WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Ayo Mengenal Jurusan Tekstil

Hi Sunners. Sepertinya dari beberapa pilihan jurusan yang tersedia, tentu ada saja yang belum kita ketahui dan pahami secara mendalam, sehingga cukup menarik untuk kita bahas bersama. Kali ini kita mau bahas Jurusan Tekstil. 

Tau gak nih? Ternyata bukan hanya para pelajar SMA ke bawah saja yang belum memahami dengan baik tentang jurusan ini, tapi banyak juga loh calon mahasiswa yang belum memahami Jurusan Tekstil, sehingga membuat mereka ragu untuk memilih jurusan Tekstil. Sepertinya sih hanya ada  satu hal yang menyebabkan kurangnya pengetahuan beberapa pelajar atau mahasiswa terkait fakultas ini. Yaitu kurangnya niat searching di internet mengenai hal-hal tersebut. Padahal sekarang suatu informasi dapat dicari atau diakses dengan muda loh, dengan handphone ataupun laptop dan teknologi lainnya. Tapi pastikan dulu yah paket internetan kita ada atau ga, sehingga dimanapun kita dapat mengakses informasi dengan mudah.

Jurusan Tekstil Itu Sebenarnya Apa Sih?

Bagi yang belum tau nih ya, kata tekstil dalam bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa Inggris textile. Kemudian, asal kata textile ini dari bahasa Latin yaitu texere yang artinya lembaran. Secara lebih detail, tekstil adalah material lembaran fleksibel, terbuat dari benang yang merupakan hasil pemintalan serat yang kemudian ditenun atau dirajut. Cara lainnya yakni menyatukan serat yang berbentuk lembaran dengan atau tanpa bahan perekat dengan cara dipres (non-woven fabrics).

Dari penjelasan di atas, pasti kita uda bisa tebak kan, apa yang akan kita pelajari jika kita masuk jurusan Tekstil? 

Apa sih yang akan kita pelajari pada jurusan tekstil?

Pada masa sekarang ini, setiap universitas di Indonesia telah menawarkan jurusan yang akan mengajarkan ilmu terkait tekstil ini. Ada beberapa jenis pembelajaran atau pemahaman yang akan kita dapatkan. Seperti teknik tekstil, rekayasa tekstil, desain tekstil, sampai dengan desain mode dan fashion.

Untuk jurusan teknik tekstil sekarang uda banyak dan semakin berkembang loh. Pembelajarannya juga hampir mencakup semua, selain desain mode dan fashion. Materi yang ditawarkannya antara lain:

1. Cetak Saring/Sablon

Teknik menghias permukaan kain dengan menggunakan screen. Berikutnya; Batik atau Teknik menghias permukaan kain menggunakan malam batik dengan menggunakan pewarna alami dan buatan. Yang ketiga ada; Makrame, yaitu teknik membentuk struktur dengan menggunakan berbagai simpul/ikatan. Yang keempat adalah Jahit: ini adalah teknik pembuatan suatu karya kerajinan yang terbuat dari guntingan/potongan kain dengan cara dijahit sesuai desain yang sudah ditentukan. Yang berikutnya ada: Sulam/Bordir, yang akan menunjukkan kita teknik menghias permukaan kain menggunakan benang sulam yang dikerjakan secara manual dan dengan menggunakan teknologi. Yang terakhir yaitu Tenun/Tapestri. Yaitu bentuk seni tekstil berupa tenun tradisional yang dikerjakan dengan alat tenun vertikal yang dapat dilakukan di lantai. 

2. Ada juga nih, Rekayasa Tekstil

Ini adalah ilmu teknik yang diterapkan untuk meningkatkan nilai ekonomi suatu kain. Jika kita mempelajari Ilmu Rekayasa Tekstil di perguruan tinggi, pengetahuan dan keterampilan kita di bidang industri tekstil akan meningkat. Dan tentunya, peluang kita berkarier di bidang rekayasa tekstil pun kian terbuka lebar.

3. Desain tekstil

adalah sebuah kegiatan yang menampilkan corak atau motif yang mengandung nilai estetika dari penggabungan warna dan garis pada permukaan media (kain/garmen). Desain tekstil dibagi menjadi tiga bagian yaitu: Desain struktur, desain permukaan, dan desain aplikasi produk tekstil. Desain Struktur adalah desain dari konstruksi atau struktur tekstil itu sendiri, baik yang berwujud tekstil polos ataupun dalam bentuk tekstil yang bercorak. Desain Permukaan merupakan desain yang ditujukan untuk memperindah corak dari permukaan kain, biasanya desain berbentuk abstrak. Yang lainnya adalah Desain Aplikasi Produk merupakan desain ini dilaksanakan setelah tekstil jadi. Walaupun begitu, terdapat juga produk yang didesain sejak awal sebelum dilakukannya proses finishing.

Apa sih peluang kerja bagi kita yang  akan mengambil jurusan Tekstil?

Bagi sunners yang akan memilih jurusan Tekstil, kalian dapat berkarir di berbagai perusahaan swasta nasional, pemerintah dan berbisnis sendiri. Contohnya: Industri Tekstil dan Produk Tekstil, Interior Design, Institusi Pendidikan dan Pelatihan, Industri Obat-obatan Tekstil, Moslem Fashion Designer, dan Industri Serat Sintetis dan Serat Alam.

Penulis: Yehuda Worisio, UKI

Leave A Comment