Majalah Sunday

Mengalami Overthinking Disorder,
Bagaimana Mengatasinya?

Penulis: Cantika Cahyaning Arifin – SMAN 4 Probolinggo

Sunners, sering gak sih tiba-tiba overthinking waktu malam hari? Kepikiran dengan tugas tugas ataupun masalah dengan orang lain? Sampai akhirnya tidak bisa tidur, dan menyebabkan konsentrasi di pagi hari menjadi buruk. Terkadang, selalu berpikir kenapa bisa overthinking? Kenapa sampai dipikirkan terlalu larut masalah itu? Mungkin Sunners banyak yang merasa tidak enakan kepada seseorang yang membuat sunners merasa semua ini kemungkinan karena Sunners.

Namun, sebaiknya Sunners lupakan hal tersebut dan mulai berdamai dengan diri Sunners agar Sunners tidak terlalu kepikiran dengan hal tersebut.

Nah, untuk mengatasi masalahnya harus bagaimana si? Yuk, check penjelasan dibawa ini.

Pemahaman Tentang Overthinking.

Seperti Sunners tau, overthinking merupakan suatu kencederungan Ketika seseorang menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan hal tertentu dengan berlebih dan berulang-ulang. Biasanya seseorang yang mengalami overthinking ini akan kesulitan untuk fokus kepada hal lain selain hal yang sedang dia pikirkan.

Overthing ini sering sekali berkaitan dengan depresi, aniety atau kecemasan, dan Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) atau permasalahan mental yang dialami seseorang akibat kejadian traumatis.

Mengapa Overthinking Bisa Terjadi?

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab mengapa overthinking bisa kita alami. Diantaranya,

  1.     Kencedurangan Menganalisis Berlebihan.

Mungkin sebagian dari Sunners memiliki kencedurangan untuk menganalisis suatu hal secara berlebihan, walaupun Sunner belum menentukan pilihan atau menyelesaikan permasalahan. Dalam hal ini, Sunners bisa saja menjadi seorang yang cenderung mempertimbangkan beberapa kemungkinan dan akibat apa yang kira-kira akan terjadi dari setiap Keputusan yang akan diambil. Tak jarang bahkan kemungkinan-kemungkinan yang berada di luar kenali Sunners akan terpikirkan juga, sehingga hal ini dapat memicu munculnya overthinking.

  1.     Kekhawatiran tentang Keputusan yang Salah

Sunners mungkin sering khawatir terhadap Keputusan yang harus diambil, apalagi dengan resiko yang akan dijalani. Pada dasarnya rasa khawatir ini yang dapat memicu seseorang mengalami overthinking, di karenakan mereka takut jika Keputusan yang diambil dapat mengecewakan orang lain.

  1.     Pengalaman Tramuatis di Masa Lalu

Pengalam yang mengakibatkan seseorang trauma dapat sekali memicu orang tersebut untuk mengalami overthinking di kemudian hari. Memori serta kenangan dari pengalam itu membuat seseorang yang mengalaminya menjadi lebih waspada dan cenderung khawatir berlebihan yang mengakibatkan orang tersebut berusaha untuk menghindarinya agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Bagaimana Dampak Overthinking?

Memang terkesan sepele, Overthinking bisa mempunyai dampak yang berakibat fatal jika terus-menerus diabaikan. Berikut beberapa dampaknya,

  1.     Mengurangi Kepercayaan Diri.

Ketika terus-menerus overthinking, mengkhawatirkan hal yang diluar kendali bahkan belum terjadi, maka hal itu perlahan akan mempengaruhi kepercayaan diri kalian. Kekhawatiran yang berlebih membuat Sunners akan mudah ragu dan mudah tidak percaya kepada orang lain.

  1.     Mengganggu Hubungan dengan Orang lain

Pastinya saat overthinking kita sering memikirkan hal yang tidak-tidak. Dimana hal itu bisa saja menimbulkan rasa kecurigaan terhadap seseorang. Kesalahpahaman akibat kecurigaan tersebut, dapat memberikan hubungan dengan orang lain menjadi renggang.

  1.     Mengganggu Pola Makan dan Tidur.

Memikirkan sesuatu secara berlebihan dapat berdampak terhadap pola tidur dan nafsu makan. Seseorang yang sering terpaku dalam memikirkan suatu hal akan berpontesi mengabaikan aktivitas lainnya, seperti tidur tepat waktu dan makan yang cukup. Terbaikannya dua hal tersebut akan berdampak terhadap kurangnya produktivitas dan mood seseorang yang akan cencerung tidak stabil.

Cara Mengatasi Overthinking.

Banyak hal yang bisa Sunners lakukan untuk mengurangi Overthinking. Salah satunya dengan berpikir positif serta menempatkan diri di lingkungan yang baik. Hal ini akan berguna sebab dapat mempengaruhi diri kalian untuk berpikir demikian, dan tidak mudah panik. Seringlah berbicara pada seseorang yang terpecaya, gunakan media sosial secukupnya untuk menjaga pikiran agar tidak sering terpengaruh, Lakukan meditasi jika perlu.

overthinking disorder merupakan masalah yang serius

overthinking – 

Jika, Sunners merasa malu dan takut untuk mengungkapkannya kepada orang yang dipercaya, maka journaling bisa menjadi jalan alternatif untuk Sunners lakukan. Hal yang menjadi beban pikiran dapat diungkapkan melalui hal tersebut. Sunners juga boleh mencoret-coret lembaran buku itu, atau mungkin Sunners bisa tulis apa yang menjadi bahan overthinkingnya, lalu sobek dan buang atau membakar sobekan tersebut. Maka, hal itu bisa mengurangi overthinking Sunners.

Ingatnya Sunners kesalahan bukanlah hal yang bisa kita hindarkan. Manusia itu tidak luput dari kesalahan. Jika, Sunners melakukan kesalahan alangkah baiknya untuk mengevaluasi kenapa kesalahan itu bisa terjadi, dan mengapa. Fokus pada Pencarian Solusi dari masalah tersebut, jangan malah dipikirkan secara berlebihan.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 19
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?