Majalah Sunday

Manfaat Musik untuk Menjaga Kesehatan Mental, Wajib Tau Nih

Manfaat musik untuk kesehatan mental? emang ada ya? Coba yuk kita bahas.

“Music touches us emotionally, where words alone cannot.” – Johnny Deep

Hai sunners! Tau gak, manfaat musik juga dapat dirasakan untuk menjaga kesehatan mental, lho. Jika kalian senang mendengarkan musik di waktu luang atau jamkos secara tidak langsung musik juga berpengaruh pada rasa emosional dalam diri kita. Manfaat musik untuk menjaga kesehatan mental bisa dibuktikan saat kita merasa relate pada lirik lagu tertentu. Menarik bukan?

Yuk simak penjelasannya lebih lanjut! 

Musik merupakan sebuah seni yang menggabungkan suara dan ritme untuk menciptakan harmoni yang menyenangkan untuk didengar. Jenis musik dikelompokkan menjadi beragam, seperti musik klasik, musik pop, rock, jazz, hip-hop hingga dangdut. Kebanyakan dari pendengar musik lebih umum mengkonsumsinya menggunakan media streaming seperti Spotify, Youtube, dan radio. Musik juga sering digunakan dalam berbagai acara sosial, seperti pesta, pernikahan hingga konser. Maka dari itu, sunners jangan heran ya kalau setiap acara sosial pasti diiringi musik. 

Manfaat musik bagi kesehatan mental ternyata banyak

Manfaat musik bagi kesehatan mental, pict by canva.com

Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental

Di samping itu, Musik juga memiliki manfaat yang signifikan untuk kesehatan mental kita,lho! Baik manfaat positif maupun manfaat negatif. Gak percaya? Yuk, kita bahas bareng-bareng!  

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Adakah di antara kalian yang pernah merasa stres atau cemas? Tenang, musik punya kemampuan untuk menenangkan pikiran kita. Dengarkan melodi dari sebuah musik mellow agar tingkat stress dan kecemasanmu mereda. Musik memang seperti obat penawar hati yang ampuh!

Meningkatkan Mood

Jika sunners sedang galau atau murung, cobalah dengarkan musik yang ceria dan enerjik. Konon musik tersebut dapat meningkatkan mood menjadi lebih happy dan bersemangat. Asik, kan?  

Mendukung Proses Terapi

Bagi mereka yang sedang menghadapi depresi atau masalah kecemasan, musik bisa menjadi jalan keluar yang efektif. Melalui musik, kita bisa mengekspresikan emosi dengan lebih baik dan menemukan kedamaian di dalamnya.   

Meningkatkan Konsentrasi dan Memori

Ada yang suka mendengarkan musik saat belajar? Nah, ternyata musik memang bisa membangkitkan fokus dan membantu seseorang dalam mengingat informasi dengan lebih baik. Cobain deh!

Namun, musik juga bisa memberikan manfaat negatif pada kesehatan mental jika kita menggunakannya secara berlebihan atau dengan cara yang salah. Musik yang keras dan berisi lirik yang negatif, justru akan meningkatkan tingkat stres kita lho sunners. Itu sebabnya, sangat penting untuk memilih musik yang sesuai dengan keadaan emosional kita dan tidak menggunakannya secara berlebihan. 

Baca Juga: Pengaruh Stres Pada Berat Badan

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Penulis: Windiarti Juliarso – Polimedia Jakarta 

Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 347
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?