WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mau Lulus UTBK 2022? Yuk, Simak 5 Tips Belajar Berikut Ini!

Sudah menjadi ritual tahunan bagi para senior kelas tiga SMA untuk mengikuti berbagai rangkaian ujian masuk perguruan tinggi. Darah, keringat, dan air mata menjadi bukti perjuangan mereka. Salah satu ujian yang paling banyak diminati siswa Indonesia yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri adalah Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). 

Kelas 12 bagaikan tahun penentuan mereka untuk menempuh ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Belum lagi, saingan untuk masuk ke perguruan tinggi tidak hanya terbatas di sekitar kota tapi tersebar dari Sabang sampai Merauke. Mengingat UTBK tahun 2022 sudah tampak di depan mata, yuk! Untuk para pejuang UTBK terlebih lagi angkatan 2022, kita simak tips belajar berikut ini!

Yang pertama, memutuskan goal kalian. Mungkin banyak di antara kalian yang masih menganggap remeh tentang hal ini. Buang segala pikiran “yang penting lulus PTN, apapun jurusannya,” ini adalah salah satu mindset yang buruk dan tidak efektif. Perumpamaannya, kamu seperti mau makan ayam, tapi tidak mau memilih antara ayam KFC, AW, atau McD, sehingga nanti saat dapat, kamu malah kecewa sendiri karena rasanya tidak sesuai dengan bayanganmu. Menetapkan tujuan ini sangat penting karena tujuan ini akan menjadi alasanmu untuk berjuang sampai titik darah penghabisan. Kamu yang membaca ini pasti sudah duduk di bangku SMA atau bahkan berada di tahun terakhirmu di SMA, oleh karena itu, wake up! And make your decision! 

Kedua, yang tidak kalah penting adalah membuat rancangan belajar. Disarankan, belajarlah dari materi yang paling kamu tidak kuasai. Tanyakanlah materi-materi pembelajaran atau kumpulkanlah catatan-catatan dari kakak kelasmu. Dari sini, kamu bisa mengetahui materi apa yang harus kamu jadikan prioritas dan jenis soal seperti apa yang sering keluar di berbagai ujian. Buatlah rancangan belajar yang masuk akal dan dapat kamu implementasikan. Tidak usah terlalu ketat, asalkan kamu berkomitmen untuk menjalankannya!

Ketiga, atur suasana belajar. Hayo, di sini siapa yang sering belajar sambil main instagram? Sudah menjadi fenomena yang tidak asing lagi bagi kita untuk menggunakan handphone saat belajar, apalagi di era kelas online seperti sekarang ini. Tetapi, tak bisa dipungkiri, memegang HP saat belajar dapat membagi fokus kita sehingga hasilnya menjadi tidak efektif. Distraksi inilah yang harus kalian hilangkan untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif. Belajarlah untuk lebih disiplin sehingga tidak ada lagi waktu yang terbuang untuk bermain-main. Kalian bisa mematikan HP kalian saat belajar, menitipkannya ke orang tua, atau download aplikasi produktivitas seperti Forest yang berfungsi untuk menjaga fokus! Selain itu, carilah gaya belajar favoritmu seperti, visual, auditori, atau kinestetik. Dengan mengetahui gaya belajarmu dan meminimalisir distraksi yang ada, dapat dipastikan bahwa waktumu sudah dipergunakan secara efektif!

Keempat, perbanyaklah mengerjakan latihan soal. Sekarang ini sudah banyak tersedia platform-platform TO atau latihan soal gratis seperti, ruangguru, phamify, dan lain-lainnya. Kalian bisa menggunakannya untuk memperbanyak pengetahuan tentang cara memakai setiap rumus yang kalian telah pelajari. Perlu diingat, konsep memang penting tetapi penerapan dalam soal juga tidak kalah penting!

Last but not least, minta pertolongan Tuhan dan doa dari orang tua! Jangan mengandalkan pengetahuan diri sendiri, mintalah bantuan dari Tuhan sehingga saat melaksanakan segala persiapan dan ujian, kalian bisa mengerjakannya dengan baik dan lancar. 

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kalian ikuti untuk mendapatkan skor UTBK yang maksimal dan masuk ke perguruan tinggi negeri yang kalian minati! Good luck untuk para pejuang UTBK tahun 2020! Do your best and God will do the rest!

Penulis : Ruth Frederica Putri Sihombing – SMAK Penabur Summarecon Bekasi

Leave A Comment