Majalah Sunday

Mau Jadikan Coquette Aesthetic Bagian dari Keseharianmu? Ini Panduan Lengkapnya!

Penulis: Olivia Elena Hakim

Coquette, Coquette, Coquette. Siapa yang FYP Tiktoknya belakangan ini dipenuhi konten Coquette? Ayo kita kulik lebih lagi soal trend fashion dan lifestyle yang satu ini!

Ketika masa-masa kekunci di rumah ala pandemi Covid, mimin masih inget banget sama tren Cottagecore yang bikin mimin ikutan nge-war online rebutan baju thrifting demi dapetin dress Cottagecore yang otentik banget. Setelah itu, rasanya belum ada lagi hype yang menarik buat dikepoin, hingga tahu-tahu hadirlah tren Coquette Aesthetic ini! Gimana menurutmu? 

Aku Belum Paham Min, Coquette Artinya Apa? Coquette Aesthetic Apalagi!

Nah, emang ini sih yang jadi semacam pro kontra tipis-tipis di kalangan netizen kritis, karena kalo ditelusurin, Coquette artinya (dalam Bahasa Perancis) cewek yang suka menggoda atau menarik perhatian lawan jenis, tetapi dengan cara yang manis dan lucu. “Centil” nampaknya menjadi Bahasa Indonesia yang sepadan dengan Coquette dalam hal ini; namun, di dunia fashion dan estetika, coquette lebih dari sekedar arti literalnya. Coquette Aesthetic menggambarkan gaya yang feminin tapi playful, menggabungkan elemen-elemen vintage dengan sentuhan modern yang fresh.

Tren ini mengambil inspirasi dari era Victorian hingga era 90-an, menggabungkan elemen-elemen seperti renda, bow, corset, dan aksesoris vintage dengan cara yang segar dan relevan untuk zaman sekarang.

Mereka yang kontra dengan Coquette berargumen kalau tren ini hanya merupakan bentuk baru dari “lolita”. Bahkan ada yang mengaitkan kesukaan cewek-cewek untuk styling dirinya dengan gaya yang ‘cute’ seperti anak-anak justru mengglorifikasi pedofilia! Hmm, sejauh ini, ini yang paling jauh. 

Mau join Coquette Aesthetic tanpa kontroversinya? Kita bisa kok memaknai tren ini sebagai preferensi untuk berpakaian atau menggunakan produk-prdoduk yang vibesnya feminin dan cute, tanpa harus berkesan ‘skanky’. 

Coquette aesthetic menampilkan pakaian yang berwarna pastel, bermotif bunga, berenda, atau bertali pita, serta aksesori yang lucu seperti topi, kalung, anting, atau gelang. 

ilustrasi couqette aesthetics untuk remaja

Trend couqette aesthetics di kalangan remaja, pict by DALL-e

Coquette Aesthetic Checklist Untukmu

Bagaimana cara mendapatkan Coquette Aesthetic? Berikut adalah beberapa checklistnya:

  • Pilih pakaian yang berwarna pastel seperti pink, biru, kuning, atau ungu. Pastel adalah warna yang lembut dan menenangkan, serta memberikan kesan yang feminin dan imut.
  • Gunakan motif bunga, polkadot, atau garis-garis yang memberikan kesan yang ceria dan playful.
  • Tambahkan renda, tali pita, atau ruffle pada pakaian untuk memberikan tekstur dan detail yang menarik. 
  • Pakai aksesori yang lucu dan eye-catching seperti topi, kalung, anting, atau gelang. 
  • Rambut berponi atau dikuncir/kepang juga sering menjadi finishing touch buatmu yang mau berpenampilan Coquette Aesthetic
  • Untuk makeup, pilih look yang natural dengan sedikit blush pink dan lip gloss untuk kesan segar.
makeup kit untuk couqette

Makeup kit untuk dandanan ala couqette aesthetics di kalangan remaja,
pict by Shopee

Pendapat Sunners Soal Coquette Aesthetic

Kepopuleran coquette aesthetic kini tentunya nggak lepas dari keinginan kita untuk tampil unik dan berbeda, sekaligus menggali kembali keindahan yang timeless dari masa lalu. Gaya ini memberikan kebebasan bagi remaja untuk bereksperimen dengan fashion, namun tetap dalam koridor yang pas buat remaja Indonesia alias nggak terlalu ekstrim juga. 

“Awal tau dari fyp tiktok kalau trend coquette 😭 kebetulan karna aku juga suka warna pink dan pastel jadi aku sudah biasa koleksi perintilan lucu kaya ganci, enamel pin, sticker, dll… Awal-awal suka visit lowlight bazaar analog dan disana banyak tenant merch+accessories gemes jd ketagihan terus visit ke slowmovebazaar juga dia kaya Y2K bazaar semua barangnya gemesss, aesthetic dan cantikkk🎀”

– Lindar

“Kenapa langsung suka ama tren coquette aesthetic? Gegara dari kecil aku jarang didandanin manis-manis gitu ama nyokap, bahkan cenderung tomboy jadinya. Kata nyokap biar praktis karena aku ga bisa diem wkt kecil hahaha. Jadinya di saat anak-anak lain pakai gaun renda dan pita-pita manis, aku malah berambut cepak, celana jeans, sepatu keds, dll sampe sering dikira anak cowo 🙁 Aku selalu ngerasa kurang cantik dibanding anak2 cewe lain dari kecil. Kayanya aku ngeliat coquette aesthetic ini jadi kesempatanku melampiaskan apa yg ga kesampean wkt kecil, mumpung ud bs milih baju+dandanan sendiri hehe. Tp ya ga tau ya apakah kalo ud beberapa bulan gt aku bakal balik ke kebiasaan dress up yg praktis aja, atau bakalan betah coquette aesthetic terus. We’ll see. Anon ya min.”

– Pembaca Anonim

Siap Mencoba Coquette Aesthetic? Mulai Dari Mana? Yuk Tanya AI!

 

Coquette aesthetic menawarkan sebuah cara untuk mengekspresikan diri yang berbeda, tapi ingatlah bahwa inti dari gaya ini adalah menjadi diri sendiri dan menikmati proses berdandan, hingga kita bisa menemukan padu-padan yang paling pas sama kepribadian kita. Jadi, jangan takut untuk bereksperimen dan menemukan apa yang terbaik untukmu. 

 

Nah, saatnya membawa coquette aesthetic ke dalam lemari pakaian kita! Mulai dari mana? Mimin iseng nih meminta AI menjadi stylist pribadi kita untuk merancangkan gaya coquette yang pas buat remaja Indonesia. Cek hasilnya:

1. Modern Couqette

ilustrasi couqette aesthetics
ilustrasi couqette aesthetics

Gaya modern couqette aesthetics yang cocok untuk aktivitas sekolah sehari-hari, pict by DALL-e

Steal the Style!

berbagai produk coquette aesthetic utuk remaja

OOTD untuk modern couqette aesthetics yang pas buat siswa sekolah,
pict by Shopee

2. Classical Couqette

ilustrasi gaya ootd classic couqette aesthetics

Gaya classic couqette aesthetics yang cocok untuk remaja, pict by DALL-e

Steal the Style!

ilustrasi ootd classic couqette aesthetics

Semoga artikel ini bisa menginspirasi kamu untuk mencoba gaya coquette dan menambahkan sedikit keajaiban dalam rutinitas fashionmu. Selamat berkreasi, Sunners! 

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 181
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?