Majalah Sunday

Pacar Sering Marah?
Begini Cara Efektif Mengatasinya

Penulis: Zahira Nur Arifah – Universitas Negeri Jakarta
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Sunners, siapa nih yang punya pacar sering marah? Wah, biasanya kalau pacar sering marah apalagi tanpa alasan yang jelas pasti kamu ikut kesel juga kan? Gak tau punya salah apa, kok tiba-tiba marah, aneh. 

Perasaan marah merupakan salah satu dari berbagai emosi manusia yang muncul sebagai respon atau rekasi terhadap sesuatu. Maka dari itu, sebetulnya perasaan marah merupakan hal yang wajar. Namun, jika pacar sering marah bikin pusing juga ya kan Sunners?

Mengatasi Pacar Sering Marah

Nah daripada kamu pusing nih mikirin pacarmu, ada beberapa solusi untuk mengatasi pacar yang sering marah nih, Sunners. Ayo simak sampai akhir biar pacarmu berhenti marah-marah lagi!

Kendalikan diri sendiri (self control) saat pacar sering marah

Apa itu self controlSelf control dapat didefinisikan sebagai usaha kamu untuk mengatur, membimbing, dan mengarahkan tindakan diri sendiri agar menjadi tindakan yang positif. Self control ini membantu kamu lebih bisa mengendalikan emosi.

Cara mengendalikan diri sendiri ketika pacar sedang marah bisa dimulai dari mengambil napas dalam-dalam, lalu embuskan. Buat diri setenang mungkin. Jangan dulu berkata apa pun, ya, Sunners. Kamu dengarkan “ocehan” pacar kamu dulu sampai selesai.

Setelah itu, cobalah minta izin untuk kamu berbicara. Kalau dia semakin marah dan malah meninggalkan, menutup telepon, atau mengakhiri chat, beri dia jeda untuk sendiri. Jangan lama-lama, cukup 5-10 menit. Kalau terlalu lama, pacarmu akan merasa tidak “dikejar” atau diperhatikan. Alhasil, nanti pacar kamu semakin marah. Namun, kalau pacar kamu memberi kesempatan untuk berbicara, silakan simak langkah berikutnya, ya, Sunners.

Cari tau inti masalah

Mulailah pembicaraan yang tenang sambil terus berpikir penyebab pacar kamu marah. Kalau pacar kamu perempuan, coba ingat-ingat tanggal menstruasinya. Siapa tahu memang dia sedang mengalami PMS (Pre-Menstrual Syndrome). Namun, kalau pacarmu laki-laki, penyebab marahnya bisa lebih banyak, entah karena dia sedang lelah, tertekan, tersinggung, cemburu, dan sebagainya. Lebih baik dikomunikasikan dengan baik, ya, Sunners.

Cari tau love language

Nah, kamu perlu banget tahu love language kamu dan pacarmu. Apa sih love language itu? Love language (bahasa cinta) merupakan cara seseorang mengekspresikan rasa cintanya kepada orang lain. Agar kamu lebih tahu tentang love language, ayo kepo-in di sini, Sunners. 5 Tipe Love Language, Kamu yang Mana?

Utarakan perasaanmu

Setelah kamu melakukan langkah-langkah sebelumnya, mulailah utarakan perasaan kamu dan persilakan pacarmu untuk melakukan hal yang sama. Jangan ada yang ditutupi, ya, Sunners. Salah satu kunci lancarnya hubungan itu keterbukaan dalam komunikasi, lho.

Pacar sering marah, ini solusinya

Langkah-langkah mengatasi pacar sering ngambek, pict by canva.com

Semoga cara-cara yang sudah Mimin infokan dapat membuat hubungan kamu semakin membaik, ya. Good luck!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 244
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?