wajah kalian dan menimbulkan permasalahan kulit lainnya.

bedak bayi

Sesuaikan Bedak Dengan Kebutuhan dan Umur, pict by canva.com

Selain bahan kimia di atas, banyak pakar kesehatan yang memang tidak menganjurkan bedak bayi untuk dipakai oleh remaja apalagi untuk wajah dalam penggunaan sehari-hari karena pada dasarnya bedak tersebut bukan untuk pemakaian di wajah melainkan di badan, bahkan sebenarnya diformulasikan untuk pantat bayi agar tidak iritasi sebelum memakai popok.

Selain itu, meskipun bedak untuk bayi dinilai hypoallergenic (tidak menimbulkan alergi) tapi belum tentu komposisinya tidak mengandung comedogenic (berpotensi menyumbat pori-pori) dan tentunya bedak tersebut juga tidak dilengkapi dengan kandungan SPF, sehingga gak bisa ngelindungin kulit kalian dari bahayanya sinar UVA dan UVB.

Nah dari penjelasan di atas, kita jadi tahu nih Sunners bahwa bedak untuk bayi ternyata gak seaman itu untuk dipakai pada wajah terutama untuk remaja loh! Alih-alih memakai bedak tersebut yang nantinya malah memperburuk kondisi kulit wajah kalian, lebih baik pakai loose powder atau translucent powder yang memang diperuntukkan untuk remaja dan sesuai dengan jenis kulit wajahmu ya Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 685
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?