WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mencari Teman dari Negara Lain

Teman, seseorang yang memiliki sebuah kedekatan dengan orang lainnya, atau mungkin rekan yang bekerja sama-sama. Dan mungkin bisa berarti lain, tergantung dari orang yang menggunakan dan konteks ketika ‘teman’ digunakan.

Gimana cara bisa punya teman dari negara lain?

Kita bisa dapat teman dari mana saja, dari tempat kerja, sekolah, tempat les, di manapun itu, dan tentunya tidak hanya dari lingkungan kita saja, bisa juga dari negara lain.

Yang paling mudah, mungkin ialah dengan bekerja atau pergi menempuh ilmu ke luar negeri, yang pasti kamu akan bertemu orang asing di sana.

Tapi, dalam kasus ini, mencari teman, erat juga kaitannya dengan komunikasi. Sekarang sangatlah mudah untuk mencapai yang ada di luar sana. Ada aplikasi obrolan atau media sosial lain seperti Whatsapp, Instagram, Twitter, dan lainnya. Tapi kalau kita membicarakan ‘kasus’ di mana kita ingin mencari teman baru, kita bisa memilih media berbasis komunitas yang fiturnya cukup memadai, seperti Facebook ataupun Discord. Bisa itu merupakan komunitas yang menyukai sesuatu, hobi, atau yang memiliki minat untuk belajar. Kamu bisa mencari server discord dan komunitas atau grup di facebook sesuai kebutuhan kamu, dan tentunya cari yang skala internasional, karena tujuannya adalah mencari teman dari negara lain.

Kalau kita melihat juga ke belakang, kita akan menemukan yang namanya ‘penpal atau ‘sahabat pena‘. Di mana kita akan mengirimkan secara acak surat kita ke antah berantah, kita tidak akan tahu surat yang telah kita tulis tersebut jatuh ke tangan siapa, dan berharap dia akan membalas ke alamat kita.

Tapi, karena sekarang jaman juga semakin canggih. Mungkin orang akan berpikir berkali-kali untuk menggunakan surat pos sebagai bentuk komunikasi mereka. Kita pasti cenderung menggunakan teknologi yang sudah tercipta baru-baru ini. Namun, jika kamu ingin mencoba mendapatkan pengalaman dan perasaan yang dirasakan ketika proses mencari teman sebagai ‘sahabat pena’ ini. Kamu bisa mencoba aplikasi bernama Slowly yang kamu bisa unduh di smartphone kamu. Kamu bisa menyesuaikan kelompok orang yang akan kamu kirimkan suratnya, jadi kamu akan bertemu orang yang satu tipe dengan kamu. Dan bisa jadi kamu cocok dengan mereka dengan cepat karena memiliki satu atau lebih kesamaan. Lama sampai suratnya pun akan dibuat realistis seperti kamu mengirimkan surat pos ke alamat tujuannya, jadi misal seharusnya perjalanan surat pos dari Jakarta ke Hong Kong memerlukan waktu satu hari, maka di aplikasi tersebut, jika kamu mengirimkan surat ke teman kamu yang berada di Hong Kong, surat tersebut akan tiba di sana dalam waktu 1 hari. Dan ada juga beberapa fitur lainnya. Menarik bukan?

Dan ada juga yang bisa digunakan, versi website yang bisa kamu akses langsung seperti POSTCROSSING di www.postcrossing.com. Mungkin juga masih banyak lagi cara untuk mencari teman dari negara lain, dan kamu pun bisa menyesuaikan kebutuhan kamu dalam menggunakan media tersebut. Ingin menggunakan akun media sosial kamu sekaligus mencari teman, atau menggunakan media lain dalam perjalanan mencari teman dari negara lain. 

Penulis : Priyo Utomo – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment