Majalah Sunday

Manfaat Jogging Bagi Kesehatan

Penulis: Patrisius Alfin, Universitas Kristen Indonesia

Pekan lalu Mimin sudah berbagi tips dalam melakukan jogging, nah untuk kali ini Mimin akan membagikan materi tentang “manfaat jogging bagi tubuh”. Tentu saja tujuan Mimin adalah biar kalian lebih paham dan mengerti manfaat dalam melakukan jogging, terutama buat kalian yang ingin memulai jogging.

Siapa sih yang kepingin sakit atau badan keliatan gak terawat. So, jogging bisa jadi solusinya. Yuk pahami manfaat jogging

Yuk cari tahu manfaat dari olahraga satu ini, pict by canva.com

Manfaat Jogging #1: Meningkatkan Kekuatan Otot dan Kepadatan Tulang

Jogging melibatkan sebagian besar otot tubuh, terutama otot kaki, panggul dan inti. Melakukan jogging secara teratur dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot, dan dapat membantu memperkuat tulang. Point yang paling penting dalam kegiatan jogging ini adalah dapat mencegah osteoporosis dan penurunan massa otot seiring bertambahnya usia.

Manfaat Jogging #2: Meningkatkan Fungsi Otak

Aktivitas fisik seperti jogging dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jogging dapat meningkatkan memori, konsentrasi, dan kemampuan pemecahan masalah. Untuk mendukung fungsi otak yang dimiliki, layaknya kegiatan jogging ini dilakukan secara rutin.

Manfaat Jogging #3: Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jogging secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Aktivitas fisik yang cukup dapat meningkatkan sirkulasi limfa, yang membantu mengangkut sel-sel kekebalan tubuh dan menghilangkan racun dari tubuh. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi.

Manfaat Jogging #4: Membantu Mengendalikan Berat Badan

Jogging adalah salah satu aktivitas yang efektif untuk membakar kalori. Dengan membakar kalori lebih banyak, Anda dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan menjaga berat badan yang sehat. Jogging juga dapat meningkatkan metabolisme basal, yang membantu tubuh membakar kalori bahkan saat istirahat.

Manfaat Jogging #5: Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Jogging secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Aktivitas ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat. Jogging juga dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Manfaat Jogging #6: Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Jogging adalah aktivitas aerobik yang efektif untuk meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru. Dengan berlari secara teratur, Anda dapat meningkatkan kapasitas paru-paru Anda, menguatkan otot jantung, dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Ini membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular secara keseluruhan.

Raih manfaat jogging bagi kesehatan kita

Sudah paham manfaatnya? Yuk siap-siap jogging, pict by canva.com

Dari enam point manfaat yang ada di atas, dapat Mimin simpulkan bahwa jogging adalah bentuk olahraga yang bagus yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Ini dapat membantu mencegah obesitas dan mempertahankan berat badan yang sehat dengan membakar kalori dan membangun otot.

Jogging juga memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi pernapasan, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan meningkatkan kapasitas paru dan memperkuat jantung. Selain itu, jogging dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan kepercayaan diri. Jogging biasa juga dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. 

Oleh karena itu, Mimin berharap ada di antara kalian yang menjadikan jogging ini sebagai rutinitas harian karena bagus untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 215
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?