WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mengenal Apa Itu SNMPTN dan SBMPTN

Halo Sunners, bagaimana rencanamu setelah lulus sekolah?

Beberapa dari kamu mungkin sudah memiliki rencana yang matang untuk masa depan setelah lulus. Ada yang berniat untuk memilih melanjutkan karier dengan bekerja dan ada juga yang sedang mempersiapkan untuk masuk berkuliah di Perguruan Tinggi.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan untuk berkuliah, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja jalur masuk untuk mendaftar Perguruan Tinggi yang kamu inginkan dan syarat-syarat yang perlu kamu siapkan. 

Dari sekian jalur masuk, SNMPTN dan SBMPTN menjadi jalur yang tidak asing lagi, karena dua jalur tersebut masih menjadi favorit bagi calon mahasiswa. 

Yuk kenali terlebih dahulu apa itu SNMPTN dan SBMPTN.

Apa Itu SNMPTN?

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN merupakan jalur masuk PTN yang diselenggarakan oleh LTMPT, dengan menggunakan nilai rapor semester 1-5 sebagai syarat utama penilaian. 

Jalur SNMPTN sering juga disebut dengan jalur undangan, karena PTN akan lebih tertarik  dan menerima calon mahasiswa yang memiliki nilai akademis tinggi. Bisa dibilang, SNMPTN ini diperuntukan bagi siswa yang memiliki prestasi baik. Sehingga siswa tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran.

Untuk memilih program jurusan, SNMPTN memiliki ketentuan yang perlu kamu ketahui. Kamu dapat memilih dua program jurusan dari satu atau dua perguruan tinggi. Jika kamu memilih dua program jurusan, maka salah satu PTN harus berada di daerah yang berlokasi sama dengan sekolah asalmu. Tapi jika kamu hanya memilih satu program jurusan, kamu bebas untuk memilih PTN yang berlokasi dimanapun. 

Urutan dalam pemilihan program jurusan pun sangat penting. Jurusan pertama yang kamu pilih memiliki prioritas lebih tinggi dibandingkan jurusan pilihan kedua. Selain itu, dalam menentukan jurusan juga harus sesuai dengan bidang yang kamu miliki di sekolah asalmu. LTMPT menghimbau untuk tidak melakukan lintas jurusan. Maka dari itu, sebelum memilih program jurursan tentunya kamu perlu untuk cek terlebih dahulu jurusan yang kamu tuju nantinya.

Syarat-syarat SNMPTN:

  1. Calon mahasiswa merupakan siswa SMA/MA/SMK/sederajat kelas 12 yang memiliki prestasi.
  2. Memiliki nilai akademik yang memenuhi persyaratan masing-masing PTN.
  3. Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS.
  4. Mencantumkan nilai rapor semester 1-5 di PDSS.
  5. Melampirkan portofolio bagi yang memilih program jurusan bidang seni dan olahraga.

Apa Itu SBMPTN?

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN juga merupakan jalur masuk PTN yang diselenggarakan oleh LTMPT, jalur ini dilakukan serentak secara nasional dan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat utama penilaian. Kamu juga akan melampirkan portofolio sesuai dengan program jurusan pilihanmu sebagai kriteria penilaian tambahan.  

Berbeda dengan SNMPTN yang menyaring calon mahasiswa melalui nilai rapor. Tujuan SBMPTN yaitu memberi kesempatan bagi calon mahasiswa melalui ujian tulis sehingga didapatkan calon mahasiswa yang diprediksi dapat menyelesaikan studi tepat waktu, berdasarkan nilai prestasi yang diraih pada ujian tulis. 

Ketentuan peserta yang dapat mengikuti ujian SBMPTN yaitu siswa SMA/MA/SMK/sederajat yang dinyatakan lulus atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya. Maka dari itu, ujian SBMPTN 2021 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2020, dan 2019. 

Ketentuan biaya pendaftaran SBMPTN ini berbeda setiap tahunnya. Biaya pendaftaran kelompok ujian Saintek dan Soshum tahun 2021 sebesar Rp200.000, sedangkan untuk kelompok campuran sebesar Rp300.000. Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya UTBK. Tapi jika kamu calon peserta KIP kuliah, maka kamu tidak akan dipungut biaya pendaftaran. 

Untuk mengetahui alur pendaftaran SBMPTN kamu dapat mengunjungi laman resmi LTMPT dan registrasi akun LTMPT. Persiapkan syarat registrasimu yaitu NISN, NPSN, dan tanggal lahir.

 

 

Penulis: Dwi Puji Lestari – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment