WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Mendapatkan Nilai Maksimal dalam English Listening Test

 

 

Hi, Sunners. Kadang banyak yang merasa kesusahan ketika mau English Listening Test. Dari listening line yang dibacakan terlalu cepat, atau bahkan tidak terdengar jelas apa yang dikatakan. Tapi tenang, kali ini Sunday akan kasih tips buat Sunners yang bisa dipakai ketika menghadapi English Listening Test, ada 2 main step yang bisa diikuti. Yang pertama How to Study, dan yang kedua adalah ketika Facing the Test 

Jadi, kita mulai dulu dari How to Study yuk! 

 

How to study for English Listening Test 

Untuk How to study, hanya ada satu cara kok yang dimana kalian bisa have fun dan bisa meningkatkan hasil dari test kalian. Apa itu caranya? Simple. Dengerin satu lagu atau Music Video bahasa Inggris yang kalian suka on loop, tapi nggak cuman itu, saat dengerin, kalian bisa kok mumbling bagian lirik yang kalian tau, dengan begitu, kata dari dalam lirik itu akan bisa kalian ingat terus. Nah, buat kalian yang suka dengerin lagu up-beat, kalian bisa mumbling bagian lirik yang kalian tau sambil gerakin badan kalian, percaya atau nggak, pas kalian gerakin badan kalian, ada kalimat atau kata yang bisa nyangkut di otak kalian loh, apalagi kalau kalian samain gerakin kalian terus menerus di bagian lagu yang sama terus, wah, udah pasti nyangkut tuh di kepala kalian. 

 

Facing the Test 

Dalam menghadapi test, terdapat 2 main point yang bisa diikuti 

  • Strategize by Reading the Questions 

Sun Tzu pernah mengatakan “Know your Enemy and know yourself and you can fight a hundred battles without disaster” (Kenali musuhmu dan dirimu sehingga kamu bisa menghadapi perang tanpa masalah) 

Maka dari itu, step pertama yang dilakukan ketika mendapat kertas soal adalah, baca soal yang akan ditanyakan terlebih dahulu, dengan membaca pertanyaan yang muncul, you will be surprised by how much your brain can catch the listening line spoken. Dari membaca pertanyaan di awal, kita sudah meng-expect apa yang akan dikatakan, sehingga bisa dibilang kita sudah mengenali musuh yang akan dihadapi. Ingat, to know is the best weapon. 

  • Stop Taking Notes

Kesalahan yang sering dilakukan siswa ketika listening adalah menulis ketika listening line sedang diputar. Listening line biasanya akan diputar 2 – 3 kali. Jika kalian menulis notes atau menulis apa yang dikatakan saat listening line diputar, kemungkinan besar kalian akan stuck dan hilang fokus pada saat kalian miss beberapa kata. Jadi, don’t take notes. Dengarkan baik – baik. Jika ada kata yang kalian anggap sulit, tulislah kata tersebut pada saat listening line diputar terakhir kali. 

 

Leave A Comment