WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Lulus Jurusan Administrasi Negara, Bisa Kerja Apa Saja?

Setelah lulus sekolah SMA/SMK pastinya banyak sekali keinginan atau impian yang akan diraih dan untuk meraih itu semua tidak segampang yang kalian bayangkan karena untuk mencapai tujuan itu akan banyak sekali lika-liku perjalanan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Lulus SMA/SMK ketika hendak untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi akan banyak jurusan yang akan kalian pilih semua itu tergantung pada niat dan bakat. Mungkin beberapa dari kalian akan ada yang memilih jurusan yang berkaitan dengan negara, siapa sih yang ga mau sekolah di kedinasan? Banyak sekali orang menginginkan itu namun pertanyaannya apakah kalian akan mudah masuk ke universitas itu? Tentunya saja tidakkk.… karena akan banyak syarat dan ketentuan yang harus disetujui dan dipatuhi oleh mahasiswa untuk menjadi resmi anak dari universitas tersebut. 

Sunners, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jurusan kuliah Administrasi Negara, dan kampus atau universitas mana saja yang ada atau memiliki jurusan tersebut.

Jurusan Administrasi Negara sangat dekat hubungannya dengan pemerintahan. Kalau kata orang,  jurusan ini banyak sekali melahirkan para politisi dan calon PNS. Apakah benar demikian? 

Jurusan Administrasi Negara / Publik (atau Public Administration) adalah program studi yang mempelajari bagaimana mengelola administrasi secara lebih spesifik, khususnya mempelajari Administrasi Negara atau administrasi pemerintahan dan unsur-unsur di dalamnya. 

Ilmu Administrasi Negara mempelajari seluruh proses yang dilakukan organisasi maupun perorangan, yang berkaitan dengan penerapan atau pelaksanaan hukum/peraturan yang dikeluarkan oleh badan legislatif, eksekutif serta peradilan, terutama bagaimana proses kebijakan tersebut diterapkan.

Secara lebih simplenya, di jurusan Administrasi Negara, kita akan mendapatkan ilmu tentang sistem pemerintah, pembuatan kebijakan dan juga pengimplementasian dan evaluasinya. Selain itu, untuk jurusan Administrasi Negara bisa juga memilih konsentrasi ilmu yang akan didalami, seperti pemerintahan daerah, administrasi pembangunan, dan juga kebijakan publik. 

Di kampus mana saja yang ada jurusan Administrasi Negara? sebagai referensi, beberapa universitas yang ada Jurusan Administrasi Negara dengan akreditasi A BAN-PT yaitu:

1. Universitas Airlangga

2. Universitas Lampung

3. Universitas Pasundan

4. UPN Veteran Jawa Timur

5.  Universitas Sriwijaya

6. Universitas Muhammadiyah Makassar

7. Universitas Pattimura

8. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

9. Universitas Jember

10. Universitas Indonesia

11. Untag Surabaya

12. Universitas Islam Malang

Dan ada juga beberapa universitas berdasarkan passing grade untuk jurusan Administrasi Negara. Sunnersss….. kamu harus tahu juga bahwa passing grade adalah batas nilai minimal yang harus kalian dapatkan untuk bisa masuk di suatu jurusan. Selain mengurutkan berdasarkan passing grade, kalian juga bisa melihat berapa rata-rata nilai aman yang harus kalian dapatkan untuk diterima di jurusan Administrasi Negara ini.

1. Manajemen dan Kebijakan Publik, Universitas Gadjah Mada (UGM) (rata-rata nilai aman: 668.41)

2. Ilmu Administrasi Negara, Universitas Indonesia (UI) (rata-rata nilai aman: 656.52)

3. Ilmu Administrasi Negara, Universitas Padjadjaran (rata-rata nilai aman: 631.15)

4. Administrasi Negara, Universitas Negeri Yogyakarta (rata-rata nilai aman: 621.82)

5.  Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret (rata-rata nilai aman: 623.28)

Nanti setelah kita lulus dari perkuliahan nantinya apakah kita akan segera mendapatkan pekerjaan dengan jurusan yang sudah kita miliki? Yuk kita bahas prospek kerjanya seperti apa.

Ada 10 prospek kerja Jurusan Administrasi Negara yang menjanjikan yaitu:

1. Konsultan Negara

Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak juga tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintahan kita. Karena itulah dibutuhkan konsultan yang bisa memberikan solusi maupun masukan. Selain memberi masukan, konsultan keuangan juga bertugas untuk merumuskan strategi agar pemerintahan bisa berjalan dengan baik. Konsultan pemerintahan bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta rupiah tergantung tingkat pengalaman.

2. Staf Legislatif

Salah satu elemen yang dipelajari dalam jurusan Administrasi Negara adalah elemen legislatif. Sebagai lulusan jurusan Administrasi Negara, Kamu bisa bekerja sebagai staf legislatif baik di tingkat daerah maupun pusat. Tugas utama lembaga legislatif adalah untuk membuat undang-undang, mengajukan rancangan undang-undang, hingga mengawasi pelaksanaan undang-undang tersebut. Dengan bergabung sebagai staf legislatif, Kamu bisa mendapat gaji hingga belasan juta rupiah tergantung posisi yang ditempati.

