Majalah Sunday

Misteri Sumur Gede Kramat Jakarta

Penulis: Siti Khofifah Rahmawati-Unj 

Sunners kalian tau gak si, bahwa ada peninggalan yang ada sampai sekarang loh yang berupa sumur tua dan berada di daerah Jakarta Barat, lebih tepatnya di Kampung Prepet, dan sumur tua ini berada disekitar lingkungan warga kampung tersebut loh!

MISTERI SUMUR GEDE KRAMAT JAKARTA

Pada indahnya kota Jakarta, ternyata terdapat sebuah peninggalan di Jakarta yang ternyata masih menyimpan sebuah misteri, yang masih terbentuk sebagai sumur tua yang berada di kota Jakarta Barat, Kalideres, Kampung Prepet. Sumur yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, ternyata masih ada dan masih terdapat wujudnya, sumur ini berada ditengah-tengah padatnya pemukiman warga Kalideres, warga sekitar mempercayai akan bersejarahnya sumur tersebut, karena cerita-cerita dari nenek moyang mereka yang menceritakan tentang sumur tersebut dan sekarang telah dirawat oleh warga agar sumur tersebut tidak hilang sejarahya. Sumur tersebut mempunyai nama yaitu “Sumur Gede Kramat”.

Sumur Gede Kramat merupakan peninggalan zaman dahulu yang meninggalkan banyak misteri. Ingin mengetahuinya? Mari membaca!

Sumur Tua, pict by canva.com

Asal-usul Sumur Gede Kramat Jakarta

Sumur Gede Kramat yang betempat di wilayah Jakarta barat, di Kampung Prepet terdapat sejarah yang tidak akan pernah hilang dari nenek moyang terdahulu, hingga sekarang asal-usul Sumur Gede Kramat ini tidak ada yang tahu pasti kapan Sumur tersebut ada, karena Sumur Gede menurut sejarah ada disaat zaman para Wali yang karena dengan keberkahannya dan ilmunya, terdapat sebuah kejadian didaerah Kampung Prepet yang menjadi tempat Sumur Gede Kramat berlokasi, pada saat itu kampung ini kekeringan tidak ada air sama sekali, tidak ada asupan air yang mereka dapat, dan tidak pula turun hujan saat itu yang sangat amat panjang dan menjadi awal sebuah kisah dahulu hingga menjadi Sumur.

Suatu ketika ada seseorang laki-laki tua yang terlihat sebagai pengemis yang memakai tongkat yang sedang kehausan yang teramat tersiksa karena pada saat itu daerah wilayah yang sekarang menjadi Kalideres sedang kekeringan ekstrem, kakek tersebut pergi berkeliling untuk meminta sebuah air minum, bekeliling berjalan kaki dari kampung satu ke kampung yang lainnya, akan tetapi tidak ada yang memberikannya minum, tibalah kakek tongkat tersebut di kampung yang dinamai Kampung Prepet, kampung yang kakek tersebut datangi menjadi kampung pertama yang memberikan beliau air walau kampung itu sedang kekeringan, dengan hati yang bergembira dan dengan Ikhlas pula orang yang memberikan minum untuk kakek tua itu, sang kakek menancapkan tongkat yang beliau kenakan ke bumi, yang kemudian tanpa disangka keluar air yang deras, dan jadilah Sumur Gede tersebut dimana tongkat itu masuk kedalam dasar sumur. Kakek tersebut dipercayai sebagai Wali Allah yang menyamar sebagai kakek tua sebagai pengemis. Sejarah ini ada jauh sebelum kemerdekaan Indonesia dan sejarah ini tetap terjaga oleh orang terdahulu hingga sekarang, sehingga warga sekitar mengetahui sejarah tersebut. Suatu ketika sumur tersebut akan direnovasi agar terlihat lebih rapi, sehingga sumur tersebut airnya dikeluarkan oleh warga, warga yang turun kebawah untuk mengambil air yang dipaling dasar mengetahui suatu hal dimana dasar aumur itu adalah sebuah marmer yang memiliki sebuah lubang kecil mengeluarkan air, setelah dikeluarkan air dari sumur tersebut. Sumur itu mengeluarkan air dan membuat sumur kembali memiliki banyak air dan sumur tersebut tidak pernah kekeringan.

Terdapat Penunggu Di Sumur Gede Kramat

Pada Sumur Gede Kramat ini terdapat sebuah pohon yang sangat besar, sejuk dan memiliki buah yang manis, pohon itu dinamai “Pohon Serut” pohon yang tidak pernah bisa ditebang oleh warga sekitar, jadi pohon dan sumur tersebut saling berdampingan. Sumur Gede Kramat ini tidak terlepas dari cerita mistis, dimana sering terlihat atau tidak sengaja terlihat oleh warga sekitar terdapat kuda, seorang kakek dan macan putih yang sedang menunggu sumur itu, akan tetapi para penunggu yang terdapat di sumur tersebut tidak pernah mengganggu warga sekitar dan tidak pernah berbuat sesuatu hal yang jahat.

Dipercayai Mempunyai Air Yang Mujarab

Sumur Gede ini tidak terlepas dari penglihatan warga yang tingal di dekat sumur maupun di kampung lainnya dimana air ini dipercaya mempunyai air yang mujarab untuk menyembuhkan suatu penyakit, dimana pernah seseorang yang yang sakit mata diteteskan air tersebut tidak sampai satu hari mata tersebut sudah sembuh, dan banyak pula warga sekitar yang mandi di Sumur Gede Kramat tersebut. Akan tetapi sekarang Sumur Gede ditutup bagian yang terbukanya karena untuk jaga-jaga supaya tidak ada yang tercebur didalam sana, dan dirawat dengan baik oleh warga sekitar.

*****

Nah, itu tadi pembahasan tentang Misteri Sumur Gede Kramat yang ada di Ibu Kota Jakarta Barat. Sunners! Semoga infonya ini bisa menambah wawasan kalian, ya! Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya, see you!

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 26
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?