Majalah Sunday

Menebak Kepribadian Seseorang
Lewat Genre Musik Favoritnya

Penulis: Fidya Damayanti – Universitas Negeri Jakarta

Halo Sunners! Kalian sering langganan aplikasi premium hanya untuk mendengarkan musik kesukaan kalian tanpa iklan? Memangnya seberapa relate sih kalian sama musik itu? Sebenarnya ada penjelasan mengenai gambaran diri Sunners hanya lewat musik kesukaan kalian, bahkan kita juga bisa tau karakter teman terdekat hanya dengan melihat selera genre musik mereka loh! Penasaran? Yuk kita kepoin satu persatu!

genre musik

Menebak Kepribadian Lewat Playlist Lagu, pict by canva.com

Genre Musik Bisa Mengungkapkan Kepribadian Seseorang?

Siapa yang di sini hobinya galau terus sambil dengerin musik? Terkadang kita akan merasa jauh lebih baik ketika mendengarkan musik atau justru ada yang merasa lebih emosional. Kok bisa ya? Nah, hal ini karena emosi yang kita rasakan ketika mendengarkan musik berasal dari kedekatan atau kemiripan nasib kehidupan, perasaan, dan situasi di dalam lirik musik tersebut.

Sederhananya, mendengarkan musik kesukaan rasanya seperti melihat cerminan kehidupan yang kalian jalani. Selain itu, pengaruh melodi dari instrumen dalam musik juga menjadi daya tarik sendiri dan berpengaruh pada kognitif seseorang.

Setiap orang pasti memiliki selera genre musik masing-masing yang dipengaruhi oleh kedekatan makna dan instrumen. Ketika sedang merasa dalam tekanan atau persoalan hidup, maka kita akan mendengarkan musik yang sesuai dengan apa yang kita rasakan. Oleh karena itu, hanya dengan genre musik kita dapat mengetahui kepribadian seseorang. Nah, ini dia 5 genre musik beserta dengan karakteristik sang pendengarnya!

1. Musik Rock

genre musik

The Beatles, pict by billboard.com

Baru awalan udah musik keras aja nih! Hayo, siapa yang hobinya dengerin musik Rock sampai full volume? Apakah ada sesuatu yang ingin kalian lupakan atau kalian tidak perduli dengan pendapat orang lain? Biasanya orang yang menyukai musik Rock itu pecinta alam alias suka kebebasan dan cuek atau apa adanya. Meski begitu mereka adalah orang yang kreatif loh!

2. Musik Jazz dan Blues

genre musik

Musik Jazz Terkenal Dengan Instrumen Terompet, pict by canva.com

Seleranya tinggi banget dan selalu mencintai diri sendiri. Orang yang menyukai musik Jazz dan Blues juga memiliki harga diri yang tinggi. Makanya mereka itu selalu bangga dengan apa yang telah mereka lakukan. Mereka juga memberikan energi positif kepada orang-orang disekitarnya.

3. Musik Klasik

genre musik

Musik Klasik Berasal Dari Eropa, pict by canva.com

Sunners mau punya pasangan yang romantis? Cari aja yang suka musik klasik karena mereka ini berhati lembut dan manis. Meskipun selera musiknya sering dinilai tua atau kolot, tapi tingkat kecerdasan mereka melebihi penikmat musik lainnya loh! Walau suka asik sama dunianya sendiri.

4. Musik Pop

genre musik

Taylor Swift Penyanyi Asal Amerika, pict by billboard.com

Genre musik yang satu ini sering banget ditemukan dalam playlist! Tak hanya itu, musik Pop juga banyak penggemarnya loh, apakah Sunners salah satunya? Kalau iya berarti kalian adalah tipe orang yang mudah berteman karena ramah dan menyenangkan. Selain itu, pecinta musik Pop adalah orang yang jujur dan pekerja keras loh!

5. Musik Rap atau Hip Hop

genre musik

Eminem, Seorang Rapper Asal Amerika, pict by billboard.com

Suka musik Rap sampai mengobrol sama orang lain ikutan cepet? Mereka ini menyukai hal-hal yang berbau sosial, seperti berinteraksi dengan orang lain dan kreatif. Terkadang mereka juga orang yang cukup arogan, sehingga sering melanggar aturan yang ada. Wow, suka break the rules nih!

6. Musik Indie

genre musik

Musik Indie, pict by canva.com

Musik Independen atau sering kita kenal dengan musik indie ini rasanya lebih autentik dan punya sisi emosional yang lebih personal. Kalau Sunners suka dengerin musik ini, berarti kalian tipe orang yang tertutup. Meskipun mageran dan suka overthinking, pecinta musik indie punya hati lembut.

7. Musik Dangdut

Siapa yang suka joget kalau denger lagu dangdut? Yap, musik yang cukup populer di kalangan masyarakat tradisional ini punya ciri khas pada gendangannya. Orang yang suka dangdutan ini sangat energik loh Sunners! Tidak sedikit dari mereka adalah orang yang suka tampil menarik, tapi gak suka diajak serius.

genre musik

Rhoma Irama, pict by viva.co.id

Itu dia penjelasan genre musik yang dapat mencerminkan kepribadian orang lain. Sunners suka genre apa nih? Coba mulai sekarang buka playlist musik Sunners atau intip punya teman kalian biar bisa tau kepribadiannya! Jangan lupa mampir ke rekomendasi lain untuk memastikan kepribadian kalian ya seperti artikel 5 Rekomendasi Tes Kepribadian, Kamu Masuk Tipe Apa Nih?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 177
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?