Majalah Sunday

Merokok Tidak Membuat Kita Terlihat Keren, Kenali Bahaya Rokok

Dewo Pandoyo – Universitas Nasional

Remaja cenderung punya rasa kaingintahuan yang tinggi. Masa remaja merupakan masa perubahan emosi, fisik, minat dan pola perilaku. Sikap keingintahuan yang tinggi pada remaja menimbulkan rasa ingin mengkonsumsi rokok. Banyak sekali pelajar yang mengkonsumi rokok hanya sebatas ingin terlihat seperti orang dewasa bahkan ingin terlihat keren dihadapan teman temannya. Mulai dari sekedar hanya ingin terlihat keren justru bisa menyebabkan ketergantungan untuk mengkonsumsi rokok. Sunners perlu sadari bahwa sikap tersebut adalah sikap yang keliru dan bisa merugikan bagi kesehatan kalian, Kandungan yang terdapat pada rokok sangatlah berbahaya untuk dikonsumsi. yuk kita bahas mengapa banyak anjuran tentang bahaya rokok bagi kesehatan.

rokok berbahaya untuk kesehatan, pict by canva.com

Bahaya Rokok terhadap Kesehatan

Merokok telah menjadi kebiasaan yang merugikan kesehatan manusia sejak ditemukannya tembakau. Meskipun banyak kampanye anti-rokok dan informasi kesehatan yang tersedia, masih banyak individu yang terjebak dalam kebiasaan ini tanpa menyadari dampak negatifnya.

Rokok adalah penyebab utama penyakit paru-paru, termasuk bronkitis kronis dan emfisema, karena zat beracun dalam rokok merusak jaringan paru-paru dan menyebabkan penurunan fungsi pernapasan. Selain itu, merokok juga menjadi faktor utama penyebab kanker paru-paru. Sunners perlu ketahui Kandungan nikotin dan karbon monoksida dalam rokok meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah, hal ini dapat mengakibatkan serangan jantung, stroke, dan masalah kardiovaskular lainnya

Selain itu rokok dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi dan mulut, termasuk gigi berwarna kuning, gusi berdarah, dan penyakit gusi, kondisi ini tidak hanya merugikan estetika tetapi juga kesehatan umum mulut. Nikotin, zat adiktif dalam tembakau, dapat menyebabkan ketergantungan fisik dan psikologis. Kesulitan berhenti merokok dapat menjadi tantangan besar bagi banyak orang, bahkan ketika mereka menyadari risiko kesehatan yang terlibat.

Dampak buruk bagi Lingkungan

Selain berbahaya terhadap Kesehatan, rokok juga memiliki pengaruh negatif terhadap lingkungan. Produksi rokok dan pembakaran tembakau menghasilkan limbah dan polusi udara. Rokok yang dibuang bisa mencemari lingkungan, terutama air, dengan bahan kimia berbahaya.

Merokok juga dapat merugikan orang orang di lingkungan sekitar kita, mereka bisa jadi perokok pasif atau dikenal sebagai paparan asap rokok kedua. Kondisi di mana individu yang tidak merokok terpapar asap rokok yang dihasilkan oleh perokok di sekitarnya. Meskipun mereka tidak langsung menghisap atau mengkonsumsi rokok, orang-orang ini tetap terkena dampak kesehatan yang serius. Jadi buat para sunners yang sudah kebiasaan mengkonsumsi rokok, yuk dicoba untuk berhenti karena bisa merugikan diri sendiri dan lingkungan kalian.

Tips agar tidak terjerumus kebiasaan mengkonsumsi rokok

Buat Sunners, ada beberapa tips nih untuk kalian agar tidak terjerumus kebiasaan mengkonsumsi rokok, karena rokok dapat menyebabkan dampak negatif buat diri kalian dan lingkungan sekitar kalian.

Perbanyak informasi tentang bahaya rokok, dengan menyadari seberapa besar dampak negative yang ditimbulkan dari rokok, dapat membuat kalian menjadi yakin kalau hidup tanpa rokok jauh lebih baik dan menyehatkan kalian.

Lakukan hal hal positif seperti olahraga, membaca, menyalurkan diri pada hobi dan kegiatan lain yang menyehatkan, dengan menyibukan diri pada kegiatan kegiatan tersebut dapat mengurangi rasa keingintahuan terhadap rokok.

Yakinlah bahwa rokok bukanlah satu-satunya sarana pergaulan, dengan tidak merokok kalian tetap bisa membuka pergaulan yang luas dan sehat, justru mengkonsumsi rokok adalah gerbang utama terhadap hal-hal negatif lainnya.

Hindari berkumpul dengan teman teman yang sedang merokok, dengan begitu kalian bisa mengurangi trigger untuk ikut mengkonsumsi rokok, dan jangan malu mengatakan bahwa diri kita bukan perokok.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 108
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?