WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Masterclass Retorikalbis 2021: Wabinar Kece Untuk Kamu yang Mau Jadi Pakar Komunikasi

Rangkaian acara Master Class Retorikalbis 2021 yang dimulai sejak Sabtu (7/11) hingga Senin (23/11) menampilkan serangkai webinar dan workshop dengan tema yang beragam. Majalah Sunday berkesempatan meliput salah satu webinar yang diadakan pada hari Senin (16/11) dengan judul webinar Introduction To Strategic Communication for High School Students: Mau Jadi Pakar Komunikasi dan PR Profesional, Ini Rahasianya. Acara ini dipandu oleh Denaldy, dengan pembicara Nani Kurniasari, M. Si. yang merupakan dosen Fakultas Bisnis dan Komunikasi Kalbis Institute.

Pada bagian awal acara, Bu Nani selaku pembicara memaparkan pengertian komunikasi strategis yang merupakan upaya komunikasi yang ditujukan untuk memenuhi misi dari suatu organisasi, lembaga, institusi, atau perusahaan. Komunikasi strategis ini juga mengidentifikasi konsep-konsep kunci, yaitu analisis audience, penetapan tujuan, dan juga analisis pasar.  

Selanjutnya, pembicara menjelaskan mengenai profesi hubungan masyarakat (public Relation) secara umum, ia juga menjelaskan macam-macam profesi hubungan masyarakat yang terdiri dari banyak jenis, seperti pakar komunikasi, humas profesional, humas pemerintah, social media specialist, konsultan kehumasan (PR agency), dsb. Di akhir sesi, Bu Nani juga memberikan tips bagi peserta yang ingin melanjutkan karirnya di bidang kehumasan, yaitu harus kreatif, inovatif, tekun dalam bekerja, senang mempelajari hal baru, berinisiatif tinggi, mampu bekerjasama dalam tim, dan melingkupi diri dengan pergaulan yang baik. 

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh pewara, Denaldy.  Pada sesi tanya jawab ini, pewara juga menawarkan hadiah pada 6 pertanyaan terbaik, dan hal ini menambah antusiasme peserta.  Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan sesi info lomba yang diadakan oleh tim Retorikalbis. Acara dilanjutkan dengan sesi informasi Kalbis yang dipaparkan oleh Pak Roby. Acara ditutup dengan sesi foto bersama peserta.

 

Nurul Azizah

Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment