Majalah Sunday

Misteri Pulau Nusakambangan,
Penjara Paling Mengerikan di Indonesia

Penulis: Pelangi Adelia Primadiani – Universitas Kristen Indonesia

Di tengah pesona alam Indonesia yang indah dan menakjubkan, ada sebuah pulau misterius yang isinya banyak sekali penjara dan tahanan, loh! Yap, namanya adalah Pulau Nusakambangan. Apa yang pernah kamu dengar tentang pulau ini nyatanya menyimpan misteri yang mengerikan.

Pulau Nusakambangan Masih Memiliki Misteri Hingga Saat Ini

Berita apa yang pernah kamu dengar tentang misteri pulau satu ini? Pict by canva.com

Sejarah Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan adalah sebuah penjara yang terletak di Jawa Tengah yang dibangun sejak tahun 1905. Penjara ini dikenal sebagai “Alcatraz-nya Indonesia” karena kemiripannya dalam memiliki reputasi sebagai penjara dengan keamanan yang tertutup dan penjagaannya yang sangat ketat. Penjara ini berisi para penjahat terkenal, koruptor, pengedar narkoba, teroris, dan mereka yang terkena hukuman penjara seumur hidup ataupun hukuman mati. 

Masing-masing penjara dirancang untuk menampung sekitar 700 tahanan. Saat ini, hanya terdapat empat fasilitas penjara yang sedang beroperasi, dengan tingkatan keamanan yang berbeda-beda yaitu Permisan, Batu, Besi, dan Kembang Kuning. 

Secara kebersihan, pulau ini dikenal sebagai salah satu pulau terbersih di Indonesia. Kehidupan hayati sangat terjaga, hutan bakau yang masih alami dan banyak sekali populasi hewan buas seperti ular kobra, macan kumbang, macan tutul, babi hutan dan lain-lain, karena kegiatan berburu yang sangat terbatas. Jadi, kalau ada narapidana yang nekat dan berhasil melarikan diri, mereka mungkin tidak akan selamat karena akan diserang oleh hewan-hewan buas yang ada di pulau ini. 

Mitos di Pulau Nusakambangan

Pulau ini digambarkan sebagai pulau yang memancarkan aura misterius dan menakutkan. Lingkungannya yang dikelilingi oleh ombak laut yang ganas dan ditumbuhi pepohonan tinggi semakin memperkuat kesan tersebut. Di samping itu, pulau ini juga menjadi tempat berkembangnya mitos-mitos menarik yang dengan cepat menyebar di kalangan masyarakat, dan sangat dinikmati oleh para pendengarnya. 

Sosok Bethari Durga

Penjara Nusakambangan digambarkan sebagai pulau yang menakutkan dan misterius. Karena keterbatasan akses dan lokasinya, membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk menjadi rumah bagi para makhluk halus, salah satunya bernama Bethari Durga. 

Bethari Durga adalah sosok roh yang mempunyai kekuatan luar biasa dan menjadi penjaga setia pulau ini. Konon katanya, setiap menjelang tengah malam, Bethari Durga akan terlihat bergerak di antara pepohonan dengan angin sebagai teman setianya. Bethari Durga  dipercaya memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan antara dunia manusia dan dunia makhluk halus.

Tulang Manusia

Sebuah gundukan tulang belulang manusia yang menyeramkan ditemukan terkubur di kedalaman gua besar yang hanya memiliki pintu masuk yang sempit, hal itu berhasil mengundang rasa keheranan dan pertanyaan masyarakat setempat tentang asal-usul tulang tersebut.

Ular Raksasa

Dikarenakan lokasinya yang ada di kawasan hutan lebat, tidak dapat disangkal bahwa banyak hewan buas yang memilih untuk menetap di pulau ini. Namun, menariknya, di antara mereka terdapat sebuah ular raksasa purba yang memiliki usia mencapai ratusan tahun, dengan tubuh berdiameter sekitar 1 meter dan panjang yang mencapai 30 meter. Hal itu pun menjadi cerita dari mulut ke mulut dan rahasia umum masyarakat sekitar dan belum ada kejelasan lagi tentang ular tersebut.

apa yang kamu bayangkan jika bertemu ular raksasa saat berkunjung ke pulau nusakambangan

Apa yang kamu bayangkan jika bertemu ular raksasa? Pict by canva.com

Kawuk

Kawuk, masih menyimpan teka-teki yang belum terpecahkan hingga saat ini. Kawuk termasuk ke dalam kategori hewan yang memiliki ikatan dengan komodo dan biawak, namun ukuran tubuhnya jauh lebih besar. Kawuk biasanya berjaga-jaga di sekitar penjara, menunggu untuk memakan narapidana yang berkeliaran atau yang sudah meninggal. 

Konon katanya, kawuk adalah jelmaan seorang manusia yang dahulu mendalami ilmu hitam, hingga kematiannya yang kemudian menjadikannya sebagai Kawuk. Meskipun begitu, keberadaan Kawuk sendiri masih menjadi misteri tanpa bukti yang pasti. Beberapa orang berpendapat bahwa cerita Kawuk semata diciptakan untuk mengintimidasi para tahanan Nusakambangan agar tidak berani melarikan diri.

Lembah Kematian

Di dalam pulau ini ada salah satu tempat yang sangat populer di kalangan masyarakat, yaitu Lembah Nirbaya. Lembah Nirbaya menjadi tempat dimana biasanya narapidana di eksekusi mati dan ada juga desas-desus bahwa beberapa narapidana yang tidak dijemput atau tidak dikenali oleh keluarga mereka akan dimakamkan di lembah ini. Biasanya pelaksanaan eksekusi mati itu dilakukan pada saat tengah malam menggunakan tiang kayu yang sudah tersedia yang tertanam kokoh di tengah lahan yang sepi.

Beberapa narapidana terkenal yang pernah di eksekusi mati di lembah ini adalah tiga narapidana kasus Bom Bali I pada tahun 2008, Amrozi, Imam Samudra, dan Ali Gufron. Dua narapidana kasus narkoba asal Nigeria, Samuel Iwuchukwu Okoye dan Hansen Anthony Nwaolisa. Kemudian pada tahun 2016 disusul oleh dua narapidana kasus Bali Nine, Myuran dan satu narapidana kasus gembong narkoba, Freddy Budiman.

Karena merupakan tempat peristirahatan terakhir dari banyak narapidana, dengan lingkungan yang menakutkan dan suasana yang suram, tidak mengherankan jika banyak masyarakat setempat yang mempercayai adanya mitos di lembah ini. Seperti, banyak masyarakat yang mendengar suara orang menangis menjerit meminta tolong.

Misteri Pulau Nusakambangan Tentu Menjadi Sebuah Legenda yang Mengerikan

Bagaimana pendapatmu tentang misteri pulau satu ini? Pict by canva.com

Ingin Mencoba Berwisata Mistis di Pulau Nusakambangan?

Dengan daya tarik yang tidak ada duanya dan aura misterius yang bikin penasaran, Pulau Nusakambangan sudah lama menjadi pusat perhatian, nih! Bukan hanya karena cerita narapidana yang ada di sana, namun juga karena terdapat mitos-mitos yang menempel di dalamnya. Walaupun belum bisa dibuktikan kebenarannya, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa kedua hal tersebut telah memberikan warna dan keunikan tersendiri bagi Pulau Nusakambangan. Jadi, apakah kalian ingin mencoba berkunjung ke Pulau Nusakambangan?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Hati-hati, kisah yang kamu baca mungkin benar, berwaspadalah! Dapatkan cerita misteri lainnya dari Majalah Sunday.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 249
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?