WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mulailah Menghargai Dirimu Sendiri Dengan Mengenali Potensi Diri

Sunners, kamu terkadang kepikiran tentang kelebihan dan kekurangan dirimu sendiri gak, sih? Atau mungkin akhir-akhir ini kamu semakin sering bertanya-tanya, sebenarnya kamu punya kelebihan gak, sih? Atau kamu sendiri pun sebenarnya gak tahu kelebihan dan kekurangan kamu itu apa? Lalu, bagaimana caranya ya supaya kita tahu apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam diri kita?

 

Ternyata, dalam menyikapi dan menyadari kelebihan dan kekurangan masing-masing setiap individu berbeda-beda lho! Berikut ini mimin kisahkan secara singkat pada masing-masing individu, ya!

Si A ternyata sadar akan kelebihan yang ada di dalam dirinya, sehingga ia menekuninya sampai benar-benar merasa puas dan membuktikan bahwa ia hebat. Karena sibuk dengan segala kelebihannya itu, ia melupakan bahwa setiap manusia pun pasti punya kekurangan.

Si B selalu mengeluhkan kekurangan yang ia punya. Ia selalu saja membandingkan dirinya sendiri dengan orang-orang di sekitarnya, yang ia rasa sangat hebat karena mempunyai kelebihan, sampai rasa percaya dirinya lama-lama hilang sedikit demi sedikit.

Si C sangat tahu apa saja kelebihan yang ia punya, sehingga setiap harinya pun ia sangat bersemangat untuk mengasah kelebihan itu secara terus-menerus, sedikit demi sedikit, hingga mencapai level yang berbeda setiap harinya. Tapi ternyata ia tidak puas hanya dengan kelebihan yang ia miliki, sehingga ia mulai mencari kekurangan apa saja yang ada di dalam dirinya. Hari ke hari ia mulai berusaha menjadikan kekurangannya itu sebagai kelebihan selanjutnya.

Si D bahkan selama ini gak tahu apa kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam dirinya. Ia hanya menjalani hari-harinya seperti mengikuti arus air yang mengalir dan bermuara entah ke mana. Ia hanya melakukan hal-hal yang memang sudah menjadi kewajibannya, sehingga mau tidak mau memang harus ia lakukan.

Nah, dari kisah A, B, C, dan D di atas, mana yang menggambarkan dirimu? 

Ternyata dari masing-masing individu tersebut, kisah si C adalah yang paling tepat! Ia bisa mengembangkan kelebihan dan kekurangannya secara bersama-sama. Lho, memangnya kekurangan yang kita miliki itu bukan termasuk aib yang harus kita tutupi dan sembunyikan dari orang lain, ya? Tentu saja bukan, Sunners!

Kamu sungguh bisa melakukan pengembangan pada kelebihan maupun kekurangan yang kamu miliki secara bersama-sama. Beriringan. Gak perlu merasa malu dengan kekurangan yang kamu miliki. Pada akhirnya membuat rasa percaya dirimu ikut menurun. Kamu hanya perlu menerima kekurangan yang ada di dalam dirimu, sehingga kamu pun bisa mencari solusinya agar kekuranganmu itu bisa menjadi kelebihanmu. Berlatih terus-menerus, seperti kamu terus melatih kelebihanmu. Perlakukan kelebihan dan kekuranganmu dengan adil. Karena itu adalah kunci utama bagi kamu, untuk memulai menghargai dirimu sendiri. Dengan menerima semua yang ada di dalam dirimu. Termasuk kekuranganmu.

Lalu, bagaimana caranya jika kamu tidak tahu kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam dirimu? Nah, lagi-lagi tentang menghargai dirimu sendiri. Langkah awalnya adalah dengan mengenali diri sendiri. Dimulai dengan melakukan aktivitas yang paling kamu sukai. Karena bisa saja kelebihanmu ada di sana. Lalu dilanjutkan dengan melakukan aktivitas yang tidak kamu sukai, dan merasa kesulitan hingga selalu gagal ketika melakukannya. Karena bisa saja kekuranganmu ada di sana. Jika ketika kamu sudah melakukan keduanya, namun belum yakin dengan jawabannya, langkah terakhir adalah bertanya pada orang-orang di sekitarmu. Karena biasanya, orang terdekat atau yang paling sering bersamamulah yang menyadari apa saja kelebihan dan kekuranganmu. 

Dan, ingat! Jangan hanya fokus mencari dan mengembangkan kelebihanmu saja, ya! Karena dengan kamu mengetahui apa saja kekuranganmu, dan berusaha untuk belajar memperbaikinya, kekuranganmu itu bisa naik level menjadi kelebihanmu yang selanjutnya, lho! Ya walaupun memang kemungkinan naik levelnya tidak setinggi dengan kelebihan utamamu, tapi setidaknya kamu bisa menemukan kelebihan-kelebihan kecil yang bersembunyi di balik kekurangan yang kamu miliki.

 

Puja Sindia
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment