Majalah Sunday

Sudah Kelas Akhir, tapi Masih Bingung Pilih Cita-Cita?

Penulis: Isnaini Nuansa – Universitas Negeri Jakarta

Sunners bingung habis ini mau melanjutkan arah hidup ke mana, ya? Jalan mana yang harus dipilih buat bangun masa depanmu? Darimana mulainya untuk menentukan cita-cita? Nah pertanyaan-pertanyaan itu yuk kita bantu cari tahu jawabannya sama tips-tips berikut!

Agar Tidak Salah Menentukan Cita-Cita, Perhatikan Rutinitas Keseharianmu

Sebelum berangkat sekolah, lagi di rumah, atau lagi di lapangan olahraga, coba deh Sunners perhatian keseharian Sunners. Bisa aja jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kalian itu jawabannya ada di dekat kalian sendiri loh! Kayak gimana misalnya? Misalnya pas sore hari kalian suka bantu ibu di dapur masak makanan, suka main bola di lapangan sekolah tiap pulang, atau kalian suka nyanyi di kamar, itu semua bisa jadi tujuan kalian selanjutnya loh!


Kenapa begitu? Iya begitu! Setiap kegiatan yang menurut kalian kecil tapi kalian senang menjalaninya dan merasa harus terus berkembang di kegiatan itu bisa jadi adalah kegiatan yang ingin kalian tekuni di masa depan loh!

Lihatlah Pilihan Cita-Cita yang Ada di Depan Mata

Setelah kalian mencoba mengetahui apa yang ingin ditekuni dari keseharian kalian, cobalah lihat pilihan apa yang sesuai dengan hal tersebut. Misalnya saat kalian suka memasak, cobalah cari pada pencarian profesi apa saja yang sesuai dengan hal tersebut dan bagaimana proses agar sampai pada profesi tersebut. 

Rincilah pilihan yang bisa kalian pilih dan sesuai dengan kemampuan kalian baik dari segi mental, pikiran, jiwa, jarak, finansial, dan lain sebagainya. Tentukanlah tiga pilihan terbaik dari pilihan tersebut!

Menentukan pilihan cita-cita yang harus diambil

Agar Tidak Salah Memilih Jalan Hidup, Tentukan Cita-Cita dengan Cermat 
 (Photo by Justin Luebke on Unsplash)

Diskusikan Rencana Terkait Cita-Cita dengan Orang yang Bisa Dipercaya

Dari pilihan tersebut, diskusikanlah dengan siapapun yang kalian rasa memiliki pendapat yang cocok untuk dipertimbangkan. Kalian bisa mendiskusikan dengan banyak orang sampai kalian merasa sudah cukup, bisa itu dari orangtua, guru, teman, dan lain sebagainya. Ingat selalu bahwa pendapat orang lain tidak bisa Sunners terima mentah-mentah ya! 

Kalian harus selalu mengutamakan apa yang kalian perlukan dan butuhkan, jadikan pendapat tersebut sebagai bahan pertimbangan dengan keputusan yang tetap ada di tangan Sunners.

Mulai Ikuti Orang yang Sudah Berhasil Wujudkan Cita-Cita

Sunners, kamu tidak sendirian, carilah informasi di luar sana baik di lingkungan sekitar maupun di media sosial mengenai hal yang ingin dijalani. Lihatlah informasi dan kegiatan yang dilakukan influencer di media sosial yang sesuai dengan hal tersebut. Sunners akan lebih banyak mendapat tips yang spesifik karena sudah sesuai dengan pilihan kamu.

Jika Sunners merasa yakin dan sudah merinci jalan apa yang akan ditempuh, maka tentukanlah segera langkah selanjutnya. Tidak ada jalan yang selalu mulus, tetapi percayalah dengan keputusan dan pilihan yang kalian ambil. Semangat!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 47
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?