Majalah Sunday

Cara Mengenali Kelebihan dan Kekuranganmu

Penulis: Tomi – Universitas Kristen Indonesia
Editor: Afifah Putri Utami – Universitas Negeri Jakarta

Kamu masih belum sepenuhnya mengenali diri sendiri? Seringkali kita acuh tak acuh atau kurangnya keinginan untuk mengenali seperti apa karakter di dalam diri. Lantas, bagaimana cara mengenali diri agar dapat mengenali kelebihan dan kekuranganmu?

Sunners mungkin sudah mencoba mencari informasi mengenai tips mengenali kelebihan dan kekurangan lewat berbagai media. Tetapi jawaban yang diberikan tidak menjawab apa yang kamu harapkan. Hal tersebut jangan disesali apalagi sedih, karena itu adalah awal yang baik. Dengan membiasakan diri untuk mencari tahu, maka proses untuk sedikit mengenali sudah kamu dapatkan.

Cara Mengenali Kelebihan dan Kekuranganmu

Mimin akan spill tips cara mengenali kelebihan dan kekurangan dalam dirimu,. Disimak, ya! 

1. Refleksi Diri

Refleksi diri membawa kita pada ruang lingkup yang benar-benar sendiri tanpa siapa pun. Mengingat semampu mungkin apa yang bermanfaat dan tidak bermanfaat yang sudah kamu lakukan bagi orang lain. Kalau kamu merasa banyak yang kurang atau tidak bermanfaat, usahakan jangan berhenti di situ, tapi mencoba untuk lanjut berefleksi. Berjuang untuk berpikir ringan bahwa manusia adalah makhluk ciptaan, sehingga lebih kurangnya Tuhan yang adil. Setelah merasa nyaman tuliskan dalam buku apa yang bermanfaat dan apa yang tidak.

Bisa juga dengan cara melakukan semua kegiatan yang disukai. Dengan begitu, nantinya akan lebih mudah mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dalam dirimu.

Lakukanlah refleksi dan evaluasi diri agar kamu mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dalam dirimu, pict by canva.com

2. Bertanya Kepada Orang Tua

Untuk kamu yang merasa sungkan karena berpikir jika orang tua pasti merasa lelah atau memang kurang suka jika berbagi cerita dengan mereka, Sunners perlu menuntut diri. Setidaknya, minta orang tuamu untuk berbagai cerita mengenai tumbuh kembangmu hingga saat ini. 

Jika orang tuamu sudah memberikan penilaian mereka, dengan begitu Sunners akan intropeksi diri lagi. Mulai timbul perasaan untuk menunjukkan atau melakukan semuanya sebaik mungkin tanpa membuat mereka kecewa.

3. Bertanya Kepada Teman

Mintalah penilaian dalam dirimu kepada temanmu. Tidak hanya teman baikmu, bisa juga dengan bertanya kepada orang yang membencimu atau teman yang kamu benci. Saat memulai percakapan dengan teman yang kamu benci, kamu harus bersikap jujur terlebih dahulu padanya. Sampaikan permintaan maaf jika kamu merasa ada salah. Kalau merasa tidak ada, sampaikan saja kalau kamu ingin curhat dengannya. Bila dia tidak berkenan, anggap saja bahwa mungkin sedang sibuk dan ada masalah juga yang harus dihadapi. Jalinlah komunikasi dengan baik kepada siapapun tanpa melihat latar belakang kehidupannya. 

berbicara kepada temanmu sebagai cara mengenali kelebihan dan kekuranganmu

Bertanyalah kepada orang tuamu agar kamu mendapat perbandingan antara dirimu yang sekarang dan dirimu di masa lalu, pict by canva.com

4. Berdoa Kepada Tuhan

Kalau Sunners merasa dan berpikir jika rasanya doamu belum didengar oleh Tuhan, tetaplah berusaha berdoa kepada-Nya. Biasanya, setelah banyak pertanyaan dan jawaban yang kamu sampaikan, Sunners akan merasa jika Tuhan akan menjawab doamu. Tidak tahu seberapa lama atau seberapa cepat prosesnya, nikmati dan syukuri saja. Anggaplah jika ini sebagai proses tumbuh kembangmu untuk menjadi lebih baik lagi.

Bagaimana, Sunners? Sudah merasa lebih mengetahui apa kelebihan dan kekuranganmu setelah membaca beberapa cara di atas? Pada dasarnya, kelebihan dan kekurangan dalam dirimu dapat mengalami perubahan yang cepat, tergantung pada kondisi lingkungan di mana kamu berada, sehingga ada kaitanya dengan kebiasaan setiap orang. Maka, setiap kamu yang mau memiliki banyak kelebihan, banyaklah menghabiskan waktu di lingkungan yang baik. 

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 911
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?