WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mitos-Mitos Saat Berpuasa: Percaya atau Tidak?

Halo Sunners. Tidak terasa kita sudah memasuki minggu kedua berpuasa. Setiap tahunnya umat muslim melaksanakan puasa selama 1 bulan penuh. Mereka menahan diri dari makan dan minum dan hawa nafsu. Saat berpuasa terdapat mitos-mitos yang dipercayai oleh masyarakat, padahal mitos tersebut kerap kali salah. 

Olahraga saat puasa membuat badan lemas

Saat berpuasa tubuhmu tetap memerlukan olahraga. Olahraga tidak akan membuat badan lemas. Dengan olahraga kamu dapat memelihara tubuhmu agar tetap sehat dan bugar. Meskipun banyak tutorial olahraga di YouTube saat berpuasa tetapi tetap harus disesuaikan dengan kondisi tubuhmu ya. Lakukan olahraga yang ringan seperti bersepeda, jalan cepat, dan sebagainya.

Berbuka dengan yang manis dan air dingin

Saat azan dikumandangkan rasanya memang ingin cepat-cepat melepas dahaga dengan minum minuman manis dan dingin. Tetapi sebaiknya kamu berbuka dengan segelas air putih terlebih dulu. Jika kamu langsung berbuka dengan minuman yang manis dan dingin tubuhmu akan kaget karena saat berpuasa suhu tubuh cenderung naik. 

Makan banyak saat sahur

Saat sahur orang tua terkadang berkata “makan yang banyak biar kuat puasanya” apakah pernyataan itu benar? 

Di waktu sahur hendaknya memakan makanan bergizi dengan porsi yang seimbang, tidak kurang dan tidak lebih. Dikutip dari klikdokter, makan sahur yang terlalu banyak menyebabkan lambung membesar dan hal itu membuat kamu menjadi cepat lapar. Selain itu, dapat berakibat seperti sakit perut, perut terasa begah, dan penyakit pencernaan lainnya.

Jika berpuasa tetapi tidak makan sahur kadar glukosa dalam tubuhmu akan rendah. Sebab glukosa merupakan sumber energi. Jika kadar gula darah rendah dapat mengakibatkan pusing, lemas, dan bisa pingsan. Selain itu, tidak sahur dapat memicu nafsu makan yang lebih besar saat buka puasa.

Selain tiga hal di atas ada juga mitos yang bisa bikin puasa kamu batal, benar enggak ya? 

Menggosok gigi 

Menggosok gigi memanglah memasukan benda ke dalam mulut tetapi dengan niat untuk membersihkan area mulut. Jadi, menggosok gigi dengan pasta gigi tidak membatalkan puasamu.

Apabila menggosok gigi dengan pasta gigi, sebaiknya kamu berhati-hati ya. Karena jika air dan pasta gigi tidak sengaja tertelan walaupun sedikit saja, puasamu akan batal. 

Menangis saat puasa

Beberapa dari kamu pasti mendengar ini ‘jangan nangis nanti puasanya batal’ pernyataan tersebut salah lho sunners. Setiap manusia terkadang dapat tersentuh dari kejadian yang sedang dialami, sehingga menyebabkan ia menitikkan air mata. 

Bagaimana menangis saat berpuasa? Tidak ada hadis yang mengatakan menangis bisa membatalkan puasa.  Salah satu dalil mengatakan mata tidak termasuk jauf (bagian dalam) dan tidak ada jalan dari mata menuju tenggorokan. Jika air mata masuk ke dalam mulut dan tertelan tentu puasamu akan batal.

Masih percaya dengan mitos-mitos di atas? Yuk pelajari segala sesuatu dari sumber yang terpercaya.

Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta

Leave A Comment