WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Pahami Tips Ini Agar Tidak Menyesal Memilih Jurusan Kuliah

Sumber gambar : Freepik

Hai Sunners! Pasti kalian bingung ketika sudah lulus sekolah dan ingin masuk di kuliahan dengan jurusan apa karena takut salah pilih atau tidak sesuai dengan passion kalian.

Kamu perlu tahu beberapa cara memilih jurusan yang tepat untuk kamu ambil. Jangan sampai kamu merasa salah jurusan di tengah jalan. Untuk mengenyam pendidikan sarjana, kamu perlu menghabiskan waktu kuliah sekitar empat tahun lamanya. Karena itu, jangan sampai waktu terbuang percuma untuk menjalankan sesuatu yang pada akhirnya kamu pikir tidak cocok untuk dirimu.

Lalu, bagaimana cara pilih jurusan yang tepat?

Tentukan Kamu Mau Jadi Apa Setelah Kuliah

Tanyakan pertanyaan “Mau jadi apa?” pada diri sendiri. Untuk bisa menjawabnya, memang bukan hal yang mudah. Tapi dengan menanyakan ini, kamu akan semakin tertantang untuk menggali ke dalam diri kamu sendiri tentang apa yang ingin kamu kejar dan ingin kamu raih di masa depan.

Jangan Sekadar Ikutan Teman atau Idola

Ketika memilih jurusan kuliah yang berkaitan dengan masa depan kamu, jangan ikut-ikutan teman. Mengikuti arus hanya akan membuat kamu terombang-ambing tidak jelas. Begitu juga jika kamu memaksakan diri untuk mengikuti jalan seperti idola kamu. Terinspirasi tentu boleh saja. Tapi, apa yang cocok di orang lain, belum tentu akan cocok juga di diri kita. Jangan main-main dengan pendidikan, karena betapa melelahkannya ketika nanti kamu kuliah hanya untuk sekedar ikut-ikutan.

Tahu minat dan hobi 

Saat memilih jurusan kuliah, kamu harus mengetahui minat dan hobi yang dimiliki. Ketika itu terjadi, maka akan membantu dirimu menikmati pendidikan di bangku kuliah.

Ketahui potensi diri 

Selain minat yang harus dipahami, kamu juga harus mengetahui potensi diri yang dimiliki saat memilih jurusan kuliah. Ketika paham akan potensi diri yang dimiliki, maka kamu akan lebih optimal, serta mampu kuliah dengan cepat.

Tentukan jurusan sesuai passionmu

Yang harus kamu perhatikan pertama kali sebelum kamu memilih kampus idaman adalah harus menentukan jurusan yang sesuai dengan minat bakat kamu, jangan sampai nanti ketika kamu masuk ke kampus atau perguruan tinggi, kamu merasa salah pilih jurusan. Jika kamu belum tahu jurusan apa yang akan kamu pilih, kamu bisa konsultasikan dengan guru BK di sekolahmu atau bisa browsing-browsing di Internet.

Itu dia beberapa tips untuk kamu yang masih ragu dengan jurusan kuliah yang kamu akan ingin tuju. Pastikan sebelum memilih terlebih dahulu eksplore lagi diri kamu dan tentang kampus yang kamu ingin tuju supaya nanti tidak salah pilih jurusan.

Penulis: Zahara Salsabila | PoliMedia

Leave A Comment