Majalah Sunday

Mengenal Chlamydia:
Penyakit Menular Akibat Seks Bebas

Penulis: Rafi Al-Hakim – Universitas Negeri Jakarta

Sunners, Chlamydia merupakan salah satu infeksi menular seksual yang paling umum ditemukan yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini biasanya ditularkan melalui aktivitas seksual. Yuk kita simak dan mengenal Chlamydia, penyakit menular akibat seks bebas.

Mengenal Chamydia

Menurut sumber dari laman Klikdokter.com, Chlamydia merupakan salah satu infeksi menular seksual yang paling umum ditemukan yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini biasanya ditularkan melalui aktivitas seksual. Seorang perempuan memiliki risiko tertular sebesar 25% saat berhubungan intim dengan laki-laki yang terinfeksi. Bakteri Chlamydia menginfeksi sel epitel yang berbentuk kolom sehingga remaja perempuan memiliki risiko tinggi tertular karena adanya daerah peralihan squamocolumnar pada serviks bagian luar hingga menginjak usia dewasa.

Infeksi ini dapat menyebar karena tidak sering tidak menimbulkan gejala sehingga dapat mudah ditularkan. Faktanya, sekitar 75% perempuan dan 50% laki-laki mengalami infeksi chlamydia namun tidak menunjukkan gejala.

Mengenal Chlamydia: Penyakit Menular Akibat Seks Bebas

Gejala Chamydia

Sekitar 40% perempuan memiliki penyakit menular ini dan 20% laki-laki. Berikut merupakan gejala-gejala yang muncul jika mengidap penyakit Chlamydia:

Gejala Chamydia pada perempuan

  1. Pendarahan atau flek ketika haid
  2. Keputihan yang berbau
  3. Terasa gatal pada area vagina
  4. Terasa panas pada area vagina
  5. Perut terasa nyeri dan demam

Gejala Chamydia pada laki-laki

  1. Terasa gatal pada ujung penis
  2. Pembengkakan testis
  3. Keluarnya cairan keruh pada penis
Mengenal Chlamydia: Penyakit Menular Akibat Seks Bebas

Sunners, penyakit Chlamydia ini bisa menular tanpa adanya tanda-tanda secara langsung. Penyakit ini bisa dicegah menggunakan antibiotika, namun mengingat infeksi dapat muncul tanpa gejala, pencegahan merupakan hal yang paling penting. Gunakan kondom setiap berhubungan intim dan hindari berganti-ganti pasangan.

Mengenal Chlamydia: Penyakit Menular Akibat Seks Bebas

Itulah informasi mengenai penyakit Chlamydia. Sebuah penyakit penyakit menular seksual yang ditularkan melalui hubungan seks tanpa menggunakan kondom. Sebagian besar pengidap chlamydia didominasi oleh kaum perempuan yang berusia muda. Namun, baik laki-laki maupun perempuan segala usia pun bisa terkena Chlamydia. Semoga membantu ya!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 129
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?