Majalah Sunday

Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita dan Pria

Penulis: Afifah Putri Utami – Universitas Negeri Jakarta

Banyak dari kita yang masih abai dan lalai dengan kesehatan organ reproduksi, apakah kamu salah satunya, Sunners? Padahal, menjaga kesehatan organ reproduksi baik wanita atau pria adalah suatu hal yang penting. Sebagai seorang remaja terlebih kaum pelajar, kita perlu memperhatikan kesehatan organ tersebut agar tidak menimbulkan penyakit kelamin sehingga tidak mengganggu kesehatan fisik atau mentalmu. Lantas, bagaimana sih cara menjaga kesehatan organ reproduksi wanita dan pria yang benar?

Mengapa Kita Perlu Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi?

Dapat diketahui, jika wanita dan pria mempunyai sistem reproduksi yang berbeda, dari segi bentuk, fungsi, sampai struktur pendukungnya. Organ reproduksi wanita antara lain adalah vagina, rahim, ovarium, saluran tuba (tuba falopi), dan vulva. Sebaliknya, pria memiliki organ reproduksi penis, testis, dan skrotum atau buah zakar. 

Menjaga kesehatan organ reproduksi akan membuatmu jauh dari penyakit kelamin, lho. Karena, baik wanita atau pria, rentan terkena penyakit pada organ reproduksinya. Penyakit paling umum yang diderita oleh pria adalah kanker prostat, kanker testis, kanker penis, dan penyakit lainnya. Sedangkan untuk wanita, penyakit yang paling umum adalah kanker yang di mana sel kanker tersebut dapat merambat ke organ lainnya. Bahaya banget, kan? Jadi, mulai jaga kesehatan organ reproduksimu, ya!

Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi yang Benar untuk Wanita dan Pria

Rentannya penyakit yang diderita akibat lalai menjaga kesehatan organ reproduksi, di bawah ini Mimin akan spill cara-cara yang bisa Sunners lakukan untuk menjaga kesehatan organ reproduksimu. Disimak, ya.

1. Jaga Kebersihan Organ Reproduksi

Pastikan kamu menjaga organ reproduksi dengan benar, ya. Sunners bisa melakukannya dengan cara berikut ini.

  1. Membersihkan alat kelamin setelah buang air kecil atau air besar. Untuk wanita, dari arah depan ke belakang agar kuman di anus tidak masuk ke alat reproduksi.
  2. Memastikan organ kelamin selalu dalam keadaan yang kering (tidak basah dan lembap).
  3. Mengganti celana dalam setiap hari minimal dua kali dengan bahan yang mudah menyerap keringat.
  4. Untuk pria, pertimbangkan disunat agar tidak ada penumpukan kotoran pada kulup sehingga tidak ada infeksi bakteri di penis.

Baca juga: Rawat Miss V, Sebaiknya Pakai Sabun atau Air?

Jaga organ reproduksimu, salah satu caranya dengan mengganti dan menggunakan celana dalam dengan bahan mudah menyerap keringat, pict by canva.com

2. Jaga Pola Makan dan Hidup Sehat

Dengan menerapkan pola makan dan hidup sehat, tentu saja kesehatan fisik maupun mentalmu akan terjaga, begitu juga dengan kesehatan organ reproduksimu. Perbanyak konsumsi makanan sehat yang tinggi gizi seperti makanan berprotein, sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, tahu atau tempe dan mengandung banyak karbohidrat seperti gandum serta zat besi.

Cara menjaga pola hidup sehat seperti misalnya mengurangi atau berhenti merokok, olahraga secara teratur (minimal 15 sampai 30 menit dalam sehari), tidak minum minuman beralkohol, istirahat yang cukup, dan tidak terlalu stress.

jaga pola makan dan hidup sehat agar bisa menjaga kesehatan organ reproduksi

Jaga pola makan dan mulailah hidup sehat agar organ reproduksimu selalu baik-baik saja, pict by canva.com

3. Hindari Seks Bebas

Agar tidak menularkan penyakit kelamin, jangan melakukan seks bebas, ya, Sunners! Menghindari seks bebas juga akan mencegah kehamilan dini yang tidak direncanakan. Tapi, sebagai bekal untukmu nantinya, Mimin akan spill cara melakukan seks yang aman dan bisa menjaga kesehatan organ reproduksimu.

  1. Penggunaan alat kontrasepsi, seperti kondom dan pil KB.
  2. Tidak mempunyai banyak pasangan seks (tidak gonta-ganti).
  3. Jaga kebersihan organ reproduksi saat sebelum dan sesudah berhubungan seks.
  4. Meninjau riwayat seksualmu dan pasanganmu.
  5. Melakukan pengecekan rutin terhadap penyakit kelamin.
menghindari seks bebas untuk menjaga kesehatan organ reproduksi

Gunakan alat kontrasepsi saat sedang berhubungan badan untuk menghindari tertular penyakit kelamin, pict by canva.com

Apa Dampak Jika Tidak Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi?

Tentu ada dampak yang dihasilkan jika kamu tidak menjaga kesehatan organ reproduksi dengan baik. Sebagai contoh, Sunners bisa saja mengalami masalah kesuburan yang menyebabkan kemandulan. Eits, mandul bisa terjadi oleh wanita dan pria, lho. Nantinya, kamu akan sulit memiliki keturunan. Selain itu, ada beberapa penyakit kelamin yang akan diderita. Seperti sifilis, HIV, gonore, dan sebagainya.

Baca juga: Cari Tau Apa Itu Penyakit Sifilis Penyakit Kelamin yang Dijuluki Raja Singa

Nah, Sunners. Tentu kamu tidak mau hal-hal buruk terjadi padamu karena abai dan lalai dalam menjaga kesehatan organ reproduksi, kan? Selagi kita masih bisa mencegahnya, lebih baik kita cegah dengan mulai menerapkan 3 cara di atas, ya. Jika kamu memiliki dan merasa sakit atau kurang nyaman pada organ reproduksimu, jangan takut untuk melakukan pemeriksaan  kepada dokter, Sunners! Semoga kita semua terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya dan mengerikan itu, ya.

Baca juga: Penting! Ini Cara Merawat Vagina Agar Tetap Sehat

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 134
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?