WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mitos Paling Santer di 5 Gunung Indonesia

Anak gunung, mana suaranya? Siapa yang pernah mendaki gunung-gunung ini?

  1. Gunung Lawu 

Di sini konon sering didengar suara-suara gaduh seperti orang perang. Berkemah di sini akan jadi pengalaman mistis luar biasa. Di sini ada pula legenda Pasar Dieng, semacam pasar gaib yang bahkan bisa dikunjungi manusia. Sayangnya, jangan sampai tersesat jika berada di sini. Lengah sedikit, mungkin akan tinggal nama.

  1. Gunung Arjuno 

Dinamakan Arjuno mungkinlantaran gunung satu ini ganteng sekali seperti tokoh pewayangan.Di salah satu spot yang ada di Malang ini. Ketika melintasi wilayah ini, pendaki diharuskan untuk selalu fokus dan jangan sampai terpencar. Fatal risikonya kalau sampai kejadian, karena mereka yang terpencar mungkin akan hilang untuk selamanya.

  1. Segara Anak Gunung Rinjani

 Segara Anak ini adalah danau yang ada di Gunung Rinjani. Konon dikatakan jika danau ini dihuni oleh bangsa jin yang dipimpin oleh seorang ratu bernama Enjeni. Kita dilarang untuk melakukan hal-hal yang negatif selama di sini. Berbicara kotor, bikin gaduh dan lain sebagainya. Bisa-bisa penunggunya marah.


  1. Gunung Latimojong 

 Masyarakat setempat percaya jika Latimojong adalah tempat bersemayamnya Hantu Poppo. Fisik hantu Poppo sendiri sering digambarkan mirip seperti manusia, bisa terbang dan matanya berwarna merah. Hantu ini konon gemar mencari mangsa di malam hari. Sebelum mendaki gunung ini sangat dianjurkan untuk berhati-hati. Selalu pasang telinga dan waspada kalau mendengar bunyi ‘Pok..pok..pok’ berulang-ulang. Itu adalah tanda jika Hantu Poppo keberadaannya sangat dekat.

  1. Gunung Merapi 

Mitos di Gunung ini Salah satunya adalah desa gaib yang ada di lereng merapi. Konon dikatakan jika di sini ada sebuah peradaban gaib yang benar-benar mirip dengan dunia manusia. Manusia banyak berlalu lalang, ada pasar-pasar dan sebagainya.. Pantangan kita ketika berada di desa ini adalah jangan sekali mencoba memakan sesuatu yang ditawarkan atau mungkin berbuat keonaran. Akibatnya akan sangat fatal. Konon bagi orang-orang yang melanggar pantangan ini, mereka biasa sudah tak mungkin lagi kembali ke alam manusia.


Penulis: Boni, SMK Dharma Paramitha

Leave A Comment