Majalah Sunday

Manfaat Positif Self Talk bagi Kesehatan Mental

Siapa nih yang belum tau, self talk itu ternyata punya manfaat positif bagi kesehatan mental, lho. Simak deh penjelasannya!

Hai Sunners! Kamu pasti pernah atau sering melakukan self talk entah itu hal positif ataupun negatif. Berbicara dengan diri sendiri bukan hal yang aneh loh bahkan dengan melakukan positive self talk  bisa meningkatkan kesehatan mental kamu. Tapi apa sih self talk itu? Self talk adalah dialog internal yang dilakukan dengan diri sendiri dengan sadar yang terdiri dari positive self talk  dan negatif self talk. Manfaat Positive self talk  sendiri mampu meningkatkan rasa percaya diri, termotivasi dalam menjalankan suatu tugas atau pekerjaan dan kamu juga dapat lebih produktif dalam melakukan berbagai kegiatan. 

Namun positive self talk  bukan berarti kamu membohongi diri sendiri dengan membayangkan hal-hal yang tidak masuk akal. Positive self talk  merupakan dialog yang terjadi secara internal yang dilakukan dengan diri sendiri, misalnya kamu bisa mengatakan “Lain kali aku harus bisa lebih baik dari ini”. Ketika kamu sudah berhasil melakukan positive self talk  maka dalam menghadapi suatu masalah kamu akan dengan mudah menyelesaikan permasalahan tersebut.

Manfaat Positif Self Talk untuk Dirimu

Bagi Sunners yang penasaran apa saja manfaat dari self talk, beberapa manfaat positive self talk  terhadap diri kamu sendiri: 

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Positive self talk dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membangun kontrol diri agar mampu beradaptasi dalam menghadapi suatu kejadian. 

Membantu Melihat Sudut Pandang Positif

Ketika kamu mengalami kejadian yang buruk tentunya akan mempengaruhi isi pikiranmu, dengan melakukan positive self talk  kamu dapat memiliki perspektif yang lebih luas. Saat kita membuat suatu kesalahan pasti ada pelajaran yang dipetik untuk menjadi pribadi lebih baik lagi. 

Meningkatkan Kesehatan Mental

Melakukan positive self talk  akan meningkatkan kesehatan mentalmu sehingga dapat terhindar dari stress, gangguan kecemasan, bahkan depresi. Sehingga kamu menjadi pribadi yang optimis dan tenang dalam menghadapi suatu situasi yang tidak terduga.

Membantu Menjaga Kesehatan Fisik

Positive self talk  tidak hanya untuk kesehatan mental namun dengan menerapkan positive self talk  kamu juga akan lebih menghargai fisik dan penampilan kamu sehingga kamu dapat terhindar dari eating disorder. Tentunya kamu juga akan merasa lebih sehat dan bugar.

Positive self talk akan membantu kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik, tidak hanya kesehatan mentalmu yang lebih sehat namun secara fisik juga kamu akan lebih percaya diri. Namun perlu diingat bahwa positive self talk tidaklah mudah untuk dilakukan sehingga kamu harus membiasakan diri dan konsisten dalam menerapkan positive self talk pada diri kamu sendiri.

Manfaat self talk yang mesti kamu tau

Beberapa manfaat self talk untuk kehidupanmu, pict by canva.com

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Penulis: Yeni Lesmana – Universitas Bunda Mulia

Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 371
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?