WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Membangkitkan Motivasi untuk Belajar

Belajar merupakan salah satu hal sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya mengembangkan diri. Namun pada kenyataannya, banyak orang yang malas untuk belajar, banyak juga orang yang rajin belajar tetapi pada satu titik merasa jenuh atau terbawa lingkungan sehingga kehilangan motivasi untuk belajar. Dengan rasa malas dan hilangnya motivasi tersebut, akan semakin sulit untukmu belajar padahal belajar merupakan bekal untuk masa depanmu. Untuk kamu yang merasa berada dalam posisi itu, yuk simak tips dibawah ini dan bangkitkan motivasimu untuk belajar! 

  • Pilih Metode Belajar yang Sesuai

Setiap orang memiliki kapasitas dan pola pikir berbeda dalam mengelola informasi, yang secara otomatis  mempengaruhi cara belajar mereka. Ada orang yang lebih mudah belajar dengan melihat hal yang dipelajari, ada yang lebih suka mendengar hal yang dipelajari, ada yang harus melihat dan mendengar, ada juga yang harus mempraktekkan. Menggunakan metode belajar yang tepat dapat membantu belajar lebih efektif. Jadi kamu tidak hanya sekedar menghafal ataupun mengerjakan sesuatu, tetapi juga memahami dengan baik hal yang kamu pelajari. Oleh karena itu, menggunakan metode belajar yang sesuai merupakan salah satu hal yang paling penting dalam memotivasi diri untuk belajar. 

  • Buat Agenda Belajar

Dalam belajar, membuat agenda merupakan salah satu cara untuk mendukung belajarmu lebih tertata. Kamu dapat mengatur jadwal untuk masing – masing pelajaran dan menentukan waktu untuk pelajaran tersebut. Kegiatan pembelajaran pun akan lebih efektif dan efisien. 

  • Pilih Tempat dengan Suasana yang Tepat 

Sebelum memulai belajar ada baiknya kamu memilih tempat dengan suasana yang nyaman menyesuaikan kebutuhanmu. Ada orang yang harus belajar ditempat sepi, ada yang harus ditempat sejuk, ada juga yang harus belajar diluar rumah untuk mendapatkan suasana baru, beberapa orang juga suka menciptakan suasana yang mereka inginkan dirumah sendiri. Berada di tempat dengan suasana yang tepat dapat membantu kamu lebih fokus sehingga dapat meningkatkan kualitas belajarmu. 

  • Belajar dengan Teman

Saat belajar pasti ada waktunya kita merasa bosan ataupun merasa hal yang kita pelajari tidak berkembang meski sudah melakukan metode belajar dan berada di suasana yang tepat. Dalam situasi seperti ini, belajar bersama teman dapat menjadi salah satu solusi. Selain ada teman bicara, kita juga dapat bertukar pemikiran dan melihat hal yang kita pelajari dari sudut pandang lain. 

  • Menggunakan Fasilitas Pendukung

Belajar hanya melalui buku pelajaran sekolah tentunya akan sangat membosankan. Untuk itu, kalian dapat mulai mencari fasilitas lain yang dapat menunjang kegiatan belajar kalian. Kalian bisa melihat materi di Youtube, website belajar, jurnal, dan lain – lain. 

Leave A Comment