Majalah Sunday

Mitos Cara Cepat Pintar yang Tidak Boleh Ditiru
dan Tips Meningkatkan Fungsi Otak Kalian

Fungsi OtakSumber gambar : https://pixabay.com

Apakah kalian pernah mendengar mitos kalau ingin cepat pintar, minum air putih yang digabung dengan abu dari kertas yang dibakar?. Dikutip dari blog Honestdocskertas dikategorikan sebagai benda asing yang masuk kedalam tubuh kita. Namun bahaya tidaknya dari tertelan kertas tergantung dari ukurannya. Walaupun begitu, meminum air yang dicampur dengan abu dari kertas yang dibakar bisa dikatan sangat berbahaya. Hal tersebut dikarenakan kemungkinan tercemar oleh zat kimia, biologis, dan zat berbahaya lainnya. Dan setiap makanan yang dikonsumsi berdampak besar terhadap  fungsi otak kalian.

Fungsi Otak

Sumber gambar : https://pixabay.com

Maka dari itu, mitos tersebut berbahaya untuk dilakukan karna dapat mengganggu kesehatan tubuh kalian. Salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan otak kalian adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat seperti ikan. Minyak ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 membantu membangun membran di sekitar sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak. Maka dari itu, kandungan ini bisa memperbaiki struktur sel otak yang disebut neuron.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, juga mengatakan demikian melalui akun Twitternya. Dalam unggahan tersebut, ia mengatakan bahwa mengkonsumsi ikan lebih sehat karena bebas dari kolestrol jelek dan mengandung banyak omega yang dapat meningkatkan fungsi otak.

Fungsi Otak

Sumber gambar : https://twitter.com/susipudjiastuti

Walaupun ikan dapat membantu meningkatkan fungsi otak, tidak semua ikan dapat memberi manfaat baik lho!. Dr. Tan Shot Yen yang merupakan seorang ahli gizi, mengatakan bahwa ikan yang dimaksud oleh Ibu Susi Pudjiastuti dalam Tweet-nya adalah ikan laut. Ikan laut mengandung protein dan memiliki kandungan asam lemak esensial tak jenuh dari omega-3 yang tinggi.

Jenis-jenis ikan yang memiliki kandungan omega-3 tinggi, diantaranya :

1. Ikan Kembung

Ikan kembung kaya akan DHA dan Omega 3. Dalam satu ons ikan kembung terdapat sekitar 2,6 gram omega 3.

2. Ikan Tuna

Ikan tuna juga merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi untuk mengoptimalkan perkembangan otak.

3. Ikan Salmon

Dalam setiap 100 gram ikan salmon terdapat  415 kalori, 46 gram protein, dan 23 gram lemak. Selain itu, salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yaitu kandungan yang berperan besar dalam meningkatkan intelegensi.

4. Ikan Tongkol

Ikan tongkol kaya akan protein, mineral, lemak, kalium, kalsium dan zin. Lemak yang terkandung adalah asam omega-3 , selain itu juga mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti B6, B12, vitamin A dan zat besi.

 

Kesimpulan

Maka dari itu, lebih baik mengkonsumsi makanan atau minuman yang layak di makan dan tentunya sudah pasti menyehatkan tubuh kalian. Dan jangan lupa untuk belajar lebih giat lagi agar kinerja otak kalian lebih maksimal.

 

Jangan lupa untuk cek artikel kami tentang tips untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit!

Ikutan berkarya di Majalah Sunday

Chat Di Sini!
Post Views: 437
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?