Majalah Sunday

Monday Blues: 5 Tips Kalahkan Rasa Malasmu

Penulis: Syifa Nurul Aulia – UNJ
Editor: Afifah Putri Utami – UNJ

Siapa di antara Sunners yang suka malas kalau udah memasuki hari Senin? Sering merasa malas, cemas, dan takut ketika Senin tiba? Hati-hati, Sunners! Bisa jadi kamu mengalami Monday Blues Syndrom, lho. Sindrom ini menggambarkan serangkaian emosi negatif seseorang yang biasanya muncul di penghujung akhir pekan. Akibatnya, jadi nggak semangat menjalani aktivitas di hari Senin, deh.

Bagaimana Mengatasi Rasa Malas Karena Monday Blues?

Sebenarnya, hampir setiap orang pasti pernah mengalami monday blues, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Meskipun demikian, alangkah baiknya jika kamu mencari tahu cara untuk mengatasinya. Nah, berikut ini ada beberapa tips ampuh kalahkan rasa malasmu akibat monday blues. Yuk, disimak!

1. Istirahat yang Cukup

Bukan sebuah rahasia lagi, jika tidur dan istirahat yang cukup bisa meningkatkan mood seseorang. Jangan jadikan akhir pekan sebagai alasan untuk bermain seharian, begadang, ataupun melakukan kegiatan lain yang dapat menghabiskan banyak tenaga. Sebab hal itu justru membuat kamu merasa lelah di Senin paginya. Untuk itu, istirahatlah yang cukup di akhir pekan agar lebih bersemangat menjalani aktivitas di hari Senin. Kalau Sunners istirahat dengan cukup, Sunners akan merasa fresh saat menyambut pergantian hari.

2. Bangun Lebih Awal

Waktu bangun di pagi hari akan memengaruhi mood kamu sepanjang hari, lho. Semisal, saat bangun lebih awal, Sunners punya waktu ekstra untuk menyiapkan sarapan, membaca buku, meditasi, atau sekadar menikmati sarapan atau minuman hangat kesukaanmu tanpa harus tergesa-gesa. Dengan begitu, Sunners pun akan lebih siap menjalani akktivitas di hari itu.

bangun lebih awal sebagai langkah mengatasi rasa malas karena monday blues

Bangun di pagi hari untuk bersiap menjalani aktivitas, pict by canva.com

3. Lakukan Kegiatan Menyenangkan

Sebelum mengawali aktivitas yang padat di hari Senin, tidak ada salahnya kalau Sunners melakukan kegiatan menyenangkan di akhir pekan, seperti me time, bertemu teman dan keluarga, melakukan hobi, berolahraga, dan sebagainya. Melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dapat memberikan energi positif sehingga membuatmu kembali bersemangat lagi.

4. Pilih Outfit

Dilansir dari halodoc.com, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa memilih pakaian untuk dipakai keesokan hari adalah salah satu cara ampuh untuk meningkatkan mood sepanjang hari, lho. Sunners bisa menggunakan outfit dan aksesoris favoritmu di hari Senin supaya lebih bersemangat menjalani hari.

5. Hilangkan Mindset “Monday is Monster Day”

Salah satu hal penting untuk menghilangkan rasa malas di hari Senin adalah dengan mengubah pola pikir kamu. Jika sejak awal Sunners sudah enggan dan malas dengan hari Senin, maka akan terasa berat saat menjalaninya. Sebaliknya, kalau Sunners menyambut hari Senin dengan pikiran positif, tentu akan terasa lebih ringan. Yuk, ubah mindset hari Senin yang “menyebalkan” menjadi hari yang “menyenangkan”.

jangan lagi terkena monday blues syndrom

Hari Senin jangan lagi ditakuti, cukup dijalani dan nikmati, pict by canva.com

Itulah 5 tips yang bisa Sunners lakukan untuk atasi rasa malasmu akibat monday blues. Jangan malas untuk bertemu dengan hari Senin, ya! Sama seperti hari-hari lainnya, cukup jalani, nikmati, dan syukuri semua yang terjadi hari di hari itu. Jadi, Sunners sudah siap menghadapi hari Senin belum?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 488
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?