Majalah Sunday

Mengenal Penyakit Kaligata (Biduran): Penyebab, Cara Mencegah dan Mengatasinya

Penulis: Adilla Safitri – Universitas Negeri Jakarta
Editor: Pelangi Adelia Primadiani – Universitas Kristen Indonesia

Sunners, kalian pernah enggak tiba-tiba mengalami gatal-gatal dan bentol di kulit? Pasti rasanya enggak enak banget kan? Hati-hati loh bisa jadi itu gejala dari penyakit kaligata. Kira-kira apa sih penyebabnya dan gimana sih cara ngatasinnya?

Badan terasa gatal dan bentol karena penyakit kaligata?, pict by canva.com

Penyebab Penyakit Kaligata

Kulit memang sangat rentan mengalami gangguan berupa rasa gatal, sebab kulit adalah bagian tubuh terluar yang membungkus keseluruhan organ tubuh kita. Penyebab rasa gatal tersebut bermacam-macam, bisa karena gigitan serangga, alergi, eksim (kulit kemerahan, kering, dan bersisik), ataupun penyakit kaligata.

Penyakit ini merupakan kondisi ketika terdapat ruam kemerahan yang menonjol seperti bentol dan disertai rasa gatal. Ruam serta bentol yang muncul awalnya hanya sedikit, lalu menyebar hingga menjadi lebih besar. Gangguan pada kulit ini menyerang sekitar 20% orang. Setidaknya dalam sekali seumur hidup, setiap orang pasti pernah mengalami biduran atau kaligata.

Lalu, apa yang menjadi penyebab timbulnya gangguan tersebut? Kaligata bisa terjadi karena tubuh bereaksi pada alergen (zat yang menyebabkan alergi) atau pemicu lainnya sehingga membuat tubuh melepaskan protein histamin di bawah permukaan kulit. Penumpukan cairan protein tersebut lah yang menjadi penyebab munculnya ruam kemerahan dan rasa gatal pada kulit. Dilansir dari sehatq.com, berikut adalah beberapa pemicu biduran atau kaligata, yakni di antaranya:

  • Mengonsumsi obat-obatan, termasuk juga antibiotik
  • Berada pada suhu yang terlalu panas atau dingin
  • Mengonsumsi makanan tertentu, seperti kacang, makanan laut, telur, susu dan gandum, atau salisilat
  • Tergigit atau terkena serangga
  • Mengalami stress emosional
  • Menderita penyakit kronis seperti tiroid, hepatitis, lupus, serta rematik

Cara Mencegah Penyakit Kaligata

Untuk mencegah kulit kita dari penyakit ini yaitu dengan menghindari penyebab atau pemicunya, seperti yang telah disebutkan di atas. Penyakit ini biasanya dapat sembuh sendiri setelah beberapa waktu. Namun, jika merasa sangat terganggu dengan rasa gatalnya, kalian dapat melakukan beberapa cara, yaitu:

  • Mengompres kulit dengan air es atau air dingin
  • Menggunakan losion kalamin atau mengoles kulit dengan lidah buaya
  • Gunakan pakaian yang longgar dan ringan
  • Mengonsumsi obat antihistamin
  • Hindari kulit dari sesuatu yang panas

Jika penyakit ini terjadi dalam kurun waktu yang lama (lebih dari enam minggu), maka ada baiknya langsung berkonsultasi ke dokter, sebab bisa saja hal itu merupakan gejala dari penyakit kaligata akut yang dapat menyebabkan komplikasi.

Sunners, itulah beberapa informasi mengenai gangguan gatal pada kulit yakni biduran atau kaligata. Jika Sunners mengalaminya, jangan ragu untuk mengikuti saran di atas ya. Semoga bermanfaat!

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 581
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?