Majalah Sunday

Miss v Gatal,
Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penulis: Nur Rokhmatul Aziza – Universitas Negeri Surabaya

Miss v merupakan saluran penghubung serviks dengan rahim. Organ reproduksi wanita ini penting untuk dirawat agar tahan terhadap penyakit dan infeksi. Namun bagi sebagian wanita mengalami permasalahan pada miss v seperti gatal-gatal. Akibatnya aktivitas terganggu dan tidak nyaman.  Lalu harus gimana?  Kalo miss v gatal, sunners bisa nih simak penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Miss v Gatal

Miss v gatal bisa timbul karena berbagai hal diantaranya ialah iritasi vagina yang disebabkan pengaruh pemakaian kondom maupun pembalut, infeksi jamur atau bakteri, gejala penyakit menular seksual seperti herpes, klamidia,   gonore, dan berbagai kondisi medis lainnya: stres, menopause, lichen sklerosis, dan kanker vulva . Namun, penting juga nih bagi sunners mengecek miss v bagian mana yang gatal.  Vagina bagian luar dengan tekstur kulit yang ada pori-porinya dengan bulu terlalu tebal dan panjang dapat memicu area kewanitaan lembab sehingga menjadi gatal-gatal. Sedangkan vagina bagian dalam yang mempunyai tekstur licin seperti mukosa atau selaput lendir bibir dapat menimbulkan gatal-gatal dengan disebabkan oleh kelembaban yang berlebihan dan juga infeksi.

Miss v gatal, simak penyebab dan cara mengatasinya!

Kalo miss v gatal, sunners bisa nih simak penyebab dan cara mengatasinya, pict by canva.com

Cara Mengatasi Miss V Gatal

1. Menggunakan Pakaian Dalam Tidak Ketat dan Tetap Menjaga Kebersihan Miss V

Penggunaan pakaian dalam yang ketat bisa memicu vagina gatal lho. Kenapa? Sebab  sirkulasi udara di area vagina wanita terhambat, rasa gatal pun bisa semakin parah. Pakaian dalam yang digunakan lebih baik berbahan katun untuk meningkatkan sirkulasi udara dan tidak lupa rutin menggantinya. Penting juga  menjaga kebersihan miss V dengan membasuhnya menggunakan air bersih atau tisu basah non pewangi saat kencing maupun buang air besar dari bagian depan ke daerah belakang anus agar tidak terinfeksi bakteri yang berasal dari anus. Eitss, jika aktivitas yang dilakukan sunners mengakibatkan banyak keringat mandi minimal 2 kali sehari ya.

2. Menggunaan Produk yang Aman Bagi Miss V dan Mengompresnya Menggunakan Air Dingin

Produk pembersih area kewanitaan berupa sabun terkategori aman jika terdapat kandungan asam laktat yang menjaga pH balance area intim (3,5–4,5) dan tambahan bahan alami daun sirih sebagai antimikroba. Lalu produk yang perlu dihindari ialah vaginal douche maupun sabun antiseptik yang berbahaya dan mengandung parfum. Vaginal douche merupakan cairan khusus yang berfungsi untuk membersihkan sisa darah menstruasi atau setelah berhubungan seksual agar vagina tidak berbau. Cairan tersebut  tidak dianjurkan digunakan dan lebih baik membersihkannya menggunakan air saja. Selain itu sunners bisa lho mengompres area vagina selama 10 menit menggunakan air dingin dan handuk bersih sampai rasa gatal di miss V mereda. Namun, pastikan untuk menjaga vagina tetap kering setelahnya.

3. Mengganti Pembalut atau Pentylener

Tahukan sunners apa akibat jika terlalu lama tidak mengganti pembalut atau pentylener? Yaps Miss v bisa gatal-gatal. Membiarkan pembalut atau pentylener pada miss V terlalu lama tidak baik, khususnya sekitar 6 jam lebih  dapat menyebabkan  pertumbuhan bakteri  jahat. Begitu juga penggunakan pentylener maupun pembalut berukuran kecil sebaiknya diganti lebih awal (idealnya tiap 4-6 jam). Hal ini juga tergantung dari kualitas bahan pembalut yang digunakan.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi miss v yang gatal.  Jika sunners mengalami gatal-gatal pada area miss v yang berkelanjutan disertai dengan keputihan dan perih saat buang air kecil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat ya.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 121
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?