3. Aparat Pemerintah

Kamu juga bisa bergabung dengan aparat pemerintah baik di tingkat daerah maupun pusat. Kamu bisa berkontribusi langsung dalam pemerintahan. Para aparat pemerintah juga kebanyakan akan memiliki status sebagai pegawai negeri sipil. Gaji yang didapatkan bisa mulai Rp 5 juta hingga belasan juta rupiah tergantung posisi.

4. Aktivis Organisasi Masyarakat

Lembaga swadaya masyarakat merupakan suatu wadah atau organisasi yang memiliki tugas untuk menampung, mengelola, memproses, dan melakukan hal-hal yang menjadi aspirasi masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan, terutama bidang-bidang yang seringkali tidak diperhatikan oleh pemerintah setempat. Gaji yang bisa kamu dapat tentu saja sangat bervariasi dan bisa jadi hingga belasan juta rupiah tergantung peran dan pengalaman yang kamu miliki. Menjadi aktivis atau bergabung dengan LSM juga menjadi pekerjaan sosial yang mulia dan bisa meningkatkan jiwa sosial  kamu terhadap keadaan sekitar.

5. Anggota Partai Politik

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia politik, kamu bisa terjun ke dunia politik dengan mengandalkan status lulusan Administrasi Negara. Bergabung dalam partai politik juga menjadi salah satu cara Kamu untuk bisa berkontribusi pada negara dan memberikan ide-idemu untuk pemerintahan yang lebih baik melalui jalan partai politik. Sebagai anggota partai politik, kamu berkesempatan mendapat gaji yang sangat besar hingga puluhan juta rupiah kalau statusmu sudah tinggi di partai politik tersebut. Di partai ini juga bisa belajar banyak mengenai ilmu organisasi dan membuat relasi kamu semakin luas.

6. Jurnalis

Lulusan Administrasi Negara juga bisa terjun ke dunia jurnalistik dan bekerja pada perusahaan media, khususnya jurnalistik pemerintahan atau politik. Sebagai jurnalis bidang politik, kamu akan fokus untuk mencari berita yang berkaitan dengan keadaan politik. Dengan menjadi jurnalis politik, kamu juga bisa memiliki banyak relasi dengan orang-orang yang berkecimpung di dunia politik. Sebagai jurnalis, kamu berkesempatan mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta hingga belasan juta rupiah.

7. Dosen

Jika kamu lebih tertarik dengan dunia pendidikan juga bisa mengajar sebagai dosen. Saat ini jurusan Administrasi Negara juga semakin banyak dibuka di berbagai kampus dan tentunya akan banyak dibutuhkan tenaga ahli sebagai pengajar yang kompeten dalam bidang tersebut. Setelah lulus sarjana, kamu bisa langsung melanjutkan S2 untuk mendapat gelar master dan bekerja sebagai dosen. Sebagai dosen, bisa mendapat gaji mulai dari Rp 4 juta rupiah hingga belasan juta tergantung tingkat pengalamanmu.

8. Pegawai BUMN

Kamu juga bisa menjadi pegawai BUMN setelah lulus dari jurusan Administrasi Negara. Ada banyak BUMN yang akan membutuhkan jasa seorang lulusan Administrasi Negara. Kamu bisa mendapat gaji yang besar mulai dari Rp 5 juta hingga belasan juta rupiah.

9. Asisten Peneliti

Sebagai lulusan jurusan Administrasi Negara, Kamu bisa bekerja sebagai asisten peneliti dalam sebuah riset pemerintahan. Di sini Kamu bisa mendapat gaji mulai dari Rp 3 juta dan bisa bervariatif tergantung dengan proyek penelitian  yang Kamu lakukan.

10. Peneliti

Setelah menjadi asisten peneliti, kamu bisa berkembang menjadi peneliti utama. Dengan menjadi peneliti utama maka gaji yang didapatkan juga akan semakin besar bisa sampai puluhan juta rupiah, terlebih jika sampai terlibat pada proyek-proyek yang cukup besar atau proyek-proyek penting lainnya. Selain mendapatkan gaji yang cukup besar, menjadi peneliti juga membuatmu bisa memberikan kontribusi mengenai ilmu pengetahuan atau hasil penelitian baru yang akan bermanfaat untuk kehidupan masyarakat.

Jadi, dari penjelasan diatas sekarang kamu sudah tau Administrasi Negara itu seperti apa dan kampus mana saja yang akan siap menerima peserta baru dan setelah lulus mau menjadi apa? Teruntuk kamu Sunners, mumpung kalian masih punya waktu pergunakan waktumu sekarang ini untuk mempersiapkan diri kamu menjadi salah satu mahasiswa yang mampu masuk sekolah kedinasan yang didambakan oleh banyak orang, ya!

By: Lois Ernike Hutabarat – Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment