Majalah Sunday

Mau Jadi Content Creator tapi Masih Minder? Ini Solusinya!

Penulis: Isnaini Nuansa – UNJ

Sunners pasti udah nggak asing sama yang namanya content creator ‘kan? Kira-kira Sunners pernah kepikiran mau jadi content creator nggak sih? Terus bingung mulainya gimana dan masih minder mau mulai bikinnya? Yuk aku bantu kalian yang masih minder buat konten!

Apa Itu Content Creator? Bagaimana Peluangnya di Zaman Sekarang?

Menjadi Content Creator merupakan salah satu peluang pekerjaan yang sedang tren di zaman sekarang nih Sunners. Content Creator sendiri memiliki arti pembuat konten, konten menurut KBBI merupakan informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Di era generasi modern ini, peluang dan keuntungan menjadi content creator sangat besar loh Sunners! Gimana enggak? Menurut laman dataindonesia.id, laporan We Are Social menyebutkan, jumlah pengguna aktif media sosial Indonesia sebanyak 139 juta orang pada Januari 2024. Jumlah tersebut setara dengan 49.9% dari populasi di dalam negeri. Banyaknya pengguna media sosial ini sekaligus menjadi peluang kalian sebagai generasi modern untuk berkarya di media sosial! 

Eh tunggu dulu, tapi gimana ya kalau Sunners belum merasa percaya diri nih untuk mulai bikin konten di media sosial? Terus gimana ya caranya? Tenang! Aku punya solusinya!

Ngerasa belum pede untuk bikin konten di media sosial? Terus gimana ya caranya? Tenang! Berikut tips menjadi content creator bagi pemula.

pict by canva.com

Tahapan Menjadi Content Creator

Pilih platform sesuai dengan passion

Sunners bingung mau buat konten apa? Gampang! Sesuaikan konten dengan hal-hal yang ada di dekat Sunners misalnya keseharian, minat. passion, dan lain-lain sehingga konten yang Sunners buat bisa terasa relate dengan banyak orang. Selain itu, sebelum membuat konten pastinya Sunners harus memilih dengan cermat platform media sosial yang Sunners jadikan tempat berkarya nih!

Tips dalam memilih platform adalah mengetahui terlebih dahulu tentang konten yang akan Sunners buat. Jika kalian menyukai pembicaraan atau memiliki hal-hal yang ingin banyak dibicarakan, kalian cocok untuk memulai sebuah podcast dan platform yang bisa digunakan yaitu Youtube atau Spotify for Podcaster

Suka menulis? Sunners bisa mulai membuat beragam tulisan mulai dari quotes, puisi, cerpen, dan novel di banyak platform misalnya Instagram, Wattpad, Rakata, dan lain-lain. Ingin membuat konten menggambar? Instagram, Webtoon, dan lainnya. Pastikan konten yang Sunners ingin buat sesuai dengan platformnya ya sehingga Sunners akan lebih mudah menyesuaikan konten dengan platform. 

Membuat konten menarik dengan editing apik

Sebelum mengunggah konten, Sunners harus terlebih dahulu nih mengenal aplikasi editing supaya konten yang diunggah menarik dilihat dan nyaman di mata para pembaca. Kebanyakan dari kalian pasti sudah tidak asing dengan beberapa aplikasi editing. 

Misalnya jika Sunners ingin mengedit foto bisa menggunakan Picsart, Adobe Lightroom, Canva, dan masih banyak lagi. Jika kalian ingin mengedit video atau rekaman suara, kalian bisa mulai menggunakan aplikasi Capcut, VN, Kinemaster, Adobe Auditition, dan Audacity

Ngerasa belum pede untuk bikin konten di media sosial? Terus gimana ya caranya? Tenang! Berikut tips menjadi content creator bagi pemula.

pict by canva.com

Mengetahui apa yang sedang tren

Saat berkecimpung di dunia konten, Sunners harus mengetahui target audience yang diingiinkan. Kalian juga bisa memanfaatkan situs-situs seperti google trends dan mengetahui apa yang sedang ramai dibicarakan sehingga konten kalian akan lebih mudah terasa relate karena sesuai dengan apa yang sedang dibicarakan. 

Sunners harus mampu melihat peluang dan memilih target tujuan yang ditetapkan sejak awal sehingga konten yang dihasilkan oleh Sunners memiliki ciri khas tetapi tetap tidak ketinggalan tren nih! Konten berkualitas dan sesuai perkembangan zaman yang serba cepat!

Mulailah berinteraksi dengan akun yang memiliki konten sejenis dengan kalian

Di era ini, kompetisi memang penting tapi kolaborasi tidak kalah penting. Sunners harus melihat akun-akun yang kurang lebih memiliki minat sama dengan konten yang Sunners buat. Cobalah berinteraksi seperti saling mengikuti akun, mendukung dengan memberi komentar positif, dan lain sebagainya. Ciptakanlah lingkungan yang positif dan saling mendukung satu sama lain di media sosial! Dibanding mencari lawan lebih baik mencari kawan! Setiap content creator pasti memiliki ciri khasnya masing-masing termasuk Sunners sendiri nantinya, jadikanlah media sosial seperti kawasan untuk berkarya dengan karya Sunners yang orisinal ya!

Ngerasa belum pede untuk bikin konten di media sosial? Terus gimana ya caranya? Tenang! Berikut tips menjadi content creator bagi pemula.

pict by canva.com

Terakhir, mulailah mencoba!

Setelah membaca artikel ini, semoga kalian semakin yakin untuk mulai membuat konten. Perlahan tapi pasti! Setiap hasil pasti membutuhkan waktu dari setiap usaha dan tenaga Sunners. Mulailah mencoba membuat satu konten dan unggahlah ke media sosial yang Sunners miliki!

“Hidup bagaikan pesawat kertas terbang dan pergi membawa impian, sekuat tenaga dengan hembusan angin terus melaju kencang, jangan bandingkan jarak terbangnya tapi bagaimana dan apa yang dilalui” -JKT 48 dalam lagu Pesawat Kertas 365 Hari

Semangat, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 18
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?