WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mengapa Kita Tidak Boleh Memakai Handuk yang Sama untuk Badan dan juga Wajah?

Banyak dari kita, pasti hanya menggunakan satu handuk yang sama untuk mengeringkan tubuh dan wajah sehabis mandi. Tapi tahukah Sunners kalau kebiasaan ini kurang baik untuk kesehatan? 

Selama ini yang kita tahu hanya bagaimana cara menjaga agar kulit tetap terawat dengan baik. Menjalankan langkah demi langkah, menggunakan banyak produk yang terbukti bisa menghilangkan semua kotoran yang ada di tubuh dan juga wajah, tetapi jarang sekali kita membahas tentang hal yang selalu kita anggap sepele seperti mengeringkan tubuh –badan dan wajah yang baik dan benar. Kebiasaan menggunakan handuk yang sama untuk mengeringkan tubuh –badan dan juga wajah harus segera dihentikan. Bakteri yang berasal dari tubuh bisa berpindah ke wajah, dan juga sebaliknya, hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan kita Sunners

“Bakteri yang menempel di kulit lengan, kaki, dan bahu secara spesifik diperuntukkan untuk area-area tersebut. Jika menggunakan handuk untuk mengeringkan tubuh, kemudian dipakai untuk wajah, semua bakteri, virus, dan jamur akan mengenai wajah,” penjelasan Christopher Mason, Ph.D, asisten dosen di departemen psikologi dan biofisika.

Produk yang kita pakai di tubuh, seperti pelembab, parfum, dan produk rambut seperti shampo atau conditioner tidak baik jika mengenai wajah karena bisa menyumbat pori-pori, yang berakhir menimbulkan jerawat, bahkan iritasi atau ruam. Belum lagi jika handuk kita terkena sisa make up, kotoran atau cairan yang kita tidak tahu dari mana asalnya. Nah, sekarang kalian sudah tahu kan kalau kebiasaan yang biasa kalian lakukan ini tidak baik. Jadi mulai sekarang, biasakan untuk memakai handuk yang berbeda untuk badan dan wajah. Kalau kalian ingin menggunakan handuk yang berbeda untuk mengeringkan rambut juga boleh loh, handuk jenis ini sudah banyak dijual. Jangan lupa untuk selalu pastikan sebelum kalian pakai, handuk sudah dijemur hingga kering dan selalu menggantinya maksimal setiap seminggu sekali. 

 

Mutia Azura Hersta | Politeknik Negeri Media Kreatif

Leave A Comment