Majalah Sunday

Menstruasi Tidak Teratur,
Atau Tidak Mens Berbulan-bulan?

Penulis: Nur Anisah – Universitas Negeri Jakarta

Pasti di antara kalian, ada yang pernah mengalami menstruasi tidak teratur bahkan sama sekali tidak mens berbulan-bulan? Menstruasi tidak teratur kerap kali menimbulkan kekhawatiran yang dirasakan oleh wanita yang mengalaminya.

 Menstruasi adalah perubahan alami yang terjadi pada wanita ketika memasuki masa pubertas dengan ditandai adanya pendarahan yang akan terjadi secara berkala dengan dipengaruhi oleh hormon. Siklus menstruasi umumnya terjadi setiap 28 hari dan menstruasi terjadi selama 4-8 hari. Walaupun terkadang masih terdapat beberapa wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur apalagi remaja-remaja yang baru saja pubertas. 

Lalu, apakah kondisi seperti itu normal? Simak penjelasan berikut ya, Sunners!

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan menstruasi tidak teratur. Yuk kita simak:

  • Stres
    Stres berlebihan dapat mengganggu kelancaran hormon yang dihasilkan oleh tubuh. Tubuh yang stres akan memproduksi hormon kortisol secara berlebih dan hormon ini bisa memengaruhi siklus menstruasi.

  • Pola hidup
    Gaya hidup yang nggak sehat bisa ganggu hormon lho, Sunners. Kaya makan makanan cepat saji, gorengan, atau minum soda terus. Kurang makan sayur dan buah juga bisa bikin hormon berantakan. Buat kamu yang lagi puber, kadang datang bulan jadi telat gara-gara hormon belum mateng. Tapi santai aja, pasti lama-lama juga bakal teratur kok, apalagi kamu makin dewasa.

  • Berat badan yang berlebih
    Buat kalian yang berat badannya lebih, pasti sering deh ngalamin datang bulan yang nggak lancar. Bisa telat, bahkan sampai nggak dapet berbulan-bulan. Itu karena kelebihan berat badan bikin hormon estrogen dan insulin jadi nggak seimbang, jadinya siklus haid jadi berantakan. Tapi tenang aja, Sunners, kalian bisa atasi kok. Caranya rutin olahraga, kurangin makanan yang banyak gula, garam, sama tepung.

  • Penyakit kronis
    Kalau sampai berbulan-bulan bahkan tahunan nggak dapet, sebaiknya segera ke dokter. Jangan dibiarkan, ya! Soalnya masalah haid nggak teratur bisa bikin insulin jadi nggak seimbang.

  • Amenore
    Ada dua jenis amenore (nggak dapet haid) nih, Sunners:

    a. Amenore primer: Ini kalau kamu udah 16 tahun tapi belum pernah dapet haid sama sekali. Padahal biasanya remaja putri udah dapet haid mulai 12 tahun.
    b. Amenore sekunder: Ini kalau kamu pernah haid tapi tiba-tiba nggak dapet lagi selama 3-6 bulan, padahal lagi nggak hamil.
    Kalau ngalamin salah satu dari ini, sebaiknya segera periksa ke dokter, ya!

menstruasi tidak teratur terjadi pada remaja

Menstruasi Tidak Teratur Ada Beberapa Penyebab dan Solusinya

Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

No worries, apa yang kamu alami ini, bukanlah akhir dari dunia. Berikut ini cara-cara yang dapat kamu lakukan:

  • Bagi kalian yang kebetulan terlalu gemuk, kalian bisa kok turunin berat badan dengan olahraga, diet, terus konsultasi sama dokter kandungan.
  • Nah, buat kalian yang terlalu kurus, coba deh seimbangkan dulu asupan gizinya. Tambahin konsumsi protein sama karbohidrat yang cukup.
  • Kalau kalian lagi punya penyakit tertentu yang harus minum obat rutin, jangan lupa ya selalu konsultasi sama dokter yang nanganin. Tetep juga tambahin vitamin dan makanan bergizi biar hormonnya bisa balik normal.
  • Yang juga penting, kalian ubah gaya hidup jadi lebih sehat, kelola stres baik-baik, serta pastiin dapat istirahat dan olahraga yang cukup.

Tenang saja, Sunners. Jika di antara kalian ada yang sedang mengalami menstruasi tidak teratur, selama masih dalam batas normal dan wajar, itu hanya disebabkan oleh faktor gangguan hormon. Kalian dapat mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Jika kondisi tidak teratur atau tidak menstruasi berbulan-bulan berlangsung lama, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan untuk diperiksa lebih lanjut.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 45
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